HEADLINE HIGHLIGHT

Pilkada Jabar 2013 Bertabur Artis

26 September 2012 15:30:05 Dibaca :
Pilkada Jabar 2013 Bertabur Artis
Nurul Arifin/Admin (Dok. Kompasiana)

Pilkada DKI telah berakhir dengan perolehan sementara 52, 97% untuk Jokowi-Ahok melawan 42,03% untuk Foke-Nara. Pilkada DKI menjadi arena pertarungan yang seru, dengan rivalitas cagub-cawagub yang ketat dan pertarungan ideologis yang sengit,  sehingga mampu menyedot perhatian nasional, seolah sedang terjadi pemilihan presiden yang akan memimpin selama lima tahun ke depan. Pilkada DKI menjadi lebih semarak dengan hadirnya fenomena Jokowi, yang menarik perhatian semua kalangan, mulai dari kalangan politisi, kalangan pengamat, hingga rakyat biasa.

Kali ini, kita perlu mulai memalingkan perhatian pada Pilkada Jabar yang akan diselenggarakan pada bulan Februari 2013. Kompasianer Kang Usman Kusmana dalam tulisannya yang menjadi HL, mengajak kita semua untuk mulai mengamati pilkada Jabar tersebut, sambil memberikan analisa apakah fenomena yang terjadi di DKI akan terulang di Jawa Barat. Lebih jauh, Kang Usman juga menganalisa peluang dari calon-calon gubernur yang ada.

Pada sisi lain, kompasianer Dewa Gilang dalam tulisannya menantikan hadirnya "Jokowi" di Pilkada Jabar. Saya sendiri juga punya keinginan yang sama tentang kehadiran "Jokowi-jokowi", tidak hanya pada pilkada Jabar, tapi juga pada semua pilkada di seluruh Indonesia. Namun pada pilkada Jabar kali ini, setelah melihat calon-calon yang menyatakan maju atau diajukan oleh pengusungnya, saya tidak berani terlalu berharap hadirnya "Jokowi" yang dinantikan itu.

Yang saya tangkap dari pilkada Jabar ini, justru merupakan fenomena yang tak kalah menariknya, yaitu sebuah pilkada yang bakal bertabur bintang atau artis. Banyak nama artis yang muncul atau disebut-sebut sebagai calon gubernur atau wakil gubernur, mulai dari Dede Yusuf, Rieke Dyah Pitaloka, Dessy Ratnasari, Primus Yustisio, Deddy Mizwar, Tina Talisa, sampai dengan Deddy Dores.

Hasil survei yang diadakan Pusat Kajian dan Kepakaran Statistika dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran Bandung menyimpulkan bahwa Dede Yusuf merupakan calon terkuat untuk Pilkada Jabar 2013, dengan perolehan 34,3%, sedangkan saingan terdekatnya Ahamd Heryawan memperoleh 19,7%.

Sementara itu hasil survei LSI (Lingkaran Survei Indonesia) memperlihatkan bahwa para responden lebih mengenal tokoh politik yang berasal dari kalangan artis. Dari 19 nama yang disodorkan oleh LSI, enam nama yang menempati urutan atas pada tingkat pengenalan adalah Dede Yusuf, Primus Yustisio, Rieke Dyah Pitaloka, Tantowi Yahya, Dedi Gumelar alias Miing Bagito, dan Nurul Arifin.

Menariknya, Dede Yusuf menjadi calon gubernur justru atas dukungan dari PAN, bukannya Partai Demokrat. Seperti kita ketahui, Dede Yusuf pada pilkada Jabar tahun 2008 yang lalu dicalonkan oleh PAN sebagai kader terbaiknya. Namun kini Dede Yusuf telah menyeberang ke Partai Demokrat. Situs online manadonews.com mengabarkan bahwa Ketua Umum PAN Hatta Rajasa secara tersirat menyatakan bahwa PAN mencalonkan Dede Yusuf sebagai calon gubernur Jabar. Pernyataan itu lebih dipertegas oleh Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi DPP PAN Bima Arya Sugiarto, yang menyatakan bahwa PAN benar mendukung Dede Yusuf di Pilgub Jabar 2013 mendatang. Menurutnya sosok Dede Yusuf dinilai paling potensi untuk menjadi orang nomor satu di Jawa Barat. Dede Yusuf sendiri mengaku sudah menjalin komunikasi dengan PAN soal pilgub Jabar. Partai Demokrat sendiri justru memberikan prasyarat bahwa Dede Yusuf harus melalui tahapan uji survei dulu, seperti diberitakan jaringnews.com.

