HIGHLIGHT

Sering Makan di Food Court? Check Yuk Ada Apa di Sana!

29 April 2012 04:35:01 Dibaca :
Sering Makan di Food Court? Check Yuk Ada Apa di Sana!

http://turcja.blog.com/2012/03/01/pest-control/

Mall, adalah sebuah tempat perbelanjaan yang selalu berusaha menunjukkan nilai estetika yang tinggi, dari sisi kemewahan, kerapihan, hingga kebersihan. Kebanyakan kaum menengah ke atas lebih memilih untuk berjalan – jalan di mall daripada ke supermarket biasa. Mungkin karena di mall lebih banyak pilihan dari pada pusat perbelanjaan yang lain. Termasuk untuk soal makanan. Masyarakat menengah ke atas biasanya lebih memilih makan di dalam mall daripada di pinggir jalan. Alasannya tentu karena mall dianggap menyediakan makanan yang jauh lebih bersih dan sehat dibandingkan dengan makanan yang di jajakan di pinggir jalan.

Saya juga sempat berfikir tentang itu dahulu. sebelum saya benar – benar memahami bagaimana kondisi yang terjadi di dalam mall. Dan apa saja yang tidak dipahami pengunjung mall tentang kondisi mall yang sebenarnya di balik keindahan serta kemewahannya.

Hampir di semua mall menyediakan fasilitas food court. Food court disediakan entah hanya untuk sekedar duduk – duduk sambil minum kopi, atau ditujukan untuk para pengunjung yang sengaja ingin menyantap makanan yang dijual disana.

Dalam sebuah mall biasa, food court-nya mampu menampung minimal 20 restaurant. Dari makanan tradisional, hingga makanan international. Dari juice, kue, hingga makanan berat semua bisa kita temui disana.

Tahun 2005 – 2006 saya bekerja di sebuah mall terbesar di daerah Cikarang - Bekasi. Saya bertugas sebagai receptionist management mall. Tugas saya selain menerima surat, sistem filling, handling complain, sampai dengan mengurus job – description department – department lain termasuk tugas bagian “pest control”.

Pest control adalah petugas yang mengurusi kebersihan dan kenyamanan mall dari hewan – hewan seperti ulat (pad a taman mall), tikus, kecoa, lalat, semut, sampai nyamuk.

Walaupun itu hewan kecil, tapi pengunjung sudah pasti akan merasa risih jika menemukan hewan – hewan tersebut di dalam mall.

Suatu hari saya memanggil bagian pest control untuk melakukan general cleaning pada bagian food court. Karena saya mendapatkan complain dari salah satu pihak tenant (penyewa) food court yang mengatakan bahwa pada bagian dapurnya banyak ditemukan kecoa, yang bisa mengakibatkan makanan yang mereka jual menjadi tidak higienis. General cleaning dilakukan 2 – 3 kali dalam seminggu dan biasanya pada malam hari setelah mall tutup atau pagi – pagi sekali sebelum jam operasional mall dimulai. Sebelum bagian pest control melakukan tugasnya, mereka diwajibkan melakukan pengecekan pada lokasi – lokasi yang akan dibersihkan. Salah satunya adalah food court. Setelah di check, mereka harus membuat dokumentasi terlebih dahulu dengan memotret pest yang mereka temui di food court (terutama) karena itu adalah lokasi yang menjual makanan – minuman.

Setelah lokasi pest ditemukan itu di foto, maka general cleaning mereka mulai. Saat mereka menyerahkan hasil dokumentasi tersebut, saya sangat terkejut, karena aduan dari pihak tenant mall ternyata benar. Sejumlah kecoa dan semut berhasil terekam kamera. Saya berusaha memposisikan diri menjadi salah satu dari customer, jika melihat pastilah akan merasa jijik. Dan kemungkinan akan kapok untuk menikmati makanan di food court mall ini.

Kejadian ini tidak terjadi sekali, tapi berkali – kali. Mungkin karena di daerah Cikarang masih banyak tanah kosong yang memudahkan hewan – hewan penganggu seperti itu mudah saja masuk ke dalam mall.

Saya juga sempat membuka file – file lama bagian pest control sebelum saya bekerja di mall ini, saya lihat dokumentasi – dokumentasinya yang membuat saya semakin merasa jauh lebih jijik. Pernah ditemukan bangkai tikus di salah satu dapur tenant. Dan akhirnya tenant tersebut memilih untuk tidak lagi meneruskan sewa tokonya di mall ini.

Kejadian ini sungguh sangat mengkhawatirkan. Untung saja pihak tenant jauh lebih sigap dengan segera mengadukan kondisi ini kepada pihak manajemen mall. Jika tidak, pastinya makanan yang di sajikan di dalam mall ini bukan lagi makanan bersih dan sehat seperti harapan pengunjung.

Saran saya untuk anda para pembaca yang mungkin menjadi tenan di salah satu mall, jika menemukan kondisi ini segera laporkan kepada pihak manajemen mall. Karena fasilitas kebersihan dan kenyamanan anda adalah kewajiban mereka. Uang sewa toko harusnya sudah meliputi kebersihan dan segala macam kerusakan yang terjadi di dalam toko. Untuk para pengunjung, jika menemukan kondisi tidak mengenakan seperti ini silahkan segera melaporkan pada pihak security atau bagian cleaning service. Jangan ragu. Karena ini juga demi kebaikan bersama.

Dan untuk pihak pengelola mall, sebaiknya jangan hanya melakukan general cleaning beberapa kali dalam seminggu. Usahakan lakukan setiap hari. Ini mencegah kemungkinan – kemungkinan yang bisa mengurangi omzet dan tingkat ketertarikan pengunjung untuk datang kembali ke mall anda.

Jadi, siapa bilang makanan di mall lebih higienis daripada makanan di pinggir jalan? Semahal dan seindah apapun tampilan makanan yang disediakan di luar rumah, akan jauh lebih sehat jika kita memasak sendiri di rumah.

Semoga Bermanfaat

Ajeng Leodita Anggarani

/ajengleoditaanggarani

TERVERIFIKASI (HIJAU)

biarkan saya menulis dengan apa adanya !!!
http://leoditanamaku.blogspot.com/

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?