Tahun Ini Hari Kemerdekaan Tanpa Upacara Bendera?

07 Agustus 2012 20:35:02 Dibaca :
Tahun Ini Hari Kemerdekaan Tanpa Upacara Bendera?
Logo Kemerdekaan. Jumlah bendera menunjukkan tahun ke-n Jabatan SBY sebagai presiden RI dihitung dari periode pertama. Tahun 2012 ini, tahun ke-3 periode kedua.

Seperti kita ketahui bersama, bulan puasa tahun ini dimulai pada minggu ke-3 di bulan Juli, dan diperkirakan akan berlebaran pada minggu ke-3 (19-20) di bulan Agustus. Akibatnya, suasana agustusan yang biasanya selalu heboh dengan kegiatan pentandingan olah raga, dan kegiatan lainnya, tenggelam oleh kegiatan bulan puasa. Satu-satunya pertandingan yang dilakukan di tingkat RW adalah pertandingan catur antar RT. Selain itu, semarak umbul-umbul kemerdekaan di perkampungan dan perkantoran juga masih belum tampak memasuki minggu kedua bulan Agustus ini. Memang ada beberapa kampung di Sidoarjo dan Surabaya yang sudah memasang umbul-umbul dan bendera merah putih, tetapi jumlahnya tidak banyak. Perlu disadari, puncak perayaan kemerdekaan 17 Agustus nanti, cukup berdekatan dengan hari raya Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada 19-20 Agustus. Sementara itu, sekolah, kampus, kantor pemerintah dan swasta sudah libur sejak tanggal 15 Agustus. Semua orang akan ribut dengan jadwal pulang kampung. Bahkan dalam minggu ini saja, suasana liburan sdah terasa. Kegiatan di kantor akan ditutup dengan buka puasa bersama sebelum akhirnya semua orang libur dan pulang kampung. Jika semua libur, lalu siapa yang akan upacara tujuhbelasan? Diperkirakan, tahun ini hari kemerdekaan akan dilaksanakan tanpa upacara bendera di sekolah-sekolah, kampus-kampus dan kantor-kantor pemerintahan. Mungkin khusus tahun ini saja, upacara bendera dan detik-detik proklamasi hanya akan diadakan di Istana Negara yang pasti tidak boleh tidak harus diadakan. Untung lebaran tidak  pas jatuh pada tanggal 17 Agustus. Bila tidak, Pak SBY pasti akan sholat Idul Fitri terlebih dahulu sebelum akhirnya bersama-sama upacara bendera. Logo Kemerdekaan 2012 Tema perayaan kemerdekaan tahun adalah

Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Bekerja Keras untuk Kemajuan Bersama, Kita Tingkatkan Pemerataan Hasil-hasil Pembangunan untuk Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Tema ini tidak jauh berbeda dengan tema-tema tahun-tahun sebelumnya.

Sedangkan kekhawatiran terjadinya penumpukan bendera pada logo kemerdekaan tahun 2012 ini tidak terjadi. Jumlah bendera yang dikhawatirkan bertambah, malah berkurang. Walaupun tetap saja logonya tidak kreatif karena desainnya yang monoton selama SBY menjadi presiden. Sebagai informasi, jumlah bendera pada setiap logo menunjukkan tahun jabatan SBY sebagai presiden.

Choiron

/choiron

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Guru Ngaji. Tinggal di desa.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?