Mengapa Saham Facebook Jatuh?

23 Mei 2012 03:19:16 Dibaca :
Mengapa Saham Facebook Jatuh?
Saham fb yang terus terkoreksi (Sumber Photo : infowars.com)

Dua hari setelah peluncuran saham facebook (fb) mengalami penurunan dari harga perdananya 11%, sebelumnya saham fb sempat mengalami titik tertingginya di level $45. Saham ini diluncurkan pada level $38 perlembar. Banyak pengamat menilai ini adalah hasil dari ekspektasi yang berlebihan.

Saya sendiri yang sudah belasan tahun bermain saham di BEJ, melihat bahwa ini bukan saja ekspektasi yang berlebihan atas saham fb itu sendiri tapi kemungkinan dari nilai saham itu dalam jangka panjang, saya jadi ingat kasus demam dot.com di awal tahun 2000-an yang banyak merugikan investor karena penggelembungan harga perdana saat IPO.

Sebuah saham harusnya memiliki nilai fundamental jangka panjang diluar hitung-hitungan buku (Book Value) dimana nilai itu tercantum secara implisit dari potensi pasar yang akan diraih. Potensi utama pasar fb yang dijual pada IPO kemarin adalah 'user' dari fb. Tapi apa keuntungan peraihan user yang banyak itu bagi pertumbuhan nilai perusahaan? -fb belum menjadikan dirinya sebagai perusahaan transaksi besar di dunia, dan belum bisa menggantikan posisi Google. Apalagi Google terus melawan dengan membangun berbagai aplikasi-aplikasi baru yang kemungkinan bisa memperkecil pasar fb yang selama ini mau menggantikan posisi google sebagai 'mesin pencari' di Internet.

Ada yang aneh sejak awal IPO fb, yaitu penggelembungan nilai pada saat IPO oleh penjamin emisi-nya Morgan Stanley, entah penilaian apa yang ia lakukan, pada saat rumor keluar angka US$5 milyar pasar menjadi gempar, tapi nyatanya harga IPO melambung jadi US$ 18,4 milyar penggelembungan sampai 368% dari angka estimasi awal saja sudah menunjukkan, potensi keuntungan di pasar sekunder jadi selama jangka pendek, sudah ada penggerusan nilai fb dimana 'ruang spekulasi' bagi para banyak penggoreng harga tipis untuk melakukan pertumbuhan setidak-tidaknya 20% pada kuartal pertama setelah hari-H IPO.

Apakah saham fb memiliki potensi besar jangka panjang?, kemungkinan besar iya, karena dengan dana 156,6 trilyun fb bisa saja melakukan perambahan pasar-pasar baru, tapi ini musti ditunggu dan sifatnya masih spekulatif. -yang jelas dari sisi harafiah fundamental perusahaan, perusahaan fb ini hanya menyajikan 'keunggulan jumlah user' bukan sebagai sebuah situs transaksi besar atau situs pencari.

-Anton DH Nugrahanto-.

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?