Media

Analisis Website Krjogja.com

14 September 2017   11:18 Diperbarui: 14 September 2017   11:30 136 0 0
Analisis Website Krjogja.com
krjogja-59ba05f8c3637670655cf712.jpg

Dewasa ini, masyarakat sudah tidak asing lagi dengan kemunculan berbagai macam situs berita online. Sejalan dengan perkembangan teknologi, kemudahan untuk mengakses media online menjadi sebuah keuntungan yang dirasakan banyak pihak. Salah satu website atau situs berita online yang ada di Indonesia adalah krjogja.com.

Dalam pembuatan website berita, tentu ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Menurut Melinda J. McAdams, salah satu kriteria penting tersebut ialah konten. Berita yang dimuat dalam sebuah website harus memperhatikan unsur keringkasan (brevity), struktur kalimat (sentence sstructure), kata kerja aktif (active verbs), menyampaikan arti atau tujuan dari tulisan (say what you mean), dan tidak mengulang informasi yang sama (redundancy). Berikut analisa website berita krjogja.com:

Content

Dari segi konten, berita yang ada pada situs krjogja.com sudah cukup padat dan tidak menggunakan kata-kata yang tidak perlu. Selain itu, penulis juga menyampaikan inti berita dengan jelas, tidak bertele-tele. Berita ditulis dengan leadyang singkat, sehingga di awal, pembaca langsung mengerti makna dari berita yang ingin disampaikan. Hal ini sekaligus membuat pembaca tidak mudah bosan.

Selain itu, penggunakan kata kerja aktif juga sudah digunakan dalam penulisan berita di situs krjogja.com. Namun ada beberapa kalimat berita yang masih menggunakan kata kerja pasif. Contohnya yaitu berita berjudul 'Indonesia Segera Kirim Bantuan ke Rohingnya', pada 7 September 2017. Masih terdapat penggunaan kata kerja pasif seperti 'dipenuhi' dan 'dinilainya'.

Functionality

Website krjogja.com sangat mudah digunakan. Saat masuk ke halaman utama dari website tersebut, pembaca dapat dengan mudah mengakses berita sesuai dengan pilihannya. Di halaman utama, terdapat cuplikan beberapa berita utama yang dimuat pada hari itu, sehingga memudahkan pembaca untuk mengetahui berita mana yang paling baru.

Terdapat pula pelabelan berita sesuai topik atau tema tertentu, yang terdapat pada sisi atas halaman utama website. Di sisi kanan website, terdapat kolom pencarian, dimana pembaca bisa langsung mencari berita yang diinginkan dengan mengetik kata kunci tertentu.

krjogja-2-59ba0600ab12ae5764510733.jpg
krjogja-2-59ba0600ab12ae5764510733.jpg

Navigation

Pembaca krjogja.com bisa langsung menentukan berita mana yang ingin dibaca, yaitu dengan fokus pada pilihan berita yang sudah dikelompokkan ke dalam topik-topik tertentu. Topik-topik tersebut ialah pendidikan, ekonomi, gaya hidup, wisata, hiburan, maupun olahraga.

Ada juga pengelompokan berita berdasarkan lokasi peristiwa. Pertama, berita yang berlokasi di DIY, meliputi Kabupaten Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo, Bantul, dan Kota Yogyakarta. Kedua, berita yang berlokasi di Jawa Tengah, meliputi Klaten, Banyumas, Solo, Pantura, Semarang, dan Kedu.