Eddo Richardo
Eddo Richardo

Maju dan Terus Berusaha Lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Bupati Bangka Serahkan 47 Ekor Sapi Gaduh

12 Agustus 2017   14:15 Diperbarui: 12 Agustus 2017   14:23 26 0 0
Bupati Bangka Serahkan 47 Ekor Sapi Gaduh
Penyerahan Sapi Gaduh. (Dok. Humas Pemkab Bangka)

BAKAM-Bupati Bangka, Ir. H. Tarmizi H. Saat, MM melakukan penyerahan 47 ekor sapi gaduh dan peralatan pembibitan sapi kepada kelompok tani Lembu Soka dan Kelompak Tani Paket Makmur Desa Tiang Tara, Kecamatan Bakam, Sabtu (12/08/2017).

Bupati Bangka dalam sambutannya mengatakan, penyerahan sapi tersebut dalam rangka program SISKASI (Sistem Integrasi Sapi Karet dan Kelapa Sawit) yang mana di Desa Tiang Tara sudah dikembangbiakkan sapi kelapa sawit sebanyak 75 ekor. Dengan adanya pengembangbiakkan sapi tersebut diharapkan juga kebutuhan daging dapat tersedia dan dapat menunjang pertanian serta perkebunan karena kotoran sapi merupakan pupuk organic yang dapat menyuburkan perkebunan sawit dan juga karet.

Sapi Gaduh Yang ada di Tiang Tara. (Dok. Humas Pemkab Bangka)
Sapi Gaduh Yang ada di Tiang Tara. (Dok. Humas Pemkab Bangka)

Dalam kesempatan itu juga, Bupati menjelaskan tentang kebijakan pemda yang akan membantu masjid-masjid, TPA, dan juga guru honor dijadikan honor daerah. Untuk program BURATUHIRI (Orang tua Hidup Sendiri), BUNAKTUSLAH (Anak Putus Sekolah), RUTILAHU (Rumah Tidak Layak Huni) menjadi Rumah Layak Huni (RULAHU), dan juga kredit Kebun Singkong Rakyat (KSR) serta pembangunan jalan dan sekolah.

''Kita inginkan yang terbaik kepada masyarakat dan mohon bantuannya agar para camat, Kades, Kadus dan RT memberikan data untuk membantu masyarakat,''ungkap Bupati Bangka.

Bupati Bangka menandatangani surat perjanjian pengelolaan pembibitan sapi. (Dok. Humas Pemkab Bangka)
Bupati Bangka menandatangani surat perjanjian pengelolaan pembibitan sapi. (Dok. Humas Pemkab Bangka)

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Kemas Arfani Rahman dalam laporannya mengatakan, penyerahan sapi dan peralatan 1 mesin pencacah daun serta 2 unit mesin pompa air untuk suplai air bagi sapi tersebut.

Dikatakannya lagi, sebanyak 300 ekor sapi sudah tersebar di Kabupaten Bangka yang mana sejak tahun 2013 sebanyak 187 ekor sapi dipinjamkan kepada kelompok tani dan sudah berkembang biak menggunakan system sapi sawit dan karet.

''Kita juga mendapatkan bantuan dari pusat sebanyak 25 ekor sapi Brahman dan akan diletakkan di UPTD Peternakan di Pemali dengan syarat kita harus memelihara dan menganggarkan pemeliharaannya,''jelas Kemas.

Peralatan Pembibitan sapi. (Dok. Humas Pemkab Bangka)
Peralatan Pembibitan sapi. (Dok. Humas Pemkab Bangka)

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Bangka, Hj. Mina Tarmizi beserta anggota, Kapolsek Bakam, para kepala SKPD, masyarakat dan para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Bangka melakukan penandatanganan surat perjanjian pengelolaan pembibitan sapi, penyerahan bantuan jembatan paket 1 yang rusak. Selan itu juga, Bupati melakukan peninjauan sapi dan TPA serta melakukan dialog dengan masyarakat sekitar. (Eddo Richardo/Humas Pemkab Bangka)