- Pengertian Perkembangan Psikososial
      Selain memenuhi tugas yang diberikan dosen saya juga ingin mencoba membantu memberikan sedikit tentang masa perkembangan psikososial anak usia 7-12 tahun, yang pertama apa sih itu perkembangan psikososial ?, perkembangan sosial itu adalah perkembangan yang membahas terkait tentang perkembangan manusia itu sendiri seperti perkembangan emosi, motivasi dan perkembangan kepribadian.
      selanjutnya perkembangan psikososial disebabkan beberapa hal yang akan saya bahas sedikit dan tidak cukup rumit untuk dipahami bagi para pembaca yang budiman.
- Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Psikososial
- Fisik
- Mengapa fisik ?, fisik biasanya yang mempengaruhi pembentukan dalam kepribdian sang anak.
- Intelegensi
- Intelegensi ini mempengaruhi perkembangan psikososial kepribadian, biasanya manusia yang intelegensinya tinggi/normal akan lebih mudah menyesuaikan kesosialannya terhadap lingkungan.
- Keluarga
- Penting bagi kita memiliki keluarga, bila kita bedakan antara seseorang yang memiliki keluarga yang baik dengan keluarga yang mempunyai masalah dalam rumah tangganya misalnya keluarga yang broken home akan berbeda keduannya.
- Teman sebaya
- Teman sangatlah berpengaruh dalam perkembangan psikososial karna teman yang baik akan memberikan dampak baik pula begitu juga sebaliknya.
- Kebudayaan
- pendidikan terhadap kebudayaaan sangatlah penting maka dari itu sang anak harus diarahkan  kepada kebudayaan yang baik supaya kelak perbuatan-perbuatan yang mereka perbuat juga akan baik pula.
- Masa Perkembangan Bentuk-Bentuk Tingkah Laku Sosial
- Pembangkangan
- Â Â Â contoh: keinginan anak tidak sesuai dengan orang tua
- 2. agresi
- Contoh: segala bentuk tingkah laku untuk merusak orang lain
- 3. Berselisih atau bertengkar
- 4. Menggoda
- 5. persaingan
- 6. kerjasama
- 7. Â Tingkah laku berkuasa
- 8. Simpati
- Manfaat Mempelajari Ilmu Perkembangan Psikososial Anak
- 1. Â Tersampainnya harapan dan realistis terhadap anak dan remaja.
- Membantu orang tua dalam memberikan respon terhadap tingkah laku sang anak.
- Mulai tersusunnya pedoman dalam bentuk skala tinggi-berat, skala usia-berat, skala      usia-mental dan skala perkembangan sosial atau emosional.
- diketahui kemana arah perkembangan pola normal.
- Terlakasanya bimbingan belajar yang tepat.
- baik terima kasih kurang lebih mohon maaf, sampai jumpa dipembahasan yang lainnya dan semoga bermanfaat Â
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!