HIGHLIGHT

Virus Galau, Harus Dihalau!

09 Juni 2012 12:42:53 Dibaca :

Seorang FACEBOOKER update status di Wall-nya Mendingan nahan laper deh dari pada nahan kangen”. Tak lama kemuadian, facabooker lainnya langsung comment, “Lagi Galau, Yah”. Sementara Temen akrab FACEBOOK, si TWITTER. Salah satu Tweeplenya nge-tweet “Lagi Galau nih L “, tak lama juga para follower berbondong-bondong mempertanyakan kegalauannya.


Hari gini, Penghuni dunia maya pada terjangkit VIRUS GALAU. Diputusin pacar galau. Lagi marah ngeliat pacar selingkuh, dibilang galau. Tak dapat perhatian dari sang kekasih, galau juga. Apalagi social network menjadi ajang para pemuda-pemudi tuk mengekspesikan seluruh unek-unek mereka, seperti meng-update status, nge-tweet. Semuanya pada curhat di dinding facebook. Tanpa disadari mereka mengumbar aib mereka sendiri. Tak perlu menjadi rahasia lagi toh semua orang sudah pada tahu, alias rahasia umum :P, dengan masalah yang di_update.


Tidak tahu pastinya, sejak kapan kata GALAU ini merebak bagai virus Flu Burung. Opsss,, Lebay!, tetapi yang jelas ‘Galau sudah menjadi keluhan para Facebookers, ada berbagai banyak istilah yang unik yang merumuskan kegalauan para anak Alay jaman sekarang, salah satu contohnya nih,, kata : GATAL,, mau tahu kepanjangan dari singkatan ini “Galau Tanpa Loe”. Ada-ada aja anak muda jaman sekarang, bukan mikirin masa depan, eh malah mikirin hal yang tak ada gunanya buat masa depan mereka, APA KATA DUNIA ?. hmmm KEMBALI KE LAPTOP.


Istilah galau pada beberapa referensi yang ada, mengindikasikan makna yang negative. galau menurut KBBI, yaitu di halaman 407 Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi IV (2008), ‘ galau’ berarti kacau (tentang pikiran); ‘bergalau’ berarti Kacau tidak karuan dan ‘Kegalauan’ berarti sifat (keadaan hal) galau. Didalam Google Translate dan Kamus Indonesia-Inggris John M. Echols dan Hasan shadily, bahasa inggris galau adalah CONFUSION.


Nah sekarang sudah tahu makna galau dari Kamus Indonesia sampe Kamus Bahasa Inggris. Ada yang nanya ‘Gimana sich Mengatasi Kegalauan ini?”. OKAY ada beberapa tips ANTI GALAU menurut Majalah Drise :


1. Semua masalah itu ujian dari Tuhan, ini rintangan buat kita. Tak ada badai yang abadi. So, stay cool,calm and confident!.


2. Bersikap sabar, ketika malasah itu datang. Masalah dapat mendewasakan kita. Nikmatin aja sambil cari solusinya.


3. Kalau ingin Curhat, carilah tempat curhat yang tepat. Jangan membiasakan diri berkoar-koar di arena publik seperti Facebook atau twitter, Apakah tidak malu mengumbar aib sendiri?. Cobalah cari teman yang tepat yang bisa menasehati kita. Sssst ingat jangan yang bermulut ember :D.


4. Yang terakhir berpikirlah positif, istilah kerennya Positive thinking terhadap semua hal yang sedang kita hadapi terutama positive thinking pada diri sendiri.


Demikian, ulasan singkat mengenai kegalauan yang sedang marak dikalangan anak muda sekarang, ditambah lagi beberapa kata iklan kartu perdana yang menjadi tren terkini. So, Jangan ada galau diantara kita. Semoga bermanfaat.



Awad B. M. Alkatiri


English Department 2010


Education and Teachers training faculty


Nusa Cendana University.

Awad Alkatiri

/awad.alkatiri

Mahasiswa FKIP BAHASA INGGRIS 2010,UNIVERSITAS NUSA CENDANA.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
TAG #muda

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?