CLICKompasiana
CLICKompasiana

Akun Resmi CommuterLine Community of Kompasiana. Akun ClicK lainnya: https://www.instagram.com/clickompasiana/

Selanjutnya

Tutup

pilihan headline

Stasiun Klender Terbakar, Sejumlah Jadwal Perjalanan Kereta Pagi Ini Terganggu

19 Mei 2017   09:23 Diperbarui: 19 Mei 2017   11:15 1118 7 3
Stasiun Klender Terbakar, Sejumlah Jadwal Perjalanan Kereta Pagi Ini Terganggu
kebakaran Stasiun Klender (dok.KRL Mania)

Kebakaran hebat terjadi di Stasiun Klender pagi ini. Si jago merah melalap seluruh bangunan stasiun. Penumpang CommuterLine panik dan berusaha menyelamatkan diri karena takut menjalar ke stasiun lain. Terutama di stasiun terdekat dengan Klender, yaitu Stasiun Buaran. Penumpang berusaha keluar dengan berimpitan karena pintu masuk/keluar yang sempit. Namun sekarang api berhasil dipadamkan pasukan pemadam kebakaran yang bekerja dengan cepat dan sigap.

PT KAI CommuterLine Jabodetabek (KCJ) memberikan keterangan resmi melalui media sosial yang disampaikan oleh Humas KCJ, Eva Chairunnisa antara lain;

PT KAI CommuterLine Jabodetabek mengucapkan permohonan maaf atas gangguan perjalanan KRL lintas Bekasi-Manggarai dan sebaliknya sebagai dampak dari kebakaran di Stasiun Klender. Saat ini sejumlah perjalanan CommuterLine terhenti, masih tertahan dan belum dapat diberangkatkan petugas. Namun kebakaran berhasil diatasi oleh petugas pemadam kebakaran pada pukul 07.55 tadi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

PT KCJ mengimbau agar pengguna CommuterLine yang bertujuan ke Bekasi agar menggunakan transportasi lain. Sedangkan bagi penumpang yang sudah membeli tiket dan belum melakukan perjalanan, atau belum mencapai tujuan, bisa mengembalikan/menukarnya kembali di loket-loket stasiun terdekat.

Sayangnya, belum semua penumpang mengetahui informasi yang disampaikan PT KCJ, sehingga terjadi penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai, jalur empat yang biasa dilewati CommuterLine tujuan Bekasi. Sebagian penumpang masih berharap bahwa perjalanan CommuterLine segera normal. Tetapi kenyataannya sulit, karena dampak dari kebakaran tidak bisa diselesaikan dalam waktu singkat.

Kebakaran ini juga menyebabkan terganggunya perjalanan kereta api jarak jauh. Stasiun Klender hingga Stasiun Bekasi memang menjadi perlintasan Kereta Api Jarak Jauh. Beberapa kereta api asal Jawa Timur dan Jawa Tengah tertahan di stasiun-stasiun yang sedang dilintasi. Dengan sendirinya terjadi keterlambatan jadual kedatangan kereta-kereta tersebut dan mengacaukan seluruh perjalanan kereta jarak jauh yang melintasi utara (jalur pantura).

Inilah beberapa perjalanan KAJJ yang terganggu:

  • Dari hulu:
    210 Tegal Express BLB JNG, 122 Sawunggalih tertahan di sinyal masuk JNG, 10 Argo Dwipangga BLB MRI, 52 Taksaka BLB MRI

  • Dari hilir:
    19 Argo Parahyangan BLB Bekasi, 15 Argo Jati BLB Tambun, 177 Kertajaya BLB Tambun, 171 Matarmaja BLB Lemah Abang, 21 Argo Parahyangan Kedung Kedeh, 131 Parcel BLB Karawang.

Pada pukul 08.45, CommuterLine bisa dioperasikan kembali, walau tidak seperti biasa. Demi kemananan dan kenyamanan penumpang, maka CommuterLine yang berasal dan menuju Bekasi, tidak akan berhenti di Stasiun Klender, tetapi masih berhenti di Stasiun Buaran dan Stasiun Klender Baru. Setidaknya, penumpang masih bisa diangkut dengan CommuterLine dan bisa mencapai tujuan mereka masing-masing.

kondisi stasiun setelah kebakaran (dok.Free roker)
kondisi stasiun setelah kebakaran (dok.Free roker)

stasiun Klender pasca kebakaran (dok.Free Roker)
stasiun Klender pasca kebakaran (dok.Free Roker)

Hingga saat ini, petugas yang berwajib masih meneliti asal muasal kebakaran Stasiun Klender. Mengingat bahwa selama ini belum pernah terjadi kebakaran di sebuah stasiun, maka banyak yang mengira bahwa kebakaran ini disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik. Namun untuk itu, perlu penelitian yang seksama agar tidak terulang lagi peristiwa kebakaran di stasiun. CommuterLine adalah transportasi publik yang menjadi andalan utama masyarakat.

stasiun Klender yang kebakaran (dok.KRL Mania)
stasiun Klender yang kebakaran (dok.KRL Mania)