Beberapa Pesepak Bola Muslim yang Berprestasi di Eropa

15 Juni 2017 03:56:48 Diperbarui: 15 Juni 2017 03:59:22 Dibaca : 126 Komentar : 0 Nilai : 0 Durasi Baca :

Benua Eropa saat ini praktis menjadi pusatnya sepakbola dunia. Sudah tiga kali perhelatan Piala Dunia semenjak Brasil menjuarai Piala Dunia 2002 Korea Selatan-Jepang, pemenangnya selalu lahir dari benua biru. Liga-liganya pun menjadi tujuan pemain-pemain kaliber dunia. Mulai dari Liga Spanyol,Inggris,Jerman,Italia dan Perancis. Klub-klub yang bermain disana rela menggelontorkan jutaan dollar demi membeli pemain bintang serta menawarkan gaji selangit. Pihak produsen kelas dunia pun ikut menggaet mereka menjadi bintang iklan, sehingga sekarang banyak lahir para bintang sepakbola sekaligus selebriti di luar lapangan.

Secara geografis banyak pemain top dunia yang bermain di Eropa adalah non muslim. Namun demikian ada beberapa pemain muslim  yang bermain di liga-liga top Eropa. Mereka memiliki skill yang mumpuni. Deretan prestasi juga telah mereka raih baik di dalam maupun luar lapangan. Bahkan ada yang menyandang status pemain termahal dunia. Berikut kami coba tampilkan beberapa pesepakbola muslim tersebut.

  1. Zinedine Zidane, bagi saya Zidane mungkin pemain sepakbola muslim yang paling terkenal dan paling populer di era sekarang. Zizou begitu biasa dia dipanggil saat ini baru saja mengantarkan tim asuhannya Real Madrid mempertahankan gelar Liga Champion. Prestasi yang luar biasa mengingat karir kepelatihannya yang masih bisa dibilang baru. Gaya kepelatihannya yang cenderung kalem, tidak jauh beda dengan gayanya sewaktu aktif sebagai pemain. Sebagai pemain, hampir semua gelar level klub dan negara sudah diraihnya. Termasuk Piala Dunia,Piala Eropa,Liga Champion Eropa, Liga domestik dll. Zizou yang keturunan Aljazair lahir di Marseille,Perancis. Meski pencapaiannya di lapangan sangatlah luar biasa, Zidane tidak lupa untuk memposisikan dirinya sebagai seorang Muslim. Ia disebut-sebut sebagai pesepakbola yang taat menjalankan kewajiban shalat lima waktu. Dengan menunaikan perintah yang menjadi tiang agama tersebut, Zidane mengaku penampilannya di lapangan bisa semakin baik. "Shalat adalah sumber kekuatanku. Karena setelah shalat, hati serasa tenang," ujar pria bergaya kalem tersebut.
  2. Paul Pogba, saat ini usianya masih terbilang muda. Pemain kelahiran Perancis 15 Maret 1993 ini saat ini memegang rekor transfer termahal di dunia saat dibeli raksasa Liga Inggris 'The Reds Devil" Manchester United seharga kurang lebih 110 juta euro dari Juventus setahun silam. Harga fantastis tersebut langsung dibayarnya dengan mempersembahkan prestasi "Treble Winner" bagi klub barunya Manchester United di musim perdananya. Pogba merupakan seorang muslim yang taat walau penampilannya di lapangan terlihat cukup "sangar". Setelah Klubnya "The Reds Devil" menjuarai Liga Europa, Pogba  menyambangi mekkah dan berkumpul dengan umat muslim lainnya di Masjidil Haram. Hal ini memang bertepatan dengan hari pertama Bulan Ramadan.Sepert dilansir dari Daily Mail, Pogba mengunggah beberapa foto sedang menggunakan ihram. Tak hanya itu, pada akun instagramnya, Pogba juga mengunggah instagram story yang memperlihatkan dia dan sekumpulan umat muslim lainnya di mekah.
  3. Mezut Ozil, adalah pesepakbola muslim berkebangsaan Jerman yang saat ini merumput di Klub Liga Inggris Arsenal. "The Gunners" julukan Arsenal sangat beruntung memilikinya. Skill dan keakuratan operan pria kelahiran 15 Oktober 1988 ini sangatlah luar biasa. Rekan-rekan Ozil di Arsenal maupun Timnas Jerman sangat dimanjakan oleh assist nya. Ozil ikut mengantarkan Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 di Brazil setelah mengalahkan Argentina 1-0 di final. Ozil