Mohon tunggu...
Eka Rohila
Eka Rohila Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perjuangan Masuk Ke SMAN 16

2 Agustus 2017   21:33 Diperbarui: 2 Agustus 2017   21:43 593
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Assalamualaikum Wr.Wb 

Perkenalkan nama saya adalah Eka Rohila, asal sekolah smp saya MTS FISABILILLAH. saya ingin menceritakan pengalaman dan perjuangan saya bisa masuk SMAN 16 KOTA BEKASI. 

      Sebelum saya ujian nasional saya berpikir saya tidak bisa masuk SMA/SMK manapun. saya merasa tegang,panik,dan takut. saya takut diri saya membuat orangtua saya kecewa kepada saya. ketika ujian nasional berlangsung saya selalu ingat dengan ucapan mama saya yaitu " kalo ulangan jangan tegang, di bawa santai aja, jangan lupa baca bismillah sama doa sebelum ujian." walaupun mama saya bilang begitu tetap aja saya merasa tegang,panik dan juga takut. ujian nasional pun berakhir,saya tinggal menunggu hasil ujian dengan perasaan yang tidak tenang. saya takut mendapatkan nem yang tidak sesuai dengan harapan saya. tidak lama kemudian hasil ujian saya pun sudah turun. dan saya langsung bergegas ke sekolah smp saya untuk melihat hasil ujian saya. dan benar saja nem saya sangat rendah, dan sangat mengecewakan. ketika melihat hasil nem, saya langsung berpikir " nem segini bisa masuk sekolah mana?? " . saya pun langsung pulang dengan perasaan kecewa dan takut. sesampainya saya dirumah saya langsung di marahi sama kedua orang tua saya. 

      pada tanggal 4 juni 2016 tepatnya pada bulan Ramadhan, saya mendatangi SMKN 04 yang berlokasi di dekat pasar kranggan. ketika sampai di smkn 04, mama saya bertanya kepada guru smkn 04 "berapa nem yang bisa di terima di sekolah ini?" ternyata nem yang bisa di terima di situ adalah sekitar 25 sampai 26. saya pun bingung karena saya tidak akan bisa masuk ke situ, karena nem saya di bawah 25. tapi guru smkn 04 berkata kepada mama saya bahwa sekarang ada cara baru buat masuk ke smkn yaitu jalur non akademik atau jalur kartu kip/jalur prestasi. sedangkan saya tidak memiliki prestasi dan kartu kip, saya cuma punya kartu kis saja. akhirnya saya tidak masuk ke smkn 04 karena nem yang tidak mencukupi. di smkn 4 memang fasilitas nya lengkap, sekolahnya juga bersih. dan ada jurusan TKJ,TKR dan BROADCASTING. kalau saya di terima di situ saya akan mengambil jurusan tkj, tapi saya tidak jadi masuk ke smkn 04. pada keesokan harinya tepatnya tanggal 5 juni 2016, saya dan mama saya ke SMAN 16. saya ingin mencoba di sman 16 kata teman saya di situ menerima siswa yang daftar lewat jalur kartu kis. saya juga di suruh sama kaka sepupu saya kebetulan dia emang alumni sman 16.ketika sampai di sana mama saya pun bertanya sama guru sman 16 kapan pendaftaran online di buka, kata guru sman 16 tanggal 14 juni baru di buka. jika saya daftar lewat online saya tidak akan di terima oleh sman 16 akhirnya mama saya bertanya kepada guru sman 16, apa disini bisa masuk dengan menggunakan kartu kis? ternyata di sman 16 menerima siswa yang daftar lewat kartu kis. mama saya bertanya ppdb lewat jalur non akademik kapan di buka, ternyata besok di buka nya atau pada tanggal 06 juni 2016. dari tanggal 06 juni sampai dengan tanggal 10 juni ppdb jalur non akademik dibuka. mama saya langsung bertanya apa saja yang harus di bawa buat ppdb jalur non akademik. keesokan harinya saya dan mama saya mendatangi sman 16, sesampainya di sana banyak orangtua yang mendaftarkan anaknya lewat jalur non akademik. mama saya pun langsung ke ruangan ppdb jalur non akademik untuk menyerahkan data-data ppdb jalur non akademik. guru sman 16 pun menerima data saya, dan dia berkata tanggal 14 juni saya harus datang ke sman 16 untuk melihat hasil seleksi ppdb jalur non akademik. dengan panas-panasan mama saya mengantarkan saya mencari sekolah. saya pun pulang ke rumah, sesampainya saya di rumah, mama saya berkata kalau guru di sman 16 itu orangnya baik, dan ramah-ramah. kata mama saya fasilitas sekolah sman 16 sangat lengkap. kelas-kelas nya juga bersih dan nyaman untuk di pakai belajar siswa/siswi . 

