Habihami
Habihami pelajar/mahasiswa

Belajar lagi... Belajar mendengarkan, belajar memahami, belajar mengatur waktu, belajar belajar belajar... belum terlambat untuk belajar...

Selanjutnya

Tutup

Makna Lebaran Ketupat

2 Juli 2017   14:53 Diperbarui: 2 Juli 2017   15:12 25 0 0
Makna Lebaran Ketupat
suasana lebaran ketupat di masjid (foto dari: nu.or.id)

Lebaran ketupat merupakan lebaran jilid 2 yang dilaksanakan H+7 setelah Hari raya idul fitri. Di tempat saya Ponorogo, lebaran ketupat ini dilaksanakan dengan makan ketupat bersama di masjid lingkungannya masing-masing. Memang di daerah kami ini baru akan masak ketupat saat lebaran ketupat ini, saat lebaran Id biasanya kami masih makan nasi biasa alias belum membuat ketupat.

Pada pagi hari para warga berbondong-bondong ke masjid membawa nampan yang berisi irisan ketupat atau lontong plus lauk pauk pendukungnya. Lauk pauk ini bisa beraneka ragam, bisa sate ayam plus sambal kacangnya, bisa sayur lodeh dan gulai ayamnya, ada juga selondreng bersama telur kering temped an masih banyak lagi varian ketupat yang dibawa ke masjid.

Kegiatan lebaran ketupat ini diadakan pagi hari sekitar jam 06.30 wib, dengan suara kentongan yang menjadi tanda berkumpulnya para warga. Setelah dirasa sudah berkumpul semua, maka bersama-sama kita duduk melingkari nampan-nampan ketupat tadi untuk makan bersama. Eits sebelum makan jangan lupa berdoa dulu ya, biasanya pak Kyai akan memimpin doa bersama dan diamini oleh para warga yang datang, mayoritas yang datang pada acara ini adalah laki-laki mulai bapak-bapak, kakek-kakek sampai anak-anak juga ikut berpartisipasi.

Sebelum makan biasanya para warga mendengarkan kultum singkat dari pak Kyai. Saya pernah bertanya dulu apa makna lebaran ketupat ini apa bedanya dengan lebaran Id biasa?

Begini penjelasan beberapa orang yang saya tanyai:

Pendapat pertama, lebaran ketupat ini sebenarnya lebaran khusus untuk orang-orang yang melaksanakan puasa syawal mulai H+1 lebaran kemarin. Sebagai wujud tasyakuran karena sudah puasa sunnah syawal. puasa ini cukup berat karena saat puasa kita akan banyak ditawari makan dan minum saat bersilaturahmi ke rumah tetangga dan sanak saudara. Saking beratnya banyak orang yang menyebut puasa syawal ini dengan puasa malaikat loo... karena bisa menahan hawa nafsunya. Sama seperti puasa ramadhan yang ditutup dengan lebaran idul fitri, maka puasa syawal juga ditutup dengan lebaran ketupat ini.

Pendapat kedua, lebaran ketupat ini menandakan bahwa semua orang sudah saling memaafkan dan memulai hidup dengan lembaran baru. Sama seperti singkatan ketupat atau kupat yang berarti Ngaku Lepat dalam bahasa jawanya. Selain itu, dengan adanya lebaran ketupat di masjid lingkungan masing-masing bertujuan untuk mempererat tali silaturahim antar tetangga atau waraga. Karena sudah seminggu mereka sibuk berlebaran dengan sanak saudara yang kadang lokasi nya sangat jauh, sehingga komunikasi dengan tetangga dekat berkurang.

Nah itulah makna lebaran ketupat yang jatuh pada hari ini, memang banyak versi sebetulnya mengenai lebaran ketupat ini. tiap daerah pasti punya tradisi yang berbeda, bagaimana lebaran ketupat di daerah kalian?