HIGHLIGHT

Bersiul: Menyehatkan dan Bisa Mendatangkan Uang

18 September 2012 12:30:00 Dibaca :

Bersiul atau dalam bahasa inggris disebut 'whistling' adalah memproduksi suara dengan cara mengendalikan aliran udara melalui lubang kecil, yaitu lubang mulut kita. Beberapa orang biasa melakukan pekerjaan sambil bersiul. Saat mandi, mengemudi, atau sedang bersantai, sering kali dijalani dengan aktivitas yang dinamakan bersiul ini.



Bersiul ternyata memiliki kegunaan bagi kesehatan kita. Dengan bersiul atau bersenandung kecil, maka kita bisa mendapatkan hiburan dan juga perasaan tenang. Bersiul atau bersenandung ini akan mengalihkan pikiran kita untuk berpikir terlalu berat dan juga mencegah beban mental yang berlebih, demikian yang ditulis oleh Daily Mail. Sebuah tulisan dari kompasianer Puspita Wasita juga menyebutkan manfaat bersiul ini:



Dengan bersiul energi positif akan tercipta, juga untuk orang-orang di sekitar kita. Sikap positif ini cenderung  mengedepankan kreativitas dan semangat hidup dalam kegiatan kerja. Suasana murung akan beralih kepada suasana santai dan menyenangkan.





Coba bila anda sedang mengerjakan sesuatu, misalnya sedang semir sepatu, atau sedang memotong pohon pagar, sambil bersiul-siul, tentu ini akan menularkan kegembiraan kepada lingkungan sekitar kita, turut berbunga bunga hatinya, jauh dari depresi. Latihan pernafasanpun sambil dilalui tanpa terasa. Karena bernafas dan bersiul mempunyai tugas bergantian, tidak mungkin bersiul sambil bernafas. Jiwa dan raga menjadi sehat.





Selain bermanfaat untuk kesehatan, bersiul dan bernyanyi juga bisa mendatangkan uang. Tentunya tidak sekedar bersiul dan bernyanyi saja, namun diperlukan sedikit kreativitas.



Tidak percaya? Coba lihat beberapa penyanyi solo atau group yang secara kreatif menyanyikan lagunya sambil bersiul. Rapper asal AS bernama Flo Rida misalnya, salah satu lagunya yang diberi judul "Whistle" begitu enak didengarkan. Lagu milik penyanyi yang bernama asli Tramar Dillard tersebut saat ini menduduki tangga lagu teratas di berbagai negara. Atau mungkin Maroon 5 yang juga menyertakan suara siulan dalam lagunya "Moves Like Jagger" yang dinyanyikan bersama Christina Aguilera, mampu memberikan suasana ceria bagi yang mendengarnya.



Dan berbicara soal bersiul, ada beberapa lagu yang menyertakan bersiul ini yang menurut saya cukup enak didengar. Apa saja lagu-lagu itu? Kita simak pada video-video berikut:



1. Flo Rida - "Whistle"






2. Maroon 5 feat Christina Aguilera - "Moves Like Jagger"





3. One Republic - "Good Life"





4. Scorpions - "Wind of Change"





5. Guns N' Roses - "Patience"






Beberapa lagu menarik lainnya yang juga menyertakan bersiul antara lain White Christmas (dinyanyikan oleh Bing Crosby), Pumped Up Kicks (Foster The People), Tighten Up (The Black Keys), atau Young Folks (Peter Bjorn and John). Sementara untuk penyanyi Indonesia, di era 90-an dulu pernah ada Gunadi yang kondang dengan Bersiul-nya itu.



Nah, melihat manfaat yang bisa kita peroleh dari aktivitas bersiul, maka tak ada salahnya jika kita mulai bersiul  saat melakukan pekerjaan sehari-hari. Syukur-syukur jika kita bisa memiliki kreativitas lebih untuk membuat lagu sambil bersiul seperti penyanyi-penyanyi di atas.



Sam Leinad

/danielmashudi

TERVERIFIKASI (HIJAU)

jangan menyebutku mantan, tapi sebutlah alumni. siapa tahu kelak kita reuni. Twitter: @samLeinad

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?