Mengenang Sejarah Islam (1)

21 Maret 2017 07:33:42 Diperbarui: 21 Maret 2017 17:46:04 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :

MENGENANG SEJARAH ISLAM (1) 
Oleh: Aryandi Yogaswara

A. RENTANG MASA NABI DAN RASUL ULUL AZMI

  • 3400an SM - Nuh 
  • 2000an SM - Ibrahim
  • 1400an SM - Musa
  • 0 M              - Isa
  • 600an M      - Muhammad SAW
  • 2000an M    - Masa kini

Jarak dari Nabi Nuh masuk ke dalam bahtera ke Nabi Ibrahim adalah 1400an tahun. Jarak masa dari Nabi Ibrahim ke Nabi Musa adalah 600an tahun.

Jarak dari Nabi Musa ke Nabi Isa adalah 1400an tahun. Jarak dari Nabi Isa ke Nabi Muhammad saw adalah 600an tahun.

Dan jarak dari Nabi Muhammad ke jaman kita saat ini sudah 1400an tahun (tahun 2017 adalah 1438 H)

Rentang masa yang memiliki pola di atas mengundang tanya, apakah saat ini sudah tiba masa akhir jaman yang akan ditandai dengan kedatangan Imam Mahdi (Pemimpin yang memandu dengan Petunjuk) sebagaimana yang dinubuahkan oleh Rasulullah?

B. KELAHIRAN RASULULLAH, MENJELANG FAJAR KEBANGKITAN

570 -  Kelahiran Muhammad Rasulullah

Masyarakat Jazirah Arab saat itu terletak diantara persaingan dua dominasi kekuatan besar dunia, yaitu Romawi dan Persia.

603 - 628 Peperangan besar antara Romawi Byzantium dengan Persia dinasti Sassanid

Kebanyakan wilayah gurun Jazirah Arab (artinya: Kepulauan Arab) dipandang sebagai bangsa kelas tiga dengan posisi yang tidak terlalu penting dalam perang besar antara Timur dan Barat ini

610 - Wahyu pertama di Makkah

620 - Peristiwa Isra Miraj, terjadi setelah satu tahun penindasan dengan adanya boikot baik perdagangan maupun bantuan makanan bagi para pengikut Muhammad yang disebut sebagai kaum muslim yang jumlahnya sedikit di Makkah.

Tahun itu dikenal juga sebagai masa kesedihan bagi Rasulullah dengan meninggalnya istrinya Khadijah dan pamannya yang menjadi pelindungnya yaitu Abu Thalib

622 - Peristiwa hijrah ke Yasrib yang kemudian dikenal sebagai Madinah al Munawarah yang artinya Kota yang Bercahaya

Rasulullah menjadi Pemimpin Madinah, sebuah wilayah yang berdaulat

Piagam Madinah dideklarasikan sebagai piagam toleransi umat beragama pertama di dunia

624 - Perang Badar terjadi, dipicu dengan perkembangan kota Madinah dan semakin besarnya pengaruh atas apa yang disampaikan Nabi Muhammad SAW ke Jazirah Arab.

Pihak Makkah saat itu melihat perkembangan Madinah dan ajaran Islam sebagai ancaman bagi posisi mereka.

630 - Futuh/Kemenangan atas Makkah setelah berperang selama 6 tahun.

632 - Haji Wada/Haji Perpisahan Rasulullah. Adalah haji pertama dan terakhir Rasulullah SAW.

8 Juni 632 - Muhammad Rasulullah meninggal

C. ERA EMPAT KHALIFAH, MASA PAGI HARI ISLAM SEPENINGGAL RASULULLAH

632 - Masa Khulafaur Rasyidin dimulai

632 - Abu Bakar sebagai Khalifat ul Rasulullah atau Khalifah, yang berarti Penerus Utusan Tuhan

633 - Era peperangan melawan kemurtadan terhadap Islam, penolakan zakat, dan pengakuan-pengakuan nabi setelah Rasulullah di Jazirah Arab.

Dalam dua tahun Abu Bakar berhasil mempertahankan persatuan jazirah Arab dibawah panji Islam setelah sebelumnya munculnya keraguan-keraguan dengan meninggalnya Rasulullah

Al Quran pertama kali dituliskan pada masa Abu Bakar karena banyaknya sahabat Nabi penghapal Al Quran yang meninggal dalam perang. Sebelumnya beliau menolak usulan menuliskan Al Quran sebagai sebuah Kitab/Buku dengan pertimbangan tidak diperintahkan dan dilakukan oleh Rasulullah

634 - Abu Bakar meninggal, Umar menjadi penerus. Al Quran yang disimpan di Aisyah sepeninggal Abu Bakar diserahkan kepada Khalifah Umar.

Umar terus melakukan perluasan pengaruh Islam, atas nama Allahu Ahad  (Ketuhanan Yang Maha Esa), kesetaraan Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, dan ajakan untuk mengikuti tatanan peradaban yang lebih baik melalui Persatuan Umat Manusia dalam tatanan Petunjuk Tuhan.

