Jejen Al Cireboni
Jejen Al Cireboni Karyawan

Hidup adalah Perjalanan Cinta, mengisi perjalanan dan menuju perjalanan akan indah jika kita saling berbagi dan dan selalu menjaga hati untuk mengapai Cinta & RidhoNya

Selanjutnya

Tutup

Supaya Kelengkeng Cepat Berbuah dan Tidak Rontok

20 Juni 2017   11:44 Diperbarui: 20 Juni 2017   11:51 37 0 1
Supaya Kelengkeng Cepat Berbuah dan Tidak Rontok
pohon kelengkeng meski tingginya setinggi bocil tapi sudah berbuah | DOK.PRIBADI

Buah kelengkeng siapa yang tidak menyukainya, rasanya yang manis dan menyegarkan membuat kita seakan tidak mau berhenti menikmati buahnya. Begitu juga dengan anak-anak umumnya menyukai buah kelengkeng ini, bahkan bukan cuman suka tapi doyan. Atas alasan itulah bukan cuman buahnya yang laku tapi juga pohon kelengkeng ini menjadi pohon buah yang sangat laku dijual  dan buah yang pohon buah yang banyak ditanam saat ini.

Segala sesuatu membutuhkan waktu, termasuk ingin pohon kelengkeng yang kita tanam itu berbuah dan ada kebahgisan dan kesenangan tersendiri saat kita memakan buah dari pohon yang kita tanam dan kita rawat sendiri. Karena banyak yang suka penjual pohon kelengkeng juga ada yang melakukan teknik penyambungan pada pohon kelengkeng yang dijual yaitu menjual pohon kelengkeng yang sudah berbuah, dan sayangnya ini ada yang tidak seperti itu yaitu cuman hasil penyambungan saja, makanya pas ditanam dalam rumah ya ujung-ujungnya buahnya rontok dan lama tidak berbuah lagi.

Ada juga yang punya keyakinan kalau pohon kelengkeng ini seperti pohon salak dan pohon kurma, yaitudalam hal daunnya ada yang jantan saja dan ada yang betina jadi harus dikawinkan dahulu, ini diakibatkan kerena pohon kelengkengnya itu tidak berbunga-bunga atau ada yang berhasil berbunga tapi bunganya itu selalu rontok tidak sempat jadi buah.

Saya menulis artikel ini mempercepat pembungaan  sekaligus mempercepat pembuahan pohon klengkeng serta memperkuat daun dan buahnya dengan metode pemupukan, yaitu menggunakan Pupuk Organik Cair Murni Biogan untuk buah-buahan termasuk kelengkeng. Seorang rekan kerja saya menceritakan dia pernah membawa POC Biogan ini pada kekasihnya dan kebetulan ibu kekasihnya inii adalah seorang ketua Kelompok Wanita Tani di blok Seureuh Beureum desa Sidawangi Kec Sumber Kabupaten Cirebon .

So, kapan pohon kelengkeng di halam rumah Anda mau berbuah ?

batang pohon kelengkeng pun tidak besar tapi sudah berbuah | DOK.PRIBADI
batang pohon kelengkeng pun tidak besar tapi sudah berbuah | DOK.PRIBADI

Ibu sana menceritakan pohon kelengkeng yang setinggi anak paling kecilnya ini pernah berbuah dan sayang buahnya ini selalu dipetik anaknya ini. Meski dahannya masih kecil dan tingginya tidak terlalu tinggi tapi pohon kelengkengnya terbukti berbuah dan tidak rontok baik  bunga dan buahnya .

Begitu juga dengan ibunya Ares yang tinggal di desa Pengampon Kec Klangenan kab.Cirebon ini bercerita bahwa pohon klengkengnya itu selalu saja rontok bila berbunga, setelah aplikasi 1 tutup botol biogan ditambah air 1 gayung diaplikasikan setiap minggu pohon kelengkengnya itu berbuah , betapa senang hatinya begitu dengan ibunya yang sangat suka dengan tanaman, tapi sayang pada saat mau masak buah kelengkengnya itu raib dicuri .

Pupuk Organik cair Murni Biogan untuk kelengkeng dan buah-buahan | DOK.PRIBADI
Pupuk Organik cair Murni Biogan untuk kelengkeng dan buah-buahan | DOK.PRIBADI