Jejen Al Cireboni
Jejen Al Cireboni Karyawan

Hidup adalah Perjalanan Cinta, mengisi perjalanan dan menuju perjalanan akan indah jika kita saling berbagi dan dan selalu menjaga hati untuk mengapai Cinta & RidhoNya

Selanjutnya

Tutup

Hijau

Bagaimana Meningkatkan Produksi Padi, 1 Hektar Bertambah 1 Ton Gabah?

13 September 2017   16:18 Diperbarui: 13 September 2017   16:48 318 0 0
Bagaimana Meningkatkan Produksi Padi, 1 Hektar Bertambah 1 Ton Gabah?
menigkatkan produksi panen padi 1ha bertambah 1 ton gabah| Dokumentasi pribadi

Ini pertanyaan Bapak Ir. Sujadih Kangoloh , kepada saya di padepokan Biogan , menceritakan kalau Pupuk Cair Organik ramuannya itu bisa meningkatkan produksi panen padi untuk 1 ha bisa sampai dengan 1 ton penambahannya  atau kalau terlalu banyak setengah  ton saja, ini padahal belum menggunakan sistem legowo.

Konsultan tanaman pangan ini menceritakan kiat meningkatakan produksi panen padi dengan cara intensif . Yaitu dengan cara pemupukan yang tepat, tepat waktu, tepat komposisi dan tepat caranya . Berikut cerita -cerita sukses gemilang meningkatkan produksi padi oleh pupuk organik cair ramuan dari Bapak Ir Sujadih Kangoloh ini 

Dari Pusmalang Pakem tanaman padinya meningkat produksi panennya 40% dari biasanya dan panen lebih cepat 1 (satu) minggu.

Dari Indramayu Biasanya dengan jenis padi yang sama hanya mencapai 4,2 ton perhektarnya,namun diluar dugaan saya menggunakan Biogan hasilnya mencapai 8,7 ton per hektar.

Dari Panguragan Cirebon Menggunakan pupuk organik ramuan sejak lama dan telah merasakan hasilnya. Sebelum menggunakan Biogan biasanya hanya panen 5,1 ton per hektar tetapi sejak menggunakan Biogan mampu 9,7 ton rata-rata per hektar. Lahan saya pernah dikunjungi Bupati,wawancara cetak maupun televisi. Kalau menggunakan Biogan biasanya tanaman lebih tinggi, daun lebar dan lemas, serta warnanya hijau segar, mungkin itu penyebab utama hasil bisa meningkat drastis.

Dari Nagasari -- Boyolali, padi membrano hasil sebelum menggunakan Biogan berkisar 7 ton per Hektar, setelah menggunakan Biogan setengah tidak percaya sebelumnya ternyata mampu diperoleh hasil 14,6 ton per hektar. Kemudian lahan saya digunakan untuk lomba supra insus tingkat nasional.

Dari Gajah Demak padi IR-64 .Setelah menggunakan Biogan terasa sekali hasilnya, karena benar-benar bisa meningkatkan panen dengan aman. Baru kali ini ada POC yang sanaggup meningkatkan hasil secara nyata cukup besar. Hasil panen setelah menggunakan Biogan 14,41 ton per hektar. Bulir padi "mentes", jumlah kerontokan lebih sedikit, rendemen rendah.

Ini kisah kisah sukses di tahun 1990an , saat itu juga Biogan belum bernama Biogan , tapi formulanya ya sama buatan Bapak Ir. Sujadih Kangoloh , jadi bagai mana caranya meningkatkan produksi 1 ha, bertambah 1 ton , bila terlihat masih tidak mungkin ya bertambah setengah ton setiap ha. 

Pupuk Organik Cair Biogan juga pernah diaplikasikan pada proyek nasional yaitu poyek Kredit Ketahan Pangan (KKP) . 

Juga pernah masuk media massa cetak Jawa Barat .

Meningkatkan produksi padi
Meningkatkan produksi padi


Jadi bagaimana caranya meningkatkan produksi padi ini ? Pupuk Organik Cair Biogan bukan hanya meningkatakan produksi padi tapi juga meningkatkan redemen . Bagaimana caranya ? Sebenarnya caranya sederhana saja, prinsipnya sama mirip kaya zakat fitrah yang melengkapi Puasa Ramadhan sebulan penuh , zakat fitrah kan cuman 2,5 kg bahan makan pokok tapi menyempurnakan puasa kita di bulan Ramadhan. Nah  Cara ini dikhususkan sama dengan cara biasa bercocok tanam padi hanya saja ada tambahan penggunaan Pupuk Organik Cair Biogan ,  Nah ada tambahan aplikasi penggunaan Pupuk Organik Cair Biogan ,yang tepatnya kapan waktunya dan dosisnya seperti ini penggunaanya 

Berikut kata penuturan bapak Ir. Sujadih Kangoloh yang juga konsultan tanaman pangan.

 " Aplikasi kedua, dilakukan pada saat berumur 15 (lima belas) Hari Setelah Tanam/HST.Perlakukan ini dimaksudkan agar anakan perumpun menjadi lebih banyak minimal dapat menambah 20%. Dosis yang digunakn 4 (empat) cc/liter larutan.Ingat minimal itu 20% ya tambah anakannya ".

Ada pertanyaan bagaimana cara 1 ha itu bertambah 1 ton , jawabannya adalah karena anakanya lebih banyak, anakanya berbunga dan semua butir gabah berisi semua maka jelas dan  masuk akal kalau peningkatan produksi bisa tercapai 1 ha bertambah 1 ton .

 Oh ya tips yang lainnya untuk aplikasi POC Biogan adalah 

Kapan Anda mau meningkatkan produksi padi Anda dengan aman dan akrab lingkungan ?