ACCU atau biasa kita sebut AKI merupakan salah satu part yang mempunyai peran penting pada sistem kelitrikan sepeda motor yang kita miliki. Fungsi dari Aki itu sendiri untuk menyimpan arus listrik yang dihasilkan dari kumparan sepul (srator comp).
Kemudian arus listrik tersebut akan disuplai untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan sepeda motor kita. Misalnya, untuk menggunakan starter, lampu sign, kelakson, sampai lampu utama untuk beberapa jenis motor yang menggunakan sistem arus DC. Mengingat pentingnya fungsi aki kita perlu kesadaran lebih untuk menjaganya agar tetap dalam kondisi prima.
Kali ini saya akan mencoba berbagi apa yang saya alami hari ini. Ketika sedang mengisi bensin di SPBU secara tidak sengaja saya menemukan sesuatu yang aneh pada aki motor yang biasa saya gunakan. Kabel Aki pada terminal min (-) terlalu pendek. Karena khawatir kabel tersebut putus akibat terlalu narik, saya pun coba mengakalinya dengan cara menyambung.
Pertama-tama saya menggabungkan kedua terminal kabel skun dengan menghubungkan kabel aki yang sudah saya gunting, dengan cara menjepit kedua ujung terminal kabel skun menggunakan tang. Setelah selesai, sambungan kabel aki itu siap dipasang.
Kemudian pemasangannya juga mudah, cukup dengan mengikatnnya dengan baut aki. Berhubung kabel sambungan yang saya buat ini ternyata hasilnya agak panjang, sehingga saya perlu sedikit menyesuaikan posisi kabel dengan posisi aki.