Mohon tunggu...
Irfan Hanif
Irfan Hanif Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Stay healthy

Berhenti bersikap ragu-ragu dan bimbang, teruslah menatap ke depan demi masa depan yang cemerlang...

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sukses di Negeri Orang

5 Agustus 2018   21:26 Diperbarui: 5 Agustus 2018   21:56 396
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kiat yang diraih untuk mencapai kesuksesan yang sangat luar biasa adalah dengan berusaha keras dan semaksimal mungkin, tak kenal lelah, serta berbagai macam rintangan dan juga tantanganpun dilalui dengan rasa percaya diri yang tak pernah mati. 

Banyak sekali seseorang yang sudah bisa dikatakan sukses di negeri orang lain, dalam arti bukan sukses di negeri dimana ia dilahirkan serta dibesarkan. Untuk menggapai itu semua butuh waktu yang sangat lama dan perjuangan yang begitu luar biasa, tak peduli orang lain mengatakan apa terhadap dirinya.

Yang terpenting adalah ia bisa bahagia, nyaman, dan tidak merasa tertekan sedikitpun terhadap yang sedang dijalaninya untuk bisa meraih itu semua. Seseorang yang sudah sukses di negeri orang terbilang cukup banyak atau mungkin sudah sangat banyak. 

Contohnya yang membuat saya merasa terkagum-kagum dan tersanjung adalah suksesnya seorang pendiri Marvell Technology Group yang bernama Bapak Sehat Sutardja (bisa dicari di google ya :D). Ia adalah seorang pengusaha yang sangat makmur dan bisa dikatakan luar biasa sekali, sehingga mampu mendirikan perusahaan Marvell tersebut di Amerika Serikat. Bapak Sehat Sutardja yang lahir di Indonesia itu, sekarang tinggal dan menetap di Amerika. 

Awalnya saya mengetahui hal ini dari dosen saya yang menjelaskan tentang materi kuliah mengenai diaspora dan orang-orang yang sukses dalam diaspora. Menurut info, diaspora itu adalah orang-orang yang tinggal di luar Indonesia. 

Bisa karena pekerjaan, sekolah, atau ada kegiatan lainnya yang mengharuskan mereka untuk tidak pulang ke Indonesia untuk sementara waktu atau bahkan akan menetap di luar negeri selamanya. Jadi pada saat kegiatan kuliah itu berlangsung saya merasa mendapatkan inspirasi dari orang-orang yang sukses di negeri orang tersebut.

Sebenarnya pada saat itu, dosen saya memberi 3 contoh orang-orang diaspora yang sukses di luar negeri. Namun, hanya nama Sehat Sutardja saja yang saya ingat :D. Setelah itulah saya memulai untuk browsing di internet tentang beliau. Saya begitu banyak baca, dan benar-benar kagum atas keberhasilan serta kerja kerasnya akan perusahaan yang ia dirikan. Menurut info yang saya baca di: 

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/01/05/sehat-sutardja-contoh-diaspora-indonesia-yang-sukses-di-as 

Sehat Sutardja (diaspora Indonesia) juga sempat masuk ke dalam kategori daftar orang terkaya di Amerika Serikat pada tahun 2007 dan memegang lebih dari 90 paten di AS. Sungguh perjuangan yang menakjubkan bagi dirinya, dan menurutnya lagi kunci kesuksesannya itu terletak pada kerja keras, pantang menyerah, passion yang tinggi, dan faktor keberuntungan. 

Dan untuk perusahaannya yang bernama Marvell itu berasal dari kata Marvelous yang berarti 'menakjubkan'. Nama itu juga mencerminkan harapan Bapak Sehat Sutardja agar Marvell bisa menjadi perusahaan nomor satu di dunia. 

Ketika itulah saya mulai termotivasi untuk bisa selalu semangat dan pantang menyerah demi mendapatkan apa yang saya inginkan, terhadap hasil kerja keras saya selama ini. Bila merasa down atau merasa lelah, saya berusaha mencari cara bagaimana supaya semangat ini bisa bangkit kembali. Entah itu melakukan hobi, mendengar motivasi seseorang dan masih banyak lagi (maaf jadi curhat :v).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun