HIGHLIGHT

Inilah Cara Agar Bibir Terlihat Lebih Segar

11 Agustus 2012 05:47:48 Dibaca :
Inilah Cara Agar Bibir Terlihat Lebih Segar
Bibir kering. Sumber: factsandhealth.blogspot.com

Setelah beberapa hari yang lalu sempat menulis tentang shading, sekarang giliran bagaimana membuat lipstick bertahan lama di bibir.

Bibir yang sehat adalah bibir yang lembab, ga kering, dan pecah-pecah. Pada saat puasa, biasanya bibir yang memang bakat gampang kering, akan terlihat sangat kering sekali. Padahal mungkin orang tersebut sudah minum banyak air tetapi tetap saja bibirnya kering.

Kalau bibir kita punya bakat bibir kering, saat kita mengoles langsung lipstik atau pemulas bibir, akan terlihat kurang bagus dan bibir makin terlihat keringnya. Niatnya mau pede malah jadi ga pede.

Kompasianer perempuan biasanya memulas bibir lebih senang pakai lipstik saja? lipgloss? atau lip balm? Pasti jawabannya macam-macam yah.

Nah, aku disini ingin memberi masukan bagaimana membuat lipstick tahan lama berwarna di bibir dan bibir kita terlihat sehat.

Yang diperlukan itu ada 3 hal yitu lip balm, lipstick, dan lipgloss. Banyak bgt! Mungkin ada yang berkomentar seperti itu, tapi memang ketiga hal tersebut apabila digunakan secara bersamaan akan membuat warna lipstick lebih tahan lama.

Sebelum lanjut ke cara pemakaiannya, mungkin ada yang belum tau apa bedanya lip balm. lipstick, dan lipgloss.

Lip balm. Bahasa kasarnya, lipbalm ini digunakan untuk melembabkan bibir yang kering. Bentuknya bermacam-macam, tapi kita bisa membedakannya dengan mata telanjang kalau lip balm itu tampilannya lebih kering dibandingkan lipstick dan lip gloss, tapi kegunaannya justru melembabkan. Kalau pun dalam lip balm ada warna yang berdasarkan rasa, warnanya pun sangat soft dan di bibir tidak berwarna.

Lipstick atau pewarna bibir. Kalau lipstick ini aku menterjemahkannya untuk mewarnai bibir agar saat kita menggunakan make up baik natural atau yang wah, bibir kita tidak terlihat pucat dan "kebanting". Warna lipstick ini lebih variatif dan cenderung mencolok tetapi ada juga yang berwarna soft atau nude. Yang pasti kalau kita oleskan ke bibir, lipstick akan "menularkan" warnanya ke bibir kita.

Satu lagi yaitu lipgloss. Lipgloss ini digunakan untuk memberikan efek glossy atau basah pada bibir. Jadi seakan-akan bibir kita sehat. Biasanya lipgloss ini dijual sudah bareng dengan kuasnya. Lipgloss ada yang berwarna serta memberikan efek glossy ada pula yang hanya memberikan efek glossy. Tergantung pilihan dari kita. Nah, memakai lipgloss ini kita harus pintar karena kalau kebanyakan, niatnya mau bikin bibir kita terlihat sehat malah membuat bibir kita terlihat seperti habis makan gorengan yang berminyak.

Lipgloss 1. Sumber: make-upusa.com
Lipgloss 1. Sumber: make-upusa.com

Secara garis besar, kira-kira itu perbedaannya, lalu bagaimana cara menggunakannya?

Pertama-tama yakinkan bahwa bibir kita dalam keadaan bersih, dan hindari membasahi bibir dengan air liur kita, karena itu akan membuat bibir semakin kering. Setelah kita yakin kondisi bibir kita bersih dari sisa makanan atau minuman, oleskan lipbalm ke seluruh bibir. Gunanya kita mengoleskan lipbalm adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di bibir. Lipbalm yang kita gunakan ada baiknya yang natural yah, jangan yang berasa. Salah-salah malah kita jilatin batal deh puasanya. Hehehe.

Setelah itu, oleskan lipstick warna favorit ke bibir dengan bantuan kuas lipstick. Hal ini dilakukan agar lipstik yang kita oleskan rapi, tidak keluar dari garis bibir, dan rata. Kemudian, kita oleskan lipgloss pada garis dalam bibir atas dan bibir bawah saja. Jangan ke seluruh bibir. Hal ini dilakukan untuk menimbulkan efek segar pada bibir.

Dijamin, bibir kita akan terlihat segar dan wajah pun semakin cantik.

Tips singkat dariku biar bibir kita tidak kering, yang utama dan terutama adalah banyak minum air putih. Yang kedua, seminggu sekali rutin mengoleskan madu atau mentega pada bibir (tapi karena sekarang bulan puasa, ditunda dulu :D ). Gunanya agar bibir kita tetap lembab. Kemudian, sebulan sekali, aku dibantu mama melakukan facial tidak hanya di muka tapi dibagian garis luar bibir. Gunanya untuk membersihkan lemak-lemak yang bersarang di bibir kita.

Oh iya, ada baiknya saat kita menggunakan lipbalm, lipstick, dan lipgloss bersamaan, gunakan satu merk yang sama. Kalau secara ilmiahnya aku kurang paham, tapi secara logikanya, kemungkinan besar, kandungannya tidak jauh berbeda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat tampil lebih cantik..

Dhini Oktavianti

/dhinidhini

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Jalan-jalan, Belanja, Kuliner, Belanjaa.. ^_^
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?