Seruan peringatan disampaikan kepada Pemerintahan-pemerintahan di berbagai wilayah, angkatan perang tidak ditujukan kepada rakyat sipil, rakyat sipil bahkan dijamin dan dijanjikan perlindungan atas hidup, harta, dan agama dari segala yang mengganggu.

Hal ini mengakibatkan banyak rakyat sebuah wilayah yang berkonfrontasi dengan Kekhalifahan lebih mendukung kemenangan Islam daripada pemerintahan di tempat mereka yang berkuasa karena cenderung bersifat tirani.

633 - Kemenangan perang Ridda melawan Byzantium

635 - Kemenangan atas Damaskus

637 - Jerusalem dibebaskan, Ctesiphon ibukota Persia dekat kota tua Babilonia jatuh

638 - Kemenangan atas Suriah

642 - Kemenangan atas Mesir

Orang-orang Yahudi dipersilakan kembali masuk ke Jerusalem. Sebelumnya Pemerintahan Byzantium melarang orang Yahudi untuk masuk ke tanah Jerusalem selama 300an tahun Byzantium berkuasa.

Islam telah menjadi sebuah pemerintahan antar bangsa dalam 10 tahun pemerintahan Umar, atau 22 tahun sejak pertamakali Rasulullah memimpin Madinah.

644 (22 H) - Umar meninggal terbunuh, sebelum meninggal Umar memilih 6 orang tokoh di Madinah untuk bermusyawarah memilih penggantinya. Utsman terpilih menjadi penerus Umar.

Pada masa Khalifah Utsman, Al Quran yang dituliskan disempurnakan dan dikirimkan beberapa penulisan ulangnya ke berbagai wilayah Islam yang sudah besar.

650 - Alexandria, Anatolia, Yunani, Khurasan, Iran, Asia Tengah masuk dalam pengaruh kekuasaan kekhalifahan

Pada masa kekhalifahan Utsman seorang duta muslim dikirim ke Tiongkok untuk membangun hubungan diplomatik antara Kekhalifahan Islam dan Dinasti Tang yang menerima dengan baik perkembangan Islam di dunia sehingga hubungan antara Islam dengan Tiongkok terjalin harmonis.

656 (32 H) - Ustman meninggal terbunuh, Ali yang pada awalnya menolak, akhirnya menerima kesepakatan menjadi pengganti Utsman sebagai Khalifah. Ali diharapkan oleh para pemilihnya untuk bisa memunculkan kembali perdamaian akibat konflik yang terjadi di Madinah dengan terbunuhnya Utsman.

Keputusan Ali untuk memberikan pengampunan kepada mereka yang terkait dengan pembunuhan Utsman menjadi polemik baru.

Ali memindahkan ibu kota pemerintahan ke Kufah, untuk menjaga kesucian kota Madinah dan mengamankan situasi dari kemungkinan kekacauan kembali di Madinah.

656 (32 H) - Terjadi perang antara pendukung Ali dengan pendukung Thalha, Zubair, dan Aisyah istri Rasululullah di Basra yang meminta kepada Ali agar dijatuhkan hukuman kepada pihak yang menjadi sebab meninggalnya Utsman.

Perang ini dikenal dengan perang Jamal atau perang Unta, peperangan yang disesalkan oleh kedua belah pihak yang saling menuduhkan bahwa yang memulai adalah pihak lawannya.

Thalha dan Zubair meninggal dalam kekacauan perang. Aisyah dikawal oleh pasukan Ali untuk pulang ke Madinah, menyesali atas apa yang telah terjadi, Aisyah tidak pernah lagi mau masuk kedalam wilayah politik sampai meninggalnya.

657 - Perang Siffin terjadi antara kekuatan Ali dan Muawiyah yang adalah sepupu Utsman, Muawiyah menolak taat kepada Ali sebelum para pembunuh Utsman diadili dan diberikan hukuman.

Muawiyah adalah Gubernur Syuriah yang memiliki kekuatan sangat besar dalam kekhalifahan Islam.

658 - Ali berunding dengan Muawiyah, dengan perantaraan pihak ketiga yang disepakati bersama.

658 - Kelompok Khawarij yang tidak menyetujui hasil perundingan antara pihak Ali dan Muawiyah melakukan usaha pembunuhan baik kepada Ali maupun Muawiyah.

Ali terbunuh, sementara Muawiyah selamat dari usaha pembunuhan oleh kelompok Khawarij.

(Bersambung)

-----

Artikel di atas adalah salah satu dari beberapa artikel yang ditulis oleh Aryandi Yogaswara dalam Buku Hikmat - Membangkitkan Ruh Pancasila.

Untuk membaca Buku Hikmat secara lengkap, termasuk lanjutan artikel di atas mengenai sejarah Islam bisa mengunjungi blog:

http://bukuhikmat.blogspot.co.id 

Aryandi Yogaswara

/aryandi

Penulis, Penyair, Penjual Buku dan Madu Liar Asli. Tinggal di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana