HEADLINE

Pelangi di Atas Kemang

18 Februari 2010 15:03:00 Diperbarui: 26 Juni 2015 10:51:38 Dibaca : 323 Komentar : 0 Nilai : 0 Durasi Baca :

Pelangi di atas Kemang ini muncul pada pagi hari Kamis 18-Pebruari-2010. Sore harinya hujan turun diselingi kilat dan petir yang mengelegar. Hujan tetap turun sepanjang malam hingga pagi, diperkirakan banjir terjadi di beberapa tempat di Jakarta.

Pagi ini banjir terjadi di Kampung Melayu, Jakarta Timur yang merupakan salah satu daerah langganan banjir tahunan. Daerah ini menjadi langganan banjir mengingat letaknya yang berada di bantaran kali ciliwung. Pada musim hujan kali ini meluap akibat banjir kiriman dari daerah bogor.

Pelangi atau bianglala dari definisi di Wikipedia adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras.

Pelangi juga digunakan untuk nama organisasi Yayasan Pelangi Indionesia yang beraktivitas dalam bidang lingkungan dan transportasi. Salah satu aktivitas yang tercatat adalah surat kecaman ke George W. Bush,menyebutkan bahwa “Kalau Amerika Tidak Memperlihatkan Kepemimpinannya, Orang Lain Akan Mengambil Alih”.

Pelangi juga digunakan untuk beberapa judul film seperti Laskar Pelangi yang meraih penghargaan Fflm terbaik festival film Asia Pasifik, dan Pelangi di Atas Prahara.

Dalam satu kitab suci, hadirnya Pelangi merupakan perjanjian antara Tuhan dengan Umatnya, tentang malapetaka akibat air bah yang terjadi di Bumi. Hadirnya pelangi mengingatkan kepada manusia bahwa air bah seperti yang terjadi pada zaman Nabi Nuh itu tidak akan pernah terjadi lagi.

Kata ini juga sering digunakan oleh seseorang kepada teman dekat atau saudara dekatnya agar membayarkan lebih dahulu hutang atau nilai uang yang tersisa  akibat kekurangan uang saat belanja.

Bijogneo Bijogneo

/bijogneo

Menulis, membaca, mengomentari, dikomentari, ok-ok saja. http://bijogneo.blogspot.com/
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana