HIGHLIGHT

Sibuk Mikirin Negara, Abraham Samad Dililit Hutang

10 Juni 2012 09:25:35 Dibaca :

Setiap melihat, mendengar atau membaca seseorang mendoakan orang lain karena kebaikan dan kejujurannya, apalagi yang didoakan pejabat atau pemimpin yang tidak mengenalnya ada keharuan tersendiri menyeruak dalam dada. Kadang matapun berkunang-kunang sembari ikut berdoa. Komentar berupa doa sering saya temukan di sebuah blog yang khusus memposting artikel-artikel yang ditulis Dahlan Iskan setiap Senin, banyak pembaca yang berdoa untuk beliau!

Lalu kali ini saya kembali terharu. Adalah Abraham Samad yang diberitakan oleh salah satu media di dunia maya "Abraham Samad belum bayar utang 7 Bulan" , dalam tulisannya disebutkan kekayaan beliau tidak bertambah sejak diangkat jadi pimpinan KPK bahkan menurun nilainya ratusan juta. Beliau juga belum membayar hutangnya sebesar 389 juta sejak Agustus 2011 hingga Maret 2012.

Dalam Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LPHKN) pimpinan KPK  dilaporkan pada 1 Maret lalu, kekayaan Abraham tercatat berharta Rp 2,32 miliar. Nilai itu tak berubah sejak medio Agustus tahun lalu. Total hartanya terdiri dari harta tidak bergerak Rp 1,84 miliar, alat transportasi Rp 422 juta (turun dari tahun lalu yang sebesar Rp 602 juta), dan giro senilai Rp 447 juta (naik Rp 267 juta dari tahun lalu). Kemudian hutang yang belum terbayar sebesar Rp 389.445.150.

Menyaksikan itu banyak pembaca berkomentar menunjukkan kekaguman dan berdoa untuknya. Seperti Niey Mangkoto misalnya menulis : "Ya Tuhan....Bantulah Abraham Samad dalam apapun yg dikerjakannya...dan lindungilah dia dalam kuasa MU selalu...". Lalu Yuli ana : " Abraham orang baik dan jujur, mudahkanlah rezekinya. Aamiin. amin.." dan masih banyak doa-doa lagi untuknya.

Harapan masyarakat juga besar kepada beliau, seperti komentar dari Rida : "beliau adalah satu dari beberapa pejabat negara kita yang masih berada dijalan yang benar... maju terus pak,tegakkan keadilan,berantas korupsi di negara kita..." atau dari Darling : Yesss!...engga usah dilaporin rakyat udah tau tim KPK sekarang produk kejujuran,bukan kaya orang yang cuma ngomong berdiri paling depan menghunus pedang berantas korupsi.P.Abraham habisin semua tuh para koruptor..saya udah beli tambang buat orang yang siap digantung dimonas!"

Ada juga komentar lucu membahas hutangnya misal dari Arif Dwi Cahyo: "Bayar dong Pak.!!! Malu dong masa utang 7 bulan belum dibayar.???Selamat Berjuang Pak Abraham, musnahkan binatang pengerat di bumi pertiwi ini...." Kemudian Shoim : Pak Samad....meskipun ketua kpk anda tetap harus bayar hutang, tidak bisa cash ya nyicillah. Jadi bisa menjadi contoh meski Ketua KPK tetap nyicil utang. Semoga Allah memberi kesehatan dan keselamatan."

Komentar sinis pun juga ada dari Kang Suadma : "saya heran dapat dari mana mereka dapat uang , apakah masuk kpk hanya untuk melebur dosa , heran semuanya bicara milyar , sementara simiskin bicara untuk makan nasi dengan garampun susah . ini orang kpk semuanya bicara milyar. dasar haram jadah orang korupsi didunia ini" kemudian komentar sinis ini dijawab oleh Fifi : "duuh...hanya krn anda nggak punya duit milyaran, gak usah heran dengan orang yang punya duit segitu. Pengusaha restoran, omzet perhari biasanya ada yang sampai 50 juta. jadi jangan mengeneralisir kalo semua orang yang punya uang milyaran pasti koruptor. Dan masih banyak komentar membela lainnya.

Tentang ini saya berpendapat, Dr. Abraham Samad, SH, MH sekarang berusia 45 tahun, berkarir sebagai advokat sejak 1996.  Teman saya ketika baru jadi"calon advokat"  di jakarta  ketika  menjalani training tiga bulan yang kerjanya hanya belajar dari dosen , praktisi hukum dan lawyer pernah bercerita kalau dia sudah digaji pakai dollar Amerika sebesar  $500  tiap bulannya. Sekarang dia sudah bekerja sekitar lima tahun lebih pendapatannya $2000 perbulan. Bahkan kalau proyek besar dan pendapatan besar, bisa lebih besar fee yang didapat katanya. Jadi menurut saya wajarlah kekayaan Abraham sebesar itu karena beliau sudah menggeluti dunia advokat 15 tahun sebelum jadi pimpinan KPK.

Yang menarik adalah sama dengan Pak Dahlan Iskan, ada juga yang menginginkan beliau menjadi RI.1, inilah bukti betapa rakyat sangat haus akan kehadiran seorang pemimpin yang jujur, bersih dan bekerja dengan hati untuk membawa bangsa ini kearah lebih baik.Teruslah bekerja dengan hati, pak Abraham! Kami mendoakan hutangmu segera terbayar, karena kami yakin Tuhan pasti akan memudahkan rezeki bagi mereka yang bekerja bagi kebaikan orang lain dan bangsanya.

Katakan tidak untuk Korupsi!

Mustafa Kamal

/alchemist

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Abdinegara/Apa adanya
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?