Mengukur Jarak Menggunakan Teknologi Laser

11 Agustus 2017   10:49 Diperbarui: 11 Agustus 2017   10:51 87 0 0

Laser distance meter atau alat ukur jarak laser adalah sebuah alat ukur yang secara khusus didesain untuk mengukur jarak menggunakan teknologi laser yang lebih canggih dan dapat memberikan hasil perhitungan dengan lebih cepat dan akurat. Seiring dengan perkembangannya, saat ini alat ukur jarak laser telah hadir dengan desain yang lebih kompak dan fungsional, berbagai fitur menarik pun ditambahkan yang tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan kemudahan dalam menggunakannya, ada beberapa fitur yang ditambahkan dalam alat ukur jarak laser seperti misalnya deteksi otomatis, perhitungan otomatis luas area serta volume ruangan, fungsi memori serta penjumlahan atau akumulasi, panduan gelembung hawa untuk menuntun pada saat dilakukan pengukuran, otomatis mati untuk menghemat daya, fitur indikator nada dan sebagainya.

Dengan berbagai fitur menarik yang dimiliki, tidak heran jika saat ini pengukur jarak menggunakan teknologi laser ini menjadi salah satu jenis alat ukur yang banyak paling dicari, selain alatnya sangat akurat harganyapun cukup terjangkau. Alat ukur ini sangat cocok digunakan untuk berbagai tujuan pengukuran jarak, berbagai penggunaan laser distance meter diantaranya adalah untuk dekorasi ruangan atau bangunan, memastikan ukuran nyata suatu area untuk agen, pengaturan jarak antar tanaman pada perkebunan, teknologi optoelektronik tingkat lanjut, pendeteksian jarak satu objek dengan cepat, perhitungan volume satu ruangan dengan akurat serta cepat.

Laser distance meter ini banyak digunakan untuk kalangan industri, terutama pada industri yang berkaitan dengan bidang kontruksi, distance meter sendiri ialah alat yang bisa melakukan pengukuran jarak dengan cepat dan juga akurat dari sebuah objek ke objek lainnya, alat ini sangat mudah pada saat digunakan, selain itu alat pengukur jarak laser juga memiliki tingkat akurasi pengukuran yang tinggi. dan juga alat ini bisa melakukan penyimpanan dari hasil pengukuran jarak. Oleh karenanya alat ini sangatlah praktis dan efektif.

Untuk nilai akurasi dan juga jangkauan dari alat pengukur jarak laser tergantung dari kondisi cahaya serta reflektifitas dari target objek pengukuran dan tentunya juga kualitas dari produk laser distance meternya itu sendiri. Sekarang ini banyak sekali perodusen yang sudah memproduksi laser distance meter atau alat pengukur jarak laser ini.

Salah satu alasan yang menjadikan alat ukur jarak bertenaga laser ini menjadi semakin diminati adalah meskipun banyak fitur menarik dan lebih canggih yang dimiliki oleh alat ukur ini, harga laser distance meter ini juga relatif terjangkau dan bersaing.