Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Siapa 'Orang Dalam' Kompasiana Paling Rajin Buat Artikel Sepanjang 2015?

29 Desember 2015   19:20 Diperbarui: 29 Desember 2015   19:26 644
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada awal berdirinya Kompasiana merupakan blog khusus jurnalis dan karyawan perusahaan Kompas Gramedia. Sejak bulan September 2008, penulis blog Kompasiana terbuka untuk umum. Setelah tujuh tahun berdiri, Kompasiana berkembang menjadi salah satu media warga terbesar di Indonesia yang memiliki 300 ribu lebih pemilik akun (Kompasianer).

Keberhasilan Kompasiana menjadi media warga terbesar di Indonesia tak lepas berkat peran aktif Kompasianer yang secara militan membuat ragam artikel menarik, baik artikel reportase, artikel opini, maupun artikel fiksi. Untuk mengatur berlimpahnya artikel yang terbit di Kompasiana, dibentuklah tim admin yang memilih artikel berbobot untuk masuk ke kolom artikel pilihan dan headline, dengan berbagai pertimbangan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di Kompasiana.

Setiap harinya admin Kompasiana memberikan penilaian kepada ratusan artikel yang terbit. Admin juga memberikan penilaian kepada artikel-artikel yang diikutkan dalam lomba yang diadakan oleh Kompasiana. Dan pada akhir tahun 2014 silam, admin sudah memilah artikel-artikel mana yang jadi terpopuler sepanjang tahun dalam setiap rubrik.

Saya mendadak mendapatlkan ide, pada akhir tahun ini gantian Kompasianer biasa seperti saya memberikan penilaiaian kepada 'orang dalam' Kompasiana, seberapa aktif mereka membuat artikel di Kompasiana sepanjang tahun 2015 ini. Mereka yang saya maksud sebagai 'orang dalam' Kompasiana adalah orang-orang yang namanya tercantum dalam kolom tim Kompasiana, baik tim management, tim content & Community Division, tim Sales & Marketing Division, tim Technology & Creative Division.

Inilah statistik artikel buatan 'orang dalam' Kompasiana dalam akun pribadinya, dalam rentang tanggal 1 Januari 2015 hingga 29 Desember 2015. Jumlah artikel dan tinjauan kerajinan sesuai fakta yang terdapat dalam akun pribadi mereka masing-masing.

 Management:

  1. Edi Taslim (0 artikel): Sejauh ini pak Edi Taslim sudah membuat 71 artikel sejak membuat akun pada tanggal 28 Agustus 2008. Mungkin karena kesibukannya, CEO Kompasiana ini terakhir kali membuat artikel pada bulan Januari 2011. Dari berbagai foto yang beredar di lini masa, bulan ini merupakan bulan terakhir pak Edi Taslim berkecimpung di Kompas Gramedia. Semoga saja kelak pak Edi Taslim bisa membuat artikel terbaru di Kompasiana, berbagi pengalamannya menjabat sebagai CEO Kompas Digital dan CEO Kompasiana.
  2. Pepih Nugraha (22 artikel): Di tengah kesibukannya, kang Pepih masih menyempatkan diri membuat 20-an artikel sepanjang tahun ini. COO Kompasiana pada ini secara khusus membuat 5 artikel tentang Kompasiana dan Kompasianer. Ada dua Kompasianer yang profilnya dibahas khusus oleh Kang Pepih, yaitu Syifa Annisa dan Pakde Kartono. Selain itu, Kang Pepih juga membuat tiga artikel mengenai Presiden Joko Widodo. 
  3. Iskandar Zulkarnain (51 artikel): Salah seorang orang dalam Kompasiana yang paling rajin membuat artikel sepanjang tahun 2015, kebanyakan membahas mengenai suatu brand. Admin senior yang menjabat sebagai Content & Community Assistant Manager Kompasiana ini, sekarang sedang melakukan tugas ikut kunjungan kerja bersama rombongan Presiden Joko Widodo. Hanya saja, kang Isjet sangat minim membahas mengenai Kompasiana, Kompasianer, atau membahas komunitas Kompasiana sepanjang tahun 2015. Hanya ada dua artikel milik Isjet terbitan tahun 2015 yang berkaitan langsung dengan Kompasiana/Kompasianer, yaitu saat memberikan klarifikasi mengenai 100 undangan ke Istana Negara, dan mengenai kisah perjalanannya bersama Kompasianer senior Gapey Sandy.

Selain tiga orang tokoh sentral dalam tim management Kompasiana yang saya sebutkan di atas, saya belum menemukan akun pribadi Kompasiana milik orang-orang lainnya dalam tim management, yaitu Dhanang Radityo (GM & Business Marketing), M. Trinovita (GM Human Resources & General Affairs), Veronica Roro Sekar Wening (Business Assistant Manager), Holly Emaria( Finance Assistant Manager), Murfi Abbas Hatumena (Technology Assistant Manager), Amalia Nuraini (Marketing & Communication Assistant Manager), Ariesa Putri Saraswati & Lidia Agustin (Administrative Officer).

Content & Community Division

  1. Nurulloh (23 artikel): Sepanjang tahun 2015, editor Kompasiana  ini rajin membuat artikel mengenai perjalannannya ke berbagai tempat. Saudara Nurul menyempatkan diri empat kali membuat tentang Kompasianer dan komunitas di Kompasiana.
  2. Wardah Fajri (49 artikel): Bisa dibilang, wanita yang akrab dipanggil Wawa ini adalah emaknya komunitas di Kompasiana. Banyak artikel yang membahas kegiatannya bersama komunitas dari puluhan artikel yang dibuatnya sepanjang tahun 2015. Sayangnya, saudari Wawa telah memutuskan pengabdiannya sebagai orang dalam Kompasiana akan berakhir tanggal 30 Desember besok, karena dirinya ingin memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga.
  3. Nurlalila Yusuf (34 artikel): Mbak yang akrab dipanggil Ella ini, sekarang sudah tidak lagi jadi admin sejak beberapa pekan lalu, dan kini didapuk sebagai salah seorang admin Fiksiana Community. Mantan admin Kompasiana yang sedang hamil ini gemar membuat cerita pendek fiksi dalam akun pribadinya. 
  4. Nurhasanah (6 artikel): moderator yang cenderung pendiam ini sangat jarang membuat artikel di akun pribadinya sepanjang tahun 2015.
  5. Kevin Anandhika Legion (35 artikel): admin bertubuh tinggi besar yang doyan makan dan main futsal ini tak pernah menuliskan khusus mengenai Kompasianer atau komunitas Kompasiana sepanjang tahun ini. Namun, Kevin salah satu admin yang paling rajin menyambangi tulisan Kompasianer lain dengan memberikan komentar atau vote.  Saudara Kevin juga terlibat beberapa kali dalam kegiatan Kompasianer, diantaranya reportase langsung ke sirkuit Sepang, dan gerebek bersama komunitas KPK Kompasiana. 
  6. Alvidiansyah Putra Anugerah (18 artikel): kurator Kompasiana yang satu ini gemar membuat artikel mengenai teknologi mutakhir. Alvidiansyah secara khusus membuat 4 artikel yang membahas tentang Kompasianer, komunitas Kompasiana, maupun tentang Kompasiana.
  7. Harry Ramdhani (100 artikel): Dialah admin Kompasiana yang paling rajin membuat artikel sepanjang tahun ini. Dia merupakan penggemar fiksi dan sepakbola. Namu, mas Harry masih terlihat jarang memberikan vote atau komentar di akun Kompasianer lain.
  8. Yakob Arfin Tyas Sasongko (26 artikel): kurator yang cenderung pendiam dan pemalu ini, sangat handal membuat ragam artikel yang membahas kehidupan masyarakat awam, dan dituliskan secara bernas. Semoga saja tahun mendatang mas Yakob mau membuat artikel mengenai Kompasianer atau komunitas di Kompasiana.
  9. Lastboy Tahara Sinaga (23 artikel): kurator yang satu ini sudah membuat akun pribadi di Kompasiana sejak bulan September 2012. Namun bung Boy baru membuat artikel perdana di akun pribadinya pada bulan Februari 2015. Dia gemar membuat artikel mengenai radio. Ada salah satu artikel buatannya yang membahas pengalaman pertama dirinya CFD bersama Kompasiana. 
  10. Kamil Ichsan (22 artikel): kurator yang mengaku dirinya muda dan berbahaya ini, gemar membuat artikel yang berkaitan dengan musik.
  11. Widha Karina (21 artikel): kurator wanita yang satu ini, setipikal dengan Yakob kalau membuat artikel dalam akun pribadinya.
  12. Nindy Prismahita (38 artikel): kurator wanita yang gemar menulis artikel olahraga, khususnya bola voli. Dia berjasa besar membantu mendatangkan atlet voli nasional buat kegiatan komunitas KOPROL di Kompasianival 2015. Cukup ramah kepada Kompasianer dalam kegiatan offline, namun cenderung pemalu.
  13. Ardiansyah Taher (61 artikel): salah seorang kurator yang rajin membuat artikel dalam akun pribadinya. Gemar membuat artikel olahraga dan musik. Yang mengagumkan, dari 61 artikel buatannya, 97 persen sukses masuk Artikel Pilihan. Prestasi yang luar biasa.

Sales & Marketing Division

  1. Pendi Kuntoro (0 artikel): Terakhir menulis di akun pribadi Kompasiana pada bulan Agustus 2013. Baru bisa membuat 6 artikel sejak Juni 2011.
  2. Deri Fadilah (3 artikel): lumayanlah masih sempat membuat tiga artikel di Kompasiana, dari pada tidak sama sekali.
  3. Kiki Rizki Tisnadewi (3 artikel): jumlah artikel milik mbak yang akrab dipanggil Kiki ini sama dengan jumlah artikel Deri di tahun 2015.
  4. Odhizsa Rachel Hartono (0 artikel): Mbak yang akrab dipanggil Sasha ini merilis beberapa cover lagu sepanjang tahun 2015, namun sayangnya Account Executive Kompasiana ini sepertinya belum punya akun pribadi di Kompasiana. 
  5. Nancy Gultom: Wanita yang menjabat dalam divisi Marketing & Communication yang baru membuat akun pribadi di Kompasiana per tanggal 16 September 2015 lalu, namun belum pernah merilis artikel. 
  6. Radja Mohammad Syeisarrahman (1 artikel): Saudara Radja baru mampu membuat satu artikel di akun Kompasiana pribadinya pada tahun 2015.

Technology & Creative Division

  1. Fahmi Ardi (6 artikel): Jarang membuat artikel, namun dialah punggawa IT Kompasiana yang paling ramah bersambut komentar dengan Kompasiane lain.  
  2. Erick Setiawan: baru membuat akun pribadi bulan September 2015 lalu, tapi belum membuat artikel 
  3. Alia Deviani: Copywriter yang belum pernah merilis artikel di akun pribadi Kompasiana sejak bulan Agustus 2012. 

Saya belum menemukan akun pribadi Kompasiana milik orang-orang lainnya dalam tim Technology & Creative Division, yaitu Mario Zulkarnain (Technology Officer), Rizki & Margaretha Helena (Creative Officer).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun