Kapan Menikah?

11 Agustus 2017   22:12 Diperbarui: 11 Agustus 2017   22:21 78 0 0

Menikah adalah suatu kewajiwan dalam agama Islam. Untuk menentukan kapan kita menikah tentu bukan suatu hal yang mudah bagi setiap orang. Karena dalam sebuah pernikahan banyak hal yang harus dapat dipertanggung jawabkan. Dan sebuah tanggung jawab itu yang membuat setiap orang bimbang menentukan kapan menikah. Apalagi kalau seorang tersebut sedang mempunyai mimpi yang belum tercapai. Secara otomatis dia tidak akan gegabah untuk menentukan umur berapa dia menikah. Tantangan terbesar untuk orang itu adalah hawa nafsu yang ada dalam setiap diri manusia.

Hawa nafsu adalah sebuah hal yang harus di tahan dalam setiap diri manusia. Jika mansia tersebut tidak kuat menahan hawa nafsu, di dalam agama Islam orang tersebut wajib menikah agar mereka tidak terjerumus dalam perilaku zina. Zina adalah perbuatan yang sangat tidak diperbolehkan dalam agama Islam. Perzinahan ini akan timbul ketika seorang lelaki dan perempuan saling menyukai. Padahal Allah sudah berfirman :

"Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al-Isra' 17: Ayat 3)

Pada zaman akhir ini memang sangat banyak perempuan-perempuan yang mengubar auratnya. selain itu, gampangnya akses vidio porno juga menjadi suatu hal yang memicu timbulnya hawa nafsu dalam setiap diri manusia. tentu ini merupakan gambaran akan pentingnya menikah agar kita tidak terjerumus dalam perbuatan zina.

Memang sebuah pernikahan akan menghindarkan dari perbuatan zina. Akan tetapi sebuah pernikahan tentu ada tanggung jawab yang sangat besar. Selain sang suami harus mencukupi kebutuhan keluarga dan sang istri harus bisa melayani suami dengan baik, kedua pasangan tersebut  harus bisa mendidik anaknya dengan baik. Karena anak adalah sebuah titipan Allah yang harus dituntun dengan perilaku teladan agar menjadi anak sholeh sholihah dan bermanfaat bagi dunia akhirat.

Untuk itu, setiap orang wajib mencari ilmu agar kelak nanti bisa membuat keluarga yang skinah mawadah warohmah. Rosulullah besabdah :

"Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan" (HR. Ibnu Abdil Barr).

Menikah memang sangatlah penting bagi dalam ajaran agama Islam. Menikah merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam. Didalam keindahan tersebut akan lebih indah jika kita capai dengan ilmu yang telah kita capai. Menahan hawa nafsu hanyalah sebuah tantangan kecil untuk menggapai sebuah keluarga kecil yang Indah.