Regional

5 Tempat Merokok Alternatif di Kampus FISIP UAJY

14 September 2017   10:38 Diperbarui: 14 September 2017   11:24 197 0 0
5 Tempat Merokok Alternatif di Kampus FISIP UAJY
foto diambil dari www.uajy.ac.id

(foto diambil dari www.uajy.ac.id)

Merokok tidak sepenuhnya buruk. Banyak civitas kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang tidak tahan jika tidak merokok. Berdasarkan pengalaman penulis, merokok juga membantu memacu untuk berpikir dan melegakan pikiran setelah selesai kelas. Namun, yang pasti merokok di dalam kelas itu tidak boleh.

Bukan karena peraturannya, tapi pastinya banyak pula orang yang tidak merokok dan bisa jadi mengotori kelas karena tidak ada sampah atau asbak di dalam kelas. Lalu, di manakah tempat merokok strategis di kampus FISIP UAJY tanpa mengganggu orang lain dan tetap menjaga kebersihan tempat tanpa adanya puntung rokok dan serbuk tembakau? Berikut adalah tempat-tempatnya.

  1. Balkon lantai 2Balkon lantai 2 adalah tempat merokok favorit bagi mahasiswa yang sedang menunggu mulainya sesi atau sedang istirahat di sela-sela sesi. Mahasiswa yang seposetelah 2-3 sks di dalam kelas, terutama yang kelas di lantai 2, langsung cuske balkon untuk menyalakan rokoknya sambil bersantai. Balkon lantai 2 adalah tempat yang setengah terbuka (semi outdoor) sehingga asap rokok tidak akan membuat orang lain terganggu karena asapnya dibawa ke luar oleh angin. Sayangnya, tidak ada tempat untuk membuat puntung rokok di situ, jadinyabanyak puntung rokok berserakan di balkon lantai 2. Seharusnya bisa diantisipasi sih,perokok bisa membuat asbak sendiri dari kertas atau barang-barang bekas di dekat situ.
  2. Kandang macanKandang macan? Di manakah itu? Letaknya ada di dekat ruang kelas 4007. Kandang macan adalah sebutan untuk gazebo FISIP UAJY. Para perokok bisa merasakan kenikmatan rokoknya di kandang macan dengan angin sumiliryang menambah suasana santai di situ. Ada pula kotak sampah di situ untuk membuat puntung rokok dan serbuk tembakau. Karena outdoor, merokok di kandang macan nggakakan mengganggu orang lain.
  3. KantinKantin selalu penuh dengan asap rokok. Para perokok bisa meluapkan keinginan merokoknya setelah di kelas atau bekerja di kantin ini. Hampir di setiap meja juga terdapat asbak, jadi para perokok bisa saling menjaga kebersihan dengan membuang puntung rokok di asbak. Agar tidak menganggu yang tidak merokok, para perokok juga enaknyatidak merokok jika satu meja dengan yang tidak merokok.
  4. Balkon lantai 4 (depan audit 2)Kalau audit 2 tidak ada kelas, balkon lantai 4 adalah tempat merokok paling nyaman. Bisa lihat pesawat take offdan landing, pemandangan pegunungan gunung kidul, dan sangat sepi. Para perokok bersantai ria sambil bercengkrama dengan perokok lainnya di situ. Bisa juga sambil tiduran dan berfoto ria di sini, yang pasti, sambil merokok. Ada satu tempat sampah yang bisa digeser untuk membuang puntung rokok dan serbuk tembakau di tempat itu. Balkon ini juga semi outdoor sehingga asap rokok tidak mengganggu yang tidak merokok.
  5. ParkiranParkiran adalah tempat merokok yang paling "benar" di antara yang lainnya karena paling tidak, merokok sebaiknya berjarak 3 meter dari gedung. Asap rokok juga tidak akan mengganggu yang tidak merokok karena parkiran adalah tempat outdoor. Sayang, tempat sampah di parkiran terbatas sehingga puntung rokok memang harus dibawa dulu ke tempat sampah terdekat. Walaupun parkiran adalah tempat yang paling "benar", jarang para perokok merokok di situ.

Itulah keenam tempat strategis merokok di FISIP UAJY. Penulis bisa menyimpulkan itu berdasarkan pengalaman penulis yang merasakan kenyamanan merokok bersama teman-teman dan dosen di tempat-tempat itu. Tulisan ini mengajak agar menjaga kebersihan agar puntung rokok dan serbuk tembakau tidak berceceran di mana-mana, terutama di kampus FISIP UAJY dan tidak mengganggu orang-orang yang tidak merokok.