HIGHLIGHT

Sukses, Penyelenggaraan Pelatihan Blog Guru Angkatan Kedua

21 November 2011 03:49:22 Dibaca :
Sukses, Penyelenggaraan Pelatihan Blog Guru Angkatan Kedua

Ruang Rapat Kantor Pemerintah Kota Bekasi, Minggu 20 November 2011 telah terlihat ramai, ketika saya tiba. Hari itu, saya akan menjadi pembawa materi dalam acara Pelatihan Blog Guru Angkatan Kedua yang diadakan oleh Komunitas Blogger Bekasi, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Bekasi dengan didukung oleh salah satu provider telekomunikasi terkemuka di Indonesia, Indosat. Berbeda dengan Angkatan Pertama yang mengambil tempat di aula Islamic Center Bekasi, kali ini, berkat kerjasama yang baik antara Komunitas Blogger Bekasi dengan Pemerintah Kota Bekasi dalam hal ini bagian Telematika, akhirnya memperoleh tempat yang representatif di ruang rapat Pemkot Bekasi Jl.Ahmad Yani. Tidak hanya itu, dengan belajar dari pengalaman sebelumnya, sponsor kegiatan, Indosat, melipat gandakan kapasitas akses poin hot-spot menjadi 5 buah. Dengan demikian para peserta akan lebih mudah melakukan praktek pembuatan blog lewat koneksi internet yang handal dan stabil. Bila di Islamic Center, para peserta sedikit kesulitan dalam mempergunakan laptopnya karena duduk di kursi kuliah yang memiliki ruang terbatas untuk menempatkan laptop, maka di ruang rapat Pemkot Bekasi ini, menjadi lebih leluasa karena disediakan meja dengan area penempatan laptop yang lebih luas.

Saya mengawali acara dengan materi tentang penulisan dan blogging yang dipandu oleh mbak Indah Juli sebagai moderator. Saya menyajikan materi yang sama seperti yang sudah saya sampaikan dalam Pelatihan Blog Guru Angkatan pertama lalu. Saya sangat terkesan pada antusiasme para peserta yang beberapa diantaranya justru sudah memiliki blog dan memberdayakan blog yang dimiliki sebagai sarana interaksi bersama murid-muridnya.

Setelah saya membawakan materi, dengan dipandu blogger "jawara" Bekasi Utara Bang Komaruddin Ibnu Mikam, Mas Masim"Vavai"Sugianto tampil membawakan materi "Pembuatan Blog dengan Wordpress". Kedua putra asli Bekasi ini benar-benar kompak dan padu menyajikan materi. Yang menarik, sebelum masuk ke materi utama Mas Vavai sempat berbagi pengalamannya ngeblog bahkan memutarkan sebuah film motivasi singkat untuk para guru untuk tidak takut untuk memulai dan belajar sesuatu yang baru. Lebih percaya diri dan tidak malu mengakui kekurangan serta terus bersemangat dalam menggapai impian.

Materi mas Vavai dibawakan secara ringkas dan selanjutnya, para peserta melakukan praktek pembuatan blog masing-masing dipandu oleh sejumlah co-tutor yang berasal dari Komunitas Blogger Bekasi. Memang alokasi materi yang bersifat praktek ini relatif lebih panjang dari materi lainnya karena memang dibutuhkan waktu lebih lama hingga benar-benar setiap peserta bisa membuat blog sendiri. Bila pada pelatihan angkatan pertama sebelumnya ada sesi pembuatan email, maka di angkatan kedua ini--demi efektivitas waktu -- langsung masuk ke materi utama. Sempat terjadi masalah berupa pesan "error" saat mengaktivasi blog dan disinyalir masalah ini terjadi karena server Wordpress mengidentifikasi ada banyak yang mengakses aplikasi pembuatan blog disaat yang sama. Kendala ini coba diatasi dengan melakukan pembuatan blog secara bergiliran dengan bimbingan satu persatu serta melakukan alternatif akses salah satunya melalui portable hotspot Samsung Galaxy Tab yang dimiliki mas Vavai.

Seusai makan siang dan istirahat, dilanjutkan dengan materi "Etika Blogging" yang dibawakan oleh mbak Indah Juli, kemudian materi "Mobile Blogging" oleh Endy Kurniawan dari Indosat (serta ada sharing tambahan dari mas Hazmi Srondol tentang blogging dan menulis buku), akhirnya materi pamungkas disajikan oleh Pak Wijayakusumah yang akrab dipanggil Om Jay dengan materi "Menggunakan Blog sebagai Media Pembelajaran".  Acara ini ditutup pada pukul 16.30 diakhiri pemberian sertifikat.

Sampai jumpa dalam Pelatihan Blog Guru Angkatan Ketiga bulan depan!

Amril Taufik Gobel

/amriltg

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Pria metropolis dan kurang atletis yang lahir di Hari Kamis ini hanyalah seorang blogger narsis, kerap berpakaian necis serta menghindari hal yang najis-najis. Lelaki Berkumis tipis ini juga menggemari kue pukis dan sayur buncis. Sangat jarang meringis karena senantiasa memamerkan senyum manis yang selalu bikin hidung gadis kembang kempis. Begitu kepingin berwisata ke Paris, meski hanya sekedar pipis dibawah gerimis. Lelaki kelahiran Makassar,9 April 1970 ini, tinggal di Cikarang bersama istri dan kedua buah hatinya, Rizky dan Alya. Menulis dan ngeblog adalah sebuah aktifitas bagi dirinya untuk curhat sekaligus melampiaskan hasrat. Prinsipnya sederhana: "Low Profile, High Libido!" :)). Kunjungi "rumah virtual"-nya di www.daengbattala.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?