HEADLINE

Endorse Artis, Bikin Dagangan Laris-manis

15 Mei 2013 23:07:08 Diperbarui: 24 Juni 2015 06:30:34 Dibaca : 39880 Komentar : 9 Nilai : 7 Durasi Baca :
Endorse Artis, Bikin Dagangan Laris-manis
Sumber: http://the-marketeers.com/

"Hai dear, boleh endorse ga? Cek ig kami ya, banyak koleksi sepatunya lho! Thanks." Bagi yang punya akun di instagram, sering nggak sih ngeliat kalimat kayak gitu di instagramnya para artis? Atau kalimat kayak gini di twitter, "Thanks @XYZshop for the bag, love it!" disertai dengan foto si artis lagi pake atau pegang produk dari XYZshop itu. Kok enak banget ya jadi artis dapet produk-produk gratis dari online store?

Saat ini, bisnis online store memang tengah ramai digeluti banyak orang. Maklum saja, bisnis yang satu ini tidak membutuhkan banyak modal untuk memulainya. Apalagi buat kaum muda yang minim modal tapi pengen menyalurkan hobi atau kreativitasnya lewat berbisnis, bisnis online store bisa jadi pilihan. Maraknya bisnis online store ini pada akhirnya membuat para pemilik bisnis harus memutar otak agar produknya bisa dikenal dan dibeli banyak orang. Karena bisnisnya bergerak secara online, maka memang paling pas kalo promosinya pun dilakukan secara online. Salah satunya, ya lewat endorsement.

Apa sih endorsement? Secara harfiah, endorsement artinya dukungan atau saran. Dalam dunia bisnis online store, para pemilik bisnis meng-endorse para artis dengan memberikan barang dagangannya secara gratis. Padahal, kata Wikipedia, endorsement adalah testimonial in advertising, written or spoken statement endorsing a product. Jadi, sebenarnya para artislah yang meng-endorse online store tersebut bukan sebaliknya. Seperti yang dikatakan Melanie Subono, salah satu artis yang sering meng-endorse online store, sebenarnya artislah yang meng-endorse (men-support) produk dan barang dagangan online store tersebut sehingga banyak orang yang aware akan produknya.

Well, apapun itu, yang jelas endorsement merupakan social media promotion yang cukup efektif. Selain gampang, cepat, dan nggak ngeluarin banyak biaya, promosi ini juga langsung tertuju ke calon pembeli. Jadi si pemilik bisnis ngasih produknya secara gratis ke salah satu artis dan sebagai balasannya si artis diharuskan men-share fotonya yang lagi pake produk tersebut ke sosial media (twitter atau instagram), ditambah dengan mention akun online store tersebut. Dijamin, follower si artis yang beribu-ribu tersebut bakalan baca dan di antaranya pasti tertarik buat beli supaya bisa kembaran sama artis idolanya.

Secara teknis, jenis promosi ini juga nggak sulit kok buat diterapin. Si pemilik bisnis tinggal menghubungi artis lewat sosial media atau email, disertai foto-foto produknya (kebanyakan sih barang-barang wanita, seperti baju, tas, sepatu, aksesoris, kosmetik, dan sebagainya). Jika si artis tertarik dan mau meng-endorse, dia akan pilih barang yang dia mau lalu dia kasih deh alamat pengirimannya via DM (Direct Message), BBM, atau email. Kalo barang sudah dikirim, tinggal tunggu aja, si artis bakalan share fotonya bersama barang dagangan online store tersebut di sosial medianya. Biasanya ditambah dengan testimoni atau sekedar say thanks dan mention nama online store-nya.

1368635383905113484
1368635383905113484
Akun instagram Pevita Pearce (@pevpearce) dan akun twitter Melanie Subono (@melaniesubono)

Selain artis yang senang karena dapet barang gratis, pastinya pemilik bisnis juga ikutan untung karena produknya bisa dikenal banyak orang. Kalo udah gitu, permintaan order meningkat dan keuntungan pun langsung naik drastis, bisa tiga kali lipat bahkan sampai lima kali lipat. Para pemilik bisnis mengaku setelah produknya di-endorse artis, dagangannya jadi lebih cepat dan banyak terjual. Keuntungan lainnya, follower twitter di online store mereka juga ikut bertambah (sumber: disini).

Bagi yang mau nerapin sistem endorsement ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pilih artis sesuai dengan brand image dari produk/online store kita. Kalo baru pertama kali coba, lebih baik minta ke artis yang sebelumnya udah pernah atau sering endorse produk. Hal ini demi keamanan dan meminimalisir kesalahan karena banyaknya akun artis yang palsu. Jangan sampai barang yang udah dikirim malah dibawa kabur entah kemana gara-gara tertipu akun palsu. Kemudian, nawarin barangnya pun juga harus sopan, jangan maksa apalagi sampai spam. Dan yang paling penting adalah kirim barang sesuai keinginan si artis. Oh iya, selain ke artis, bisa juga lho minta endorse ke fashion blogger atau seleb twit yang udah punya banyak follower di blog atau sosial medianya.

Pada dasarnya, semua bisnis membutuhkan promosi. Bagaimana cara promosinya akan mempengaruhi citra produk di mata customer. Dengan menerapkan sistem endorsement secara benar, tidak hanya menjadikan sebuah online store sebagai trusted seller, namun juga meningkatkan brand image online store tersebut. Nah gimana, buat yang udah punya online store dan belum menerapkan cara ini, mau coba?

Feliana Ma

/feliana

TERVERIFIKASI

I can only say how I feel now-grateful to be on my own.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana