Ternyata Mayoritas Penghuni Surga adalah Wanita

11 Juli 2012 04:04:27 Dibaca :

Tulisan ini adalah persembahan khusus bagi saudariku muslimah di Kompasiana, yang mungkin sudah membaca tulisan bapak Johan dan Zuragan kripik yang membahas tema "penduduk neraka terbanyak adalah wanita". Dan tulisan ini juga, bukan untuk membantah tulisan beliau berdua diatas karena memang tulisan mereka  sudah benar dan sesuai dengan akidah yang saya yakini  , tapi tulisan ini adalah  sebagai penyemangat bagi teman teman muslimah dan sebagai sebuah kebanggaan bahwa golongan mereka (wanita) adalah mayoritas penduduk surga.Jadi kesimpulannya  wanita adalah mayoritas baik di Neraka maupun di  Surga.

Mari kita lihat penjelasan ahli tafsir Imam Qurthubi dalam menjelaskan hadist " ”Sesungguhnya aku melihat kalian sebagai penduduk neraka terbanyak”. (Bukhari dan Muslim)

beliau menafsirkan hadist ini ”Bahwasanya ini mungkin saat mereka menjadi penduduk neraka terbanyak. Akan tetapi setelah mereka selanjutnya keluar (dari neraka) karena syafa’at dan rahmat Allah Subhana hu Wa Ta'ala. Sehingga tidak ada yang tersisa di neraka yang berkata “Laa Ilaha Illallahu” maka wanita pun kemudian menjadi yang terbanyak di syurga” (Haadii Al Arwah li Ibnil Qayyim (Hal. 144))

Selain pendapat beliau diatas  masih banyak dalil yang menjelaskan bahwa mayoritas penduduk surga adalah wanita.

Nabi Shallallahu alaihiwassalam bersabda: “Sesungguhnya ahli surga yang paling rendah tingkatannya adalah seseorang yang Allah palingkan wajahnya dari neraka kearah surga, dan ditampakkan padanya satu pohon surga yang rindang. Lalu orang itu berkata: Ya Allah dekatkanlah aku ke pohon itu agar aku bisa berteduh di bawahnya.” Lalu Nabi Sholallohu 'alaihi wa sallam terus menyebutkan angan-angan orang itu hingga akhirnya beliau bersabda: “Apabila telah habis angan-angannya maka Allah berfirman kepadanya: “Dia itu milikmu dan ditambah lagi sepuluh kali lipatnya.” Nabi bersabda: “Kemudian ia masuk rumahnya dan masuklah menemuinya dua biadadari surga, lalu keduanya berkata: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkanmu untuk kami dan yang menghidupkan kami untukmu. Lalu laki-laki itu berkata: “Tidak ada seorangpun yang dianugerahi seperti yang dianugerahkan kepadaku.” (HR. Muslim: 417)

Hadist diatas menyebutkan bahwa ahli surga yang paling rendah mendapatkan dua wanita (bidadari). Jadi tiap satu orang ada disisinya dua wanita.

Beliau juga bersabda : “Kelompok pertama kali yang masuk surga, seolah wajah mereka cahaya rembulan di malam purnama. Kelompok kedua seperti bintang kejora yang terbaik di langit. Bagi setiap orang dari ahli surga itu dua bidadari surga. Pada setiap bidadari ada 70 perhiasan. Sumsum kakinya dapat terlihat dari balik daging dan perhiasannya, sebagaimana minuman merah dapat dilihat di gelas putih.” (HR. Thabrani dengan sanad shahih, dan Baihaqi dengan sanad hasan. Hadits hasan, shahih lighairi: Shahih al-Targhib: 3745)

dan hadist tentang syuhada yang dinikahkan dengan 72 bidadari : “Orang yang mati syahid memiliki 7 [yang benar 8] keistimewaan di sisi Allah:  diampuni dosanya di awal kucuran darahnya, melihat tempat duduknya dari surga, dihiasi dengan perhiasan iman, dinikahkan dengan 72 bidadari surga,  diamankan dari adzab kubur, aman dari goncangan dahsyat di hari qiamat,  diletakkan di atas kepalanya mahkota kewibawaan; satu permata dari padanya lebih baik dari pada dunia seisinya,  memberi syafaat kepada 70 orang dari kerabatnya.” (Ahmad, Tirmidzi dan Baihaqi. Silsilah al-Shahihah: 3213, Shahih al-Jami’: 5182)

Dari tiga hadist diatas dapat diambil kesimpulan bahwa penguni surga yang terbanyak adalah wanita karena setiap laki laki yang masuk surga di sisinya ada dua atau lebih wanita (bidadari).Dan menurut pendapat para ulama  bidadari yang dimaksud disini tidak hanya  bidadari yang diciptakan tanpa bapak ibu tapi termasuk bidadari dari kalangan  wanita muslimah yang masuk surga.wallahu'alam.

Sekarang pertanyaannya : Apakah hanya orang-orang beriman dari kalangan laki-laki dan bidadari-bidadari saja yang menjadi penduduk Surga? Bagaimana dengan istri-istri kaum Mukminin di dunia, wanita-wanita penduduk bumi?

Istri-istri kaum Mukminin yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya tersebut akan tetap menjadi pendamping suaminya kelak di Surga dan akan memperoleh kenikmatan yang sama dengan yang diperoleh penduduk Surga lainnya, tentunya sesuai dengan amalnya selama di dunia.Hak ini di isyaratkan dalam Firman Alloh : "Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridaan Tuhannya, mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik), (Yaitu) surga Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya dan anak cucunya,. . " (QS. Al-Ra'd: 22-23)

juga ditegaskan dalam hadist : "

Muawiyah bin Abi Sufyan pernah melamar Ummu Darda, namun dia enggan menikah dengannya. Dan dia berkata, “Aku pernah mendengar Abu Darda berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wanita itu untuk suaminya yang terakhir.” Sedangkan aku tidak menginginkan pengganti Abu Darda.”

Dalam lafazh lain disebutkan,

“Wanita mana saja yang ditinggal mati suaminya, lalu dia menikah lagi setelahnya, maka dia milik suaminya yang terakhir.” (Lihat as-Silsilah ash-Shahihah, no. 1281)

Wallahu a’lam bisshawab.

Buat saudariku, demikianlah yang dapat saya sajikan dan semoga kalian lebih bersemangat untuk meraih surga setelah mendengar hadist ini : ”Apabila seorang wanita shalat lima waktu, puasa ramadhan, menjaga kesuciannya dan mentaati suaminya, dikatakanlah kepadanya : masuklah ke dalam syurga dari pintu mana saja yang anda inginkan”. (Shahihul Jaami’ lil Al baany (660))





Abine Yahya Al Farisy

/bengkellas4bersaudara

arek asli jombang,
panggilan : iwan
akun fb saya " http://www.facebook.com/jagatbesi4bmajumakmurbersama
PIN
BB saya 26BDEA9F
hp : 085730615737
seorang karyawan yg berinisiatif merdeka dari Karyawan dan
sedang belajar berwirausaha.

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?