Giri Lumakto
Giri Lumakto Dosen

Pensadora, a thinker | Pemerhati pendidikan literasi digital, teknologi, bahasa, dan budaya | Solo - Wollongong | Personal blog: lumakto.blogspot.co.id | tweet: @lumaktonian |email: lumakto.giri@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno headline

iPhone 8, Ah Biasa Aja?

13 September 2017   11:59 Diperbarui: 13 September 2017   21:51 6112 10 7
iPhone 8, Ah Biasa Aja?
iPhone 8 (kiri) dan iPhone 8+ (kanan) - foto: cnet.com

The next hashtag #iPhone8 atau apalah itu melanda dunia maya. Launching iPhone 8 atau 8+ kali ini terkesan terburu-buru. Atau karena Samsung sudah merilis Galaxy Note8 minggu lalu, Apple sepertinya tidak ingin hype-nya hilang, iPhone 8/8+ dirilis. Walau baru tahun lalu iPhone 7/7+ dirilis. Entah apa yang membuat Cook begitu gusar, lagi-lagi, hanya secuil hal baru disematkan pada iPhone 8/8+.

Jika dilihat sekilas, iPhone 8 mirip sekali dengan iPhone 7. But wait. iPhone 8 mirip iPhone 6. So? Dari bentuknya, iPhone 8 mirip sekali dengan iPhone 6. Namun jika dilihat dari kameranya, mirip sekali dengan iPhone 7. Generasi iPhone baru ini seperti hibrida dari kedua pendahulunya. Bedanya, ada pada sleek glass dari bagian belakang iPhone 8. Lebih glossy dari kedua kaka dari iPhone8.

Dari sisi jeroan, iPhone 8 menggunakan processor A11 Bionic dengan hexa-core. Digadang akan lebih cepat 30% dari A10 pada iPhone 7. Speakernya pun dibuat 25% lebih baik dari pendahulunya. RAM iPhone 8 masih sama dengan iPhone 7 yaitu 3 GB. Tambahan lain adalah fitur iOS 11 yang juga menjadi platform terbaru Apple. Kabarnya iOS 11 akan lebih user friendly dan lengkap dari iOS 10.3.3.

Pada iPhone 8 dari fitur sensor, baterai, communication interface masih serupa dengan iPhone 7. Hanya USB connector 3 yang kini berbeda, walau sudah ada di produk Apple lain. Connector 3 memungkinkan reversible plug-in atau bisa dibolak-balik. Dan yang masih sama adalah display atau jumlah pixel dari Retina screen iPhone 8. Yang sedikit membedakan hanya ada pada true-tone display dan wireless charging.

Mungkin yang paling mencolok dari iPhone 8 adalah tweak dari kamera dan aplikasinya. Bagi para pencinta fotografi, selfie atau mencari sensasi Augmented Reality (AR), iPhone 8 menyediakannya. Kecepatan shutter iPhone 8 masih sama dengan iPhone 7, yaitu f/1.8, f/2.8. 12 MP dual-camera di bagian belakang pun masih sama dengan iPhone 7. Yang membedakan, kualitas AR yang kini lebih stabil pada kamera iPhone 8. Serta tweak mode kamera Potrait Lightning yang menyuguhkan beragam filter.

Soal harga, patokan sedikit lebih mahal dengan iPhone 7 tentu yang sudah kita duga. Baru tanggal 15 September nanti pre-order di US, UK dan Australia. Dan pada tanggal 22 September, baru akan dirilis di pasaran. Harganya mulai dari US$699 atau kisaran IDR 12 jutaan untuk versi 64GB. Untuk di Indonesia, belum ada tanggal resmi.

Menginjak 10 tahun peluncuran iPhone pertama kali, 3 produk Apple sebenarnya sudah dibuat. iPhone 8/8+, iPhone X (rilis November) dan Apple Watch 3 (rilis ?) menjadi produk baru Apple. Sepertinya satu per satu produknya dirilis. Dengan ketatnya inovasi antar vendor smartphone, Apple sepertinya mulai kepayahan berinovasi. Namun apakah iPhone X dan Apple Watch 3 benar-benar menyuguhkan inovasi ala Steve Jobs dulu? Patut kita tunggu. 

Referensi: cnet.com | gsmarena.com | telegraph.com.uk

Artikel tentang teknologi: 

Salam,

Wollongong, 13 September 2017

03:02 pm