Mohon tunggu...
Lyfe

Pengalaman Masuk ke SMAN 16 Bekasi

23 Agustus 2017   06:35 Diperbarui: 23 Agustus 2017   07:02 460
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Perkenalkan nama saya amalia tirtasari amerta biasa dipanggil alia/alya. Saya berasa dari SMPIT RAUDHATUL MUTTAQIN, bekasi. Saya akan menceritakan pengalaman saya untuk memdapatkan bangku di SMAN 16 bekasi.

Saat saya masih duduk di bangku kelas 9, saya disibukan diri dengan PM (pendalaman materi), untuk persiapan UN (ujian nasional). Biasanya sebelum ujian nasional, diadakan try out terlebih dahulu, entah itu try out dari sekolah/try out provinsi. Disekolah saya PM biasanya dilaksanakan pada hari sabtu, pada pukul pagi hari hingga siang hari. Pelajaran yang dipelajari untuk ujian nasional itu hanya 4 yaitu, matematika, ipa, bahasa inggris dan bahasa indonesia.

Biasanya disekolah saya, satu hari menjelang UN diadakan muhashabah, biasanya kami bersalam-salaman dengan guru, para orang tua, dan adik kelas. Biasanya ada hari libur menjelang UN yang biasa disebut "hari tenang". Selama hari tenang, saya benar-benar fokus belajar buat UN, bahkan saya dan teman-teman saya tidak membuat acara main bersama.

Saat UN pertama dimulai, saya terus berdoa kepada allah swt semoga dimudahkan dan dilancarkan dalammengerjakan soal. Untungny tadi saat ujian belum dimulai saya sempatkan membaca ulang soal-soal yang pernah saya pelajari. Ketika ujian pertama selesai, saya segera membuka buku-bukh yang tadi saya baca sebelum ujian dimulai, ternyata ada beberapa soal yang sama.

Pas hari terakhir ujian, saya bersyukur karena ujia telah berakhir. Tapi saya masih tetep takut kalau nilai saya jelekz, tapi orangtua saya bilang banyakin berdoa kepada allah swt. Setelah UN telah berakbir, disekolah saya mengadakan perpisahan ke jogja selama 5 hari. Setelah perpisahan selesai, saya latihan wisuda bersama anak ad dan juga tk.

Pas wisuda tiba, saya sudah takut kalau hasilnya tidak memuaskan, tapi saya tetep berfikir positif. Ketika guru saya membagikan hasil nem, saya langsung membukanya, pas saya lihat nem saya ternyata hasilnya lumayan. Setelah wisuda, saya belum memikirkan mau masuk sma mana, tapi waktu itu saya mau banget masuk negeri, karena tk sampai smp swasta mulu, pilihan pertama saya itu SMAN 11 bekasi, tapi saya juga kedepak disitu.

Pas saya tau kalo saya kedepak di 11, saya sempat putus asa, karna saya pengen banget masuk 11. Setelah itu saya bingung mau cari sma mana lagi, orangtua saya nyaranin, kalo saya gabisa masuk negeri saya bakal dimasukin swasta lagi. Teman-teman saya menyaranin saya, buat masuk  SMA 17 bekasi. Tapi pas saya bilang ke orangtua saya mereka enggak setuju.

Awalnya saya enggak tau, kenapa orang tua saya enggak setuju kalau saya masuk SMA 17, ternyata karena jarak dari rumah saya kesana terlalu jauh dan SMA 17 juga termasuk daerah macet. Setelah enggak dapet izin, sya bingnung mah kemana lagi, akhirnya ayah saya nyaranin buat masuk SMA 16 bekasi. Tadinya saya enggak tau SMA 16, tapi setelah saya searching, saya jadi tau dan ternyata jarak dari rumah saya ke sana lumayan dekat, terus saya juga nanya ke teman-teman saya, ternyata banyak yang masuk 16.

Saya dan teman-teman saya yang mau msuk ke 16, ingjn melihat sekolahnya. Makanya pad hari sabtu kita pergi ke SMA 16. Pas kita nyampe, ada beberapa teman-teman saya yang bilang kalo SMA 16 jelek, enggak ada pager, sempit/kecil, dll. Tapi bagi saya sejelek apapun sekolah, sekolah itu tetap tempat menuntut ilmu. Menurut saya masuk SMA 16 tidaklah mudah, kita juga harus saling bersaing dengan teman-teman lainnya.

Jujur, saya sebenarnya udah putus asa duluan. Saya takut kalau gabisa masuk 16, tapi saya terus berdoa dan dimudahkan buat masuk SMA 16. Ternyata di 16 yang daftar sangat banyak, saya berfikir berarti saya harus bersaing dengan banyak orang. Saya mendaftar lewat jalur zonasi, jalur zonasi itu kayak semacam kita mendaftar di suatu sekolah lewat jatak rumah, itu yang saya tau.

Ketika pengumuman siapa aja yang lolos zonasi, saya tidak ikut ke 16, karena saya harus menjaga adik saya, dan yang pergi kesana itu orangtua saya. Selama dirumah saya takut gabisa masuk 16, tapi saya terus berdoa, saya juga meminta teman2 dan sodara saya untuk mendoakan saya. Pas orangtua saya pulang,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun