Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Malaysia Open: Duel Perdana Mantan Pasangan Juara Dunia, Mohammad Ahsan vs Hendra Setiawan

4 April 2017   21:12 Diperbarui: 4 April 2017   21:20 2373
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hendra Setiawan & Mohammad Ahsan/ bwfbadminton.com

Hasil kualifikasi turnamen badminton Malaysia Open Super Series Premier 2017 menghadirkan pertemuan dua orang juara dunia yang dulu berpasangan namun kini sudah berpisah.

Pemain veteran Indonesia, Hendra Setiawan bersama pasangannya asal Malaysia, Tan Boon Heong sukses melewati fase kualifikasi turnamen ini setelah mengalahkan Lee Jian Yi/Lim Zhen Ting.

Lolos dari kualifikasi, Hendra Setiawan dan Tan Boon Heong bakal berhadapan dengan duet Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro di babak pertama Malaysia Open 2017.

Pertemuan antara Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan akan menjadi reuni yang menarik, mengingat kedua pemain tersebut pernah berprestasi hebat saat masih berpasangan.

Duet Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan pernah dua kali meraih gelar juara dunia pada tahun 2013 dan 2015. Mereka juga pernah bersama merebut medali emas Asian Games tahun 2014.

Mantan rekan sepelatnas tersebut juga pernah menjadi pemenang Malaysia Open tahun 2013 dan 2015.  Berbagai juara turnamen bergengsi lainnya pernah disabet oleh Hendra/Ahsan, yaitu juara BWF Superseries Finals tahun 2013 dan 2015, juara Indonesia Open 2013, Hong Kong Open 2014, All England Open tahun 2014, Japan Open 2013, dan Singapore Open 2013.

Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan saat meraih Juara Dunia tahun 2015/ kompas.com
Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan saat meraih Juara Dunia tahun 2015/ kompas.com
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan terakhir kali tampil berpasangan pada babak perempat final turnamen Korea Open, tanggal 30 September 2016 lalu. Dalam ranking dunia Badminton World Federation saat ini, Hendra/Ahsan masih terdaftar di peringkat 14 dunia.

Selepas keluar dari pelatnas PBSI, Hendra Setiawan memutuskan berpasangan dengan pemain Malaysia yang pernah ranking 1 dunia, Tan Boon Heong. Sudah enam turnamen diikuti oleh Hendra dan Tan dengan hasil terbaik menembus perempat final turnamen Syed Modi Grand Prix Gold. Saat ini Hendra Setiawan/Tan Boon Heong memiliki peringkat 92 dunia.

Tan Boon Heong-Hendra Setiawan/ bwfbadminton.com
Tan Boon Heong-Hendra Setiawan/ bwfbadminton.com
Mohammad Ahsan setelah tidak berduet lagi dengan Hendra Setiawan, oleh tim pelatih PBSI sempat dipasangkan dengan Berry Angriawan. Kemudian Ahsan diduetkan dengan Rian Agung Saputro sejak turnamen China Open 2016.

Tampil bersama dalam lima turnamen, Ahsan/Rian meraih prestasi terbaik saat memenangkan turnamen kecil China International Challenge, dan menembus semifinal Hong Kong Open Super Series. Saat ini Ahsan/Rian menduduki ranking 59 dunia BWF.

Rian Agung Saputro-Mohammad Ahsan/ juara.net
Rian Agung Saputro-Mohammad Ahsan/ juara.net
Selain Hendra Setiawan, wakil Indonesia lainnya yang berhasil melewati fase kualifikasi Malaysia Open 2017 yaitu pemain tunggal putri Mia Mawarti dan Yulia Yosephin Susanto, serta ganda putri Dian Fitriani/Nadya Melati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun