Ardiansyah Taher
Ardiansyah Taher Sociolinguist

Music, Sports, Languages

Selanjutnya

Tutup

Bola highlight headline

Star Sixes, Piala Dunia Kecil Para Legenda Hidup Sepak Bola

17 Juli 2017   08:17 Diperbarui: 17 Juli 2017   09:05 420 3 1
Star Sixes, Piala Dunia Kecil Para Legenda Hidup Sepak Bola
Aksi Owen vs Puyol (Starsixes.com)

Para mantan bintang sepak bola yang pernah manggung di pentas tertinggi Piala Dunia turut serta dalam turnamen sepak bola gaya baru ini. Sebut saja Del Piero, Steven Gerrard, Robert Pires, Roberto Carlos, hingga Rivaldo ikut bertanding membela negaranya dalam pertandingan yang dimainkan 12 orang (6 lawan 6) dalam satu lapangan indoor. 

Pires memasuki lapangan pertandingan (Starsixes.com)
Pires memasuki lapangan pertandingan (Starsixes.com)

Bukan Futsal, bukan pula Mini Soccer; Ini adalah Star Sixes; sebuah turnamen yang baru saja digelar Star Sixes c/o Pitch International dengan 12 negara peserta langganan Piala Dunia:  Spanyol, Skotlandia, Inggris, Meksiko, Brazil, Nigeria, Italia, Tiongkok, Denmark, Jerman, Perancis, dan Portugal. Tak heran turnamen ini juga dijuluki "Piala Dunia kecil" atau "Piala Dunia mini". Para negara peserta dibagi ke dalam 3 grup yang berisikan masing-masing 4 tim nasional. Gelaran perdana Star Sixes ini dihelat di The O2, sebuah indoor stadium berkapasitas 20 ribu penonton yang megah dan ternama di Kota London, Inggris.

Tim Star Sixes Inggris (Starsixes.com)
Tim Star Sixes Inggris (Starsixes.com)

Tim Star Sixes Italia (Starsixes.com)
Tim Star Sixes Italia (Starsixes.com)

Menggunakan sepatu sepakbola dan bola ukuran 5 di atas rumput sintetis layaknya mini soccer, Star Sixes juga mengadaptasi sebagian besar peraturan Futsal dan Mini Soccer. Akan tetapi, dalam Star Sixes hanya dibatasi 10 orang pemain saja dalam satu tim (termasuk seorang penjaga gawang).

Peraturan umum dan standar kelayakan peserta Star Sixes juga kompetitif dan tidak sembarangan, diantaranya adalah pemain harus pernah setidaknya satu kali tampil membela tim nasionalnya. Namun usia peserta Star Sixes tidak dibatasi.

Untuk waktu pertandingan juga berbeda dengan Futsal atau Mini Soccer. Setiap pertandingan Star Sixes di fase grup berdurasi 20 Menit tanpa jeda (Half Time). Pada fase gugur (Knock-out Stage) hingga partai Final, waktu akan ditambah menjadi 30 menit yang akan dibagi dalam 2 babak. Seperti halnya Futsal dan Mini Soccer, Star Sixes tidak mengenal aturan Throw in dan Offside.

Perancis, sang juara Star Sixes 2017 (Goal.com)
Perancis, sang juara Star Sixes 2017 (Goal.com)
Turnamen ini pun akhirnya dijuarai oleh Perancis setelah mengalahkan Denmark 2-1 di partai final lewat gol yang dicetak Giuly dan Djorkaeff. Robert Pires dan kolega pun berhak atas trofi juara Star Sixes untuk yang pertama kalinya.

Star Sixes sendiri diadakan demi memberikan kesempatan bertanding (lagi) para legenda hidup sepak bola dunia dalam sebuah turnamen antar negara yang kompetitif dengan cara yang baru. Semangat ini tentu menghadirkan respon positif kepada seluruh pecinta sepak bola yang rindu akan aksi-aksi legendaris mereka di lapangan hijau.

Dari Futsal, Mini Soccer, dan kini Star Sixes. Tentu kita berharap Star Sixes rutin digelar dalam format liga atau antar klub karena olahraga ini menarik dan sangat seru untuk disaksikan.

Sepak bola terus berkembang dengan berbagai jenis pertandingannya. Di Indonesia sendiri stadion Mini Soccer mulai menjamur di tengah maraknya gelanggang olahraga (GOR) Futsal di kota-kota besar di Indonesia. Akankah sepak bola sejenis Star Sixes ini akan booming di Indonesia? Kita lihat saja nanti.