Sementara itu artis lain yang santer disebut, siapa lagi kalau bukan Rieke 'Oneng' Dyah Pitaloka. Rieke sendiri menyatakan dengan terus terang, akan meniru gaya Jokowi bila dipilih menjadi calon Gubernur Jawa Barat dari PDIP. Rieke dikabarkan akan diduetkan dengan Teten Masduki untuk menuju Jabar-1. Namun Ketua PDIP Jabar Rudi Harsa Tanaya menyebut bahwa Rieke akan diduetkan dengan Dede Yusuf. Tampaknya pasangan artis-artis ini merupakan eksperimen yang berani dan menarik perhatian.

Berikut ini artis-artis lain yang disebut-sebut akan meramikan bursa pilkada Jabar 2013,

  1. Primus Yustisio, bersama Dede Yusuf, disebut-sebut oleh Gema Keadilan, yang merupakan ormas sayap PKS. Ketua Gema Keadilan (GK) Jabar Imam Budi Hartono menyatakan keputusan ini diambil dengan pertimbangan bahwa kedua tokoh ini adalah sosok muda yang potensial dan sangat pas mendampingi Kang Aher untuk melanjutkan pembangunan di Jabar. "Kita berpendapat bahwa kedua nama ini punya potensi untuk mendampingi Cagub Ahmad Heryawan, " ujar Imam.
  2. Desy Ratnasari, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diam-diam menimang artis Desy Ratnasari menjadi  kandidat calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Barat untuk mendampingi Ahmad Heryawan. Wakil Ketua Pemenangan Pemilu wilayah Jawa Barat, DKI dan Banten, Yudi Widiana Adia mengatakan PKS mendekati beberapa nama seperti aktris Desy Ratnasari.
  3. Deddy Mizwar, menurutnya (Yudi Widiana), selain nama Desy Ratnasari masih ada nama artis lainnya seperti Dedy Mizwar. Namun ini masih terus dikomunikasikan oleh DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) PKS.
  4. Tina Talisa, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengaku siap bersanding dengan siapapun, termasuk artis Desy Ratnasari atau presenter Tina Talisa pada pilkada Jabar nanti.
  5. Deddy Dores, penyanyi sekaligus pencipta lagu Deddy Dores akan meramaikan pilkada Jabar 2013 mendatang. Kepastian ini terlihat dari keikutsertaan perwakilan Deddy yang mengikuti sosialisasi Calon nonpartai atau independen di aula Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Kamis (20/9/2012).
  6. Rachel Maryam, Rachel Maryam menyatakan siap maju menjadi calon gubernur-wakil gubernur Jabar dari Partai Gerindra. Hanya saja, artis cantik yang juga anggota DPR itu tak mau asal maju. Wanita kelahiran Bandung, 20 April 1980 itu masih menunggu perintah partai. "Kalau itu perintah partai, maka aku harus siap," tegas Rachel.

Ada pun berita-berita yang menyatakan bahwa pilkada Jabar bakalan bertabur artis adalah di situs berita Radar Bogor, dengan judul Pilgub Jabar Bertebar Artis, dan di situs beritasatu.com dengan judul Petinggi Polri Hingga Artis Incar Kursi Gubernur Jabar.

Jawa Barat memang lain dari yang lain. Banyak artis terkenal di dunia hiburan berasal dari Bandung atau Jawa Barat. Kini para artis akan melebarkan sayapnya ke dunia politik. Apakah ini gejala latah para artis, ataukah ada yang serius? Kita nantikan sama-sama kiprah mereka di pilkada Jawa Barat pada bulan Februari mendatang. Sudah tidak sabar menanti pilkada Jawa Barat nih ...............

Farid Wadjdi

/farid_wadjdi

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Lulusan arsitek yang bekerja di perusahaan kontraktor nasional.
Mengelola blog "Arsikons - Arsitektur dan Konstruksi", yang mencoba berbagai referensi dan pengalaman di bidang arsitektur dan konstruksi.

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?