pada tanggal 10 juni, saya dapat telepon dari guru sman 16, guru sman 16 berkata kalau yang mendaftar lewat jalur non akademik harus menyerahkan SKTM. sedangkan saya tidak memiliki kartu sktm. lalu saya dan mama saya pun ke sman 16 untuk menanyakan tentang kartu sktm. mama saya bertanya kepada guru di sman 16, bagaimana kalau tidak punya kartu sktm? kata guru sman 16 saya harus bikin langsung dari kecamatan. mama saya dan bapak saya langsung ke kecamatan untuk membuat sktm. ketika sktm saya sudah jadi langsung di serahkan ke sman 16 dan saya tinggal nunggu hasil seleksi ppdb jalur non akademik. sambil menunggu hasil seleksi, saya menanyakan kepada teman saya yang bersekolah di sman 16 . saya bertanya bagaimana pelajaran di sman 16?? dia menjawab bahwa di sman 16 ada susah ada mudah nya. lalu saya bertanya lagi apakah guru di sman 16 tegas-tegas? dia jawab semua guru juga pasti tegas,tapi walaupun tegas, guru-guru di sman 16 juga baik-baik dan ramah-ramah.  yang saya senangin dari sman 16 adalah selain guru nya yang baik,ramah tapi juga seragam hari rabu di sman 16, biasanya kalau disekolah lain hari rabu memakai batik, tapi di sman 16 berbeda , melainkan memakai baju kebaya dan pangsi. selain itu juga murid-murid di sman 16 sangat di terapkan ke sopanan dan ke disiplinan nya. hari yang di tunggu-tunggu pun datang, yaitu tanggal 14 yang dimana itu adalah tanggal hasil seleksi ppdb jalur non akademik. saya pun langsung bergegas ke sman 16. di sana kira-kira jam 9 pagi saya sudah berada di sman 16 dengan mama saya. ketika sampai ke sana ada guru sman 16 mengumumkan bahwa hasil seleksi di undur menjadi jam 2 siang . saya pun langsung ke rumah dengan rasa penasaran apakah saya di terima atau tidak. 

ketika sudah jam 2, saya kembali lagi ke sman 16. ketika saya sudah sampai di sman 16 , di sana sudah ramai sama murid-murid yang sedang mencari namanya. ketika saya mencari nama saya, saya belum menemukan nama saya, tapi saya mencari lagi, ternyata nama saya ada di urutan 40 . ketika saya mengetahui saya di terima, saya langsung mengucap hamdalah dan tidak menyangka saya bisa masuk ke sman 16. dengan rasa senang dan tenang saya langsung menuju ke ruang pengumuman, karena ada sedikit pengarahan di sana. ketika sudah dapat pengarahan saya dan mama saya pulang menuju ke rumah dengan rasa gembir. mama saya langsung berkata bahwa perjuangan kita tidak sia-sia. dan mama saya bilang kepada saya, saya harus berubah,harus lebih rajin belajar lagi dan harus sopan terhadap guru guru di sman 16. saya pun menuruti apa kemauan mama saya.  memang niat saya dari hati, saya ingin berubah menjadi anak yang lebih baik lagi. betapa senangnya saya bisa di terima di sman 16. tujuan saya masuk ke sman 16 adalah ingin mengurangi beban orangtua saya dan saya juga ingin meneruskan ke perguruan tinggi . saya tidak bisa membayangkan jika saya tidak di terima di sman 16, karen biaya untuk masuk sma swasta sangat mahal. yaitu kira-kira 3 sampai 4 jutaan paling murah. sedangkan bapa saya tidak mempunyai penghasilan yang besar. setelah sudah di terima di sman 16 . 

saya masuk kembali pada tanggal 14 juli. pada tanggal 14 juli itu sya tes untuk menentukan masuk ke jurusan ipa atau ips. saya pun mengikuti tes itu. ketika tes sudah selesai, ada kaka osis yang masuk ke ruangan saya. ternyata itu adalah kaka pj kelompok saya untuk mengikuti kegiatan MPLS . berhubungan saya murid baru jadi saya harus mengikuti kegiatan tersebut yang dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru. di kegiatan itu saya sangat senang . karena berbeda dengan kegiatan mos. karena mos itu mengeluarkan banyak biaya buat membeli makanan. dan di mos juga saya berpakaian seperti orang kurang waras. mpls sangat berbeda dengan mos . karena kegiatan mpls itu adalah kegiatan belajar bersama,bergembira bersama . di kegiatan ini saya di ajarkan ke disiplinan, ke sopanan, dan kejujuran. saya sangat senang bisa masuk ke sman 16 karena mama saya ingin sekali saya masuk sman 16 . dan ternyata saya memang masuk sman 16 . 

saya tidak menyangka bisa masuk sman 16 karena sebelumnya saya berpikir apa saya bisa di terima di sman 16 atau tidak. sebelumnya sih saya tidak yakin kalo saya bisa di terima di sman 16 . tapi entah mengapa orangtua saya begitu yakin kalo saya bakalan di terima di sman 16 . ini semua berkat usaha dan doa orangtua saya , saya bisa masuk ke sman 16 . mulai dari sekarang saya ingin lebih bersungguh-sungguh lagi belajarnya. agar saya bisa membahagiakan keuda orang tua saya yang sudah membesarkan saya . 

seperti pepatah yang mengatakan, 

" tidak ada kata tidak mungkin, sebelum anda mencobanya. "

jadi saya harus berusaha untuk bisa menjadi orang sukses,dan menjadi kebanggan orangtua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun