Ancol Rally Party

16 Februari 2012 17:32:50 Dibaca :

Ancol Rally Party? Apa pula ini? Apakah ada ajang balap yang akan diselenggarakan di Ancol dalam waktu dekat ini? Oh tidak. Ini hanyalah sebuah ide sederhana tentang event yang akan diselenggarakan di Ancol, sebuah sebuah kawasan wisata terpadu di Jakarta Utara. Memang, jika membahas kata ‘rally’ atau reli maka yang terbayang di benak kita semua adalah sebuah ajang balap dengan menggunakan kendaraan bermotor seperti motor atau mobil.

‘Rally’ memang tidak bisa lepas dari sebuah kompetisi demi memperebutkan gelar juara tercepat di bidang otomotif. Namun, apa jadinya jika ‘rally’ yang sudah diasumsikan umum seperti itu diubah image-nya menjadi sebuah kompetisi yang fun alias menyenangkan, yaitu kompetisi yang menjaga hubungan baik antara manusia dengan alam. Untuk itu, kendaraan bermotor yang telah menghasilkan asap buangan dan mengganggu nikmatnya menghirup udara alam pun dihilangkan. Sebagai penggantinya adalah sepeda dan juga berjalan kaki. Pada kompetisi ini, yang jadi penilaian bukan saja dari faktor kecepatan, tetapi ada juga faktor-faktor lain yang patut diperhitungkan seperti kekompakan, keakuratan, atau bahkan keindahan.

Ada 3 (tiga) kompetisi reli yang diusulkan menjadi event menarik di Ancol. Ketiganya bisa dibuat pada acara terpisah dari segi waktu tetapi juga bisa disatukan pada hari dan jam yang sama. Itulah mengapa penamaan Ancol Rally Party menjadi brand image yang bisa mengangkat nama Ancol. Sebuah pesta reli yang spektakuler dan ramah lingkungan dengan mengundang masyarakat umum untuk turut bagian menjadi peserta atau hanya sekadar menjadi penonton saja. Nah, ketiga kompetisi reli tersebut adalah Photo Rally, Garbike Rally, dan Science Rally.

Ancol Rally Party inilah yang nantinya akan memperkenalkan Ancol lebih luas dan lebih menarik lagi dari sudut pandang yang berbeda dari biasanya. Kawasan wisata Ancol yang luas dengan beberapa objek wisata seperti Pantai dan Taman, Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra, Sea World, Putri Duyung Cottages, Padang Golf Ancol, Marina, Pasar Seni, atau Wisata Kuliner yang ada tentu memiliki nilai lebih yang bisa dikembangkan. Beberapa di antaranya adalah dengan mengambil sudut pandang para fotografer profesional dan amatir, pemanfaatan jalur sepeda yang telah ada, maupun dari pengetahuan yang belum tergali dan tersebar di masyarakat pada umumnya tentang Ancol.

1. Photo Rally

Pesta pertama sangat berhubungan erat dengan dunia fotografi. Target utamanya jelas, yaitu menghasilkan foto yang menarik tentang Ancol. Ada banyak sisi menarik yang bisa diambil dari Ancol oleh kacamata fotografer profesional maupun amatir. Tentunya, dari ajang ini diharapkan akan muncul sebuah foto unik Ancol yang sedikit berbeda. Agar kompetisi foto ini menarik, tentunya harus dikemas dengan apik. Para peserta akan start dari lokasi tertentu seperti Marina atau Putri Duyung Cottages. Lalu, berdasarkan peta atau petunjuk yang diberikan panitia, mereka pun berjalan untuk memotret objek-objek tertentu. Objek yang difoto adalah jawaban dari teka-teki yang menjadi pegangan peserta di tiap-tiap tempat. Finish-nya adalah tempat terbuka yang cukup luas sebagai tujuan terakhir masing-masing reli. Di tempat ini disediakan jam dinding dimana para peserta diwajibkan untuk memotretnya sebagai tanda pukul berapa yang bersangkutan finish. Hasil memotret selama reli kemudian dikumpulkan pada panitia. Penilaian tidak hanya dari kecepatan para peserta sampai di finish tetapi juga dari ketepatan objek yang difoto dan keindahan hasil fotonya.

2. Garbike Rally

Garbike adalah akronim dari garbage bike atau sepeda sampah. Pada pesta kedua ini para peserta harus menggunakan sepeda sebagai kendaraannya dimulai dari titik start di dekat pintu masuk utama Ancol. Peserta telah dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 5 (lima) orang per kelompok. Tiap kelompok diberikan wadah plastik berukuran besar atau karung. Tugas mereka adalah bersepeda mengikuti jalur sepeda yang telah ada di sepanjang kawasan Ancol sambil memunguti sampah yang terlihat untuk dikumpulkan. Tidak hanya itu, para peserta pun diminta untuk mengumpulkan pita yang berwarna-warni sebagai penanda berapa pos yang sudah dilewati. Pita ini bisa diletakkan pada tempat dengan ketinggian tertentu sehingga diperlukan kerjasama kelompok untuk mengambilnya. Sesampainya di tempat finish, peserta diminta untuk menimbang berat sampah yang didapat, menghitung jumlah pita, dan juga kelengkapan kelompok. Penilaian dihitung dari kecepatan para peserta sampai di finish, berat sampah, kelengkapan pita, dan juga kekompakan selama di perjalanan.

3. Science Rally

Jika pada kedua reli sebelumnya memang dikhususkan pada masyarakat khusus seperti pehobi fotografi dan pehobi sepeda, maka pada pesta ketiga ini ditujukan pada masyarakat yang mencintai ilmu pengetahuan. Para peserta telah terbagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 5 (lima) orang. Mereka diminta untuk berjalan mengikuti petunjuk atau peta yang diberikan untuk menebak pertanyaan yang diberikan pada lembar soal sekaligus mencari benda-benda tertentu sebagai bentuk dari harta karun. Perlu diketahui bahwa petunjuk tiap-tiap kelompok dan rutenya berbeda satu sama lain, namun tempat start dan finish-nya sama. Pertanyaan soal adalah ilmu pengetahuan umum yang berhubungan atau tidak berhubungan sama sekali dengan kawasan Ancol. Pada beberapa pos, tiap kelompok pun akan diuji kekompakannya untuk memecahkan suatu masalah yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, misalnya mengeluarkan bola pingpong dari dalam paralon vertikal dengan mengambil air hanya dengan telapak tangan yang sumbernya berada pada jarak tertentu. Penilaian tidak hanya dari kecepatan para peserta sampai di finish, tetapi juga dari keakuratan jawaban, harta karun yang dikumpulkan, dan juga kekompakan.

Perlu dicatat, meskipun ketiga pesta reli di atas dimulai dari tempat start dan rute yang berbeda-beda, tetapi semuanya dimulai pada jam yang sama dan finish pada tempat yang sama. Tujuannya tidak lain adalah menyatukan semua reli yang ada menjadi Ancol Rally Party yang meriah dan menyenangkan di satu tempat. Di tempat finish inilah para peserta disuguhi hidangan dan juga dihibur oleh beberapa band atau atraksi lainnya sebagai bentuk apresiasi panitia atas keterlibatan mereka semua. Panitia juga bisa mengadakan lomba lainnya di tempat ini pada jam start Ancol Rally Party seperti lomba aerobik atau lainnya. Penentuan pemenang masing-masing reli bisa ditentukan pada saat itu juga, terutama untuk Garbike Rally dan Science Rally. Sedangkan untuk Photo Rally, jika tidak memungkinkan bisa diumumkan beberapa hari kemudian bersamaan dengan event lainnya.

Ancol Rally Party, mengapa tidak? ^_^
Facebook : http://www.facebook.com/kelasbangaswi/posts/385885158095501
Twitter : https://twitter.com/#!/bangaswi/status/170201568988250113

Agus Wibowo

/bangaswi

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Seorang penggila olahraga yang menggemari dunia kepenulisan. Seorang desainer yang mendukung lingkungan tempat tinggalnya kembali segar dan hijau. Seorang laki-laki yang sangat mencintai keluarganya....
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?