Wibi Alwi Surya Kuncoro
Wibi Alwi Surya Kuncoro Administrasi

Saya adalah seorang penulis blog lepas, Photographer, yang masih aktif bekerja di sebuah perusahaan Kontraktor swasta di Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan untuk Kendaraan

16 Desember 2016   03:07 Diperbarui: 16 Desember 2016   08:59 40 0 1

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan adalah jawaban bagi siapapun yang menginginkan dunia yang lebih baik. Sejak dahulu, salah satu isu paling hangat dan yang paling banyak mendapatkan perhatian adalah 'polusi' yang sebagian besarnya disebabkan oleh kendaraan. Hal tersebut tidak lepas dari bahan bakar minyak (BBM) yang digunakan untuk kendaraan yang kita operasikan setiap hari.

Sebagai pemasok dan distributor terbesar BBM berkualitas di Indonesia, Pertamina memiliki solusi untuk mengurangi polusi agar Indonesia memiliki udara yang lebih sehat sehingga masyarakat pun secara otomatis juga akan lebih sehat dan lebih bisa berprestasi.

Bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan
Sejak 2015, Pertamina telah mengeluarkan bahan bakar varian terbaru yang tidak hanya bisa menjadi solusi untuk mengatasi polusi namun juga memiliki beberapa dampak positif bagi pengguna kendaraan maupun kendaraan itu sendiri.
Bahan bakar terbaru yang didistribusikan oleh Pertamina yang saat ini sudah bisa dinikmati di lebih dari 34 kota atau Kabupaten di Indonesia adalah bahan bakar yang cocok untuk kendaraan roda dua maupun roda empat berukuran menengah. Bahan bakar tersebut memiliki RON dengan level 90 (research octane number). Lebih baik dibandingkan dengan Premium yang memiliki level RON 88, namun lebih rendah dibandingkan dengan Pertamax yang memiliki RON di level 92.

Apa saja keunggulan BBM ramah lingkungan terbaru dari Pertamina tersebut?

1.    Ramah lingkungan


Kondisi bumi dan lingkungan dari tahun ke tahun semakin mengkhawatirkan. Salah satu penyebabnya adalah polusi dari kendaraan. Akibat polusi kendaraan bermotor, ada berbagai dampak yang ditimbulkan, diantaranya adalah :

  • Lapisan ozon di bumi semakin menipis sehingga kondisi bumi pun semakin panas dan cuaca semakin tidak menentu.
  • Manusia yang tinggal di bumi juga merasakan dampaknya. Diantara beberapa dampaknya adalah: Menyebabkan sistem pernapasan manusia terganggu serta menyebabkan kulit kusam dan kanker.
  • Bagi tumbuhan, polusi menyebabkan fotosintesis mereka menjadi terganggu.
  • Plankton sebagai makanan utama ikan juga mengalami penurunan jumlah.
  • Yang paling mengkhawatirkan, CO2 (karbon dioksida) yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor dari hasil pembakaran yang tidak sempurna dapat menyebabkan kadar O2 (oksigen) yang ada di bumi semakin menurun.

Melihat dampak tersebut, maka sudah sewajarnya apabila kita harus peduli terhadap lingkungan. Salah satu solusinya adalah seperti yang ditawarkan oleh PT. Pertamina, yaitu dengan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan yang hasil pembakarannya lebih sempurna sehingga bisa membantu mengurangi polusi lingkungan.

2.    Mesin kendaraan jadi lebih awet
Agar mesin kendaraan tidak mudah rusak kita dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar dengan kualitas tinggi yang tidak ada kandungan timbal dan kandungan sulfur-nya rendah.
Akan tetapi, masalahnya, bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, harga BBM seperti Pertamax dianggap masih terlalu mahal. Agar tetap bisa berkontribusi dalam mengurangi polusi, Pertamina pun memberikan kita opsi lain berupa bahan bakar minyak (BBM) Pertalite yang harganya jauh lebih terjangkau.

Pertalite sendiri merupakan BBM oktan tinggi harga terjangkau yang sudah memenuhi syarat ketahanan (durability) yang memberikan jaminan tidak menyebabkan kerusakan dan gangguan pada mesin. Cara kerjanya, Pertalite memiliki kandungan anti korosi, aditif deterjen, serta memiliki kemampuan memisahkan air dengan BBM. Sehingga, bisa membantu menghambat korosi maupun pembentukan deposit di dalam mesin kendaraan.
3.    Tarikan kendaraan jadi lebih enteng
Jika menggunakan bahan bakar yang lebih baik dan berkualitas, selain konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit, mengurangi efek kerusakan pada mesin, bahan bakar berkualitas juga bisa meningkatkan performa mesin sehingga tarikannya menjadi lebih enteng dan lebih responsif.
Begitu juga dengan kecepatan maksimal yang bisa diraih, bahan bakar berkualitas bisa memberikan dampak yang signifikan pada kecepatan namun tetap menawarkan emisi gas buang yang bersih dan ramah lingkungan.

4.    Harganya terjangkau
Bagi masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah, untuk membeli Pertamax atau Pertamax Turbo sudah pasti terasa sangat berat. Berbeda halnya dengan Pertalite yang ditawarkan pada kisaran harga Rp 6900-Rp 7300. Harga untuk Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Nusa Tenggara, sekitar Rp 6900 per liter. Sedangkan untuk luar Jawa seperti Kalimantan dan Sulawesi harganya mencapai Rp 7.100.

Jika ingin membantu menjaga lingkungan dan peduli terhadap kesehatan, seharusnya mulai saat ini kita tidak perlu lagi ragu untuk berkontribusi, karena Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan sudah semakin terjangkau. Sehingga siapapun bisa membantu menjaga bumi agar tetap menjadi tempat tinggal yang sehat dan menyenangkan bagi kita maupun anak cucu kita di masa yang akan datang.