Indonesia Maju melalui Bahasa Inggris, Bisa!

17 Februari 2013 20:34:30 Diperbarui: 24 Juni 2015 11:08:00 Dibaca : 420 Komentar : 0 Nilai : 0 Durasi Baca :
Indonesia Maju melalui Bahasa Inggris, Bisa!
13611582998159121

Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki jumlah penduduk sekitar lebih dari 200 juta jiwa. Jumlah ini terhitung sangat banyak, melihat status Indonesia menjadi negara berkembang yang menuju ke arah negara maju di Asia Tenggara. Kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia tidak lagi dipandang sebelah mata oleh negara-negara adi daya di dunia ini. Oleh karena itulah, Indonesia kiniĀ  sudah bukan lagi menjadi negar yang di anggap 'seujung kuku' oleh para negara digdaya seperti Amerika, Rusia, dan China.

Pada segi pendidikan, Indonesia juga mampu bersaing dengan negara Asia lainnya seperti Jepang, Korea dan India pada ilmu teknologi pendidikan seperti fisika dan matematika. Mata pelajaran sains itu kini dapat dikuasai oleh pelajar Indonesia pada olimpiade sains beberapa tahun. Hal inilah yang menjadi salah satu pendongkrak nama Indonesia di mata dunia kala itu, orang-orang asing kini tidak ragu lagi untuk memberikan beasiswa pendidikan dan tempat untuk bekerja bagi individu Indonesia. Mengingat kualitas sumber daya manusia Indonesia kini memiliki kualitas yang hampir sebanding dengan negara maju lainnya. Kini kita bayangkan, bila Indonesia memiliki status sama tinggi dengan negara maju, di Asia saja? Pastinya kita akan terus mendapatkan perhatian dari mata dunia dalam segala sektor.

Contoh saja sektor pendidikan, yang kini terus berusaha dan berbenah untuk membuat program rancangan yang baik dan berkualitas internasional bagi anak-anak sekolah dasar sampai tingkat akhir. Sejak pendidikan anak-anak sekolah dasar, telah diberikan kurikulum sesuai dengan kemampuan anak seusia itu. Materi pokok seperti matematika, bahasa Indonesia dan bahasa Inggrismenjadi materi pokok bagi siswa sekolah dasar sebagai bahan pertimbangan untuk kelulusan tingkat sekolah dasar. Tiga mata pelajaran pokok itulah yang di fokuskan oleh para pakar dan praktisi pendidikan di Indonesia untuk memajukan dan mendorong kualitas pendidikan di negara ini. Sampai pada tingkatan menengah pertama dan tingkat akhir, tiga mata pelajaran itu juga menjadi pokok karena sebagai syarat kelulusan.

Kini juga banyak tempat belajar non formil yang tersedia, atau les privat bagi siswa yang ingin mengembangkan dan mengasah kemampuan akademik mereka untuk terus meningkatkan kualitas sebagai pelajar. Para orang tua juga banyak yang memberikan fokus perhatian anak-anak mereka untuk di arahkan agar mau mengikuti program belajar di luar sekolah, seperti les privat dirumah atau ikut bimbingan belajar di tempat yang menyediakan paket belajar khusus. Kemajuan teknologi yang sudah di bahas pada paragraf awal tadi juga dapat di maksimalkan sebagai sarana belajar dengan menggunakan device semacam Android ataupun iOS yang kini merajalela sebagai kebutuhan komunikasi di Indonesia. Disana banyak terdapat aplikasi belajar yang dapat membantu kita untuk meningkatkan kualitas akademik dalam hal belajar. Aplikasi belajar itu di sediakan secara gratis ataupun berbayar oleh Google Play yang merupakan toko penyedia aplikasi milik Google khusus bagi pengguna Android, ataupun Apple Store milik Apple di dunia digital.

Christian Indrawan

/christianindrawan

Digital Marketing | Public Relations | Indonesia | Minang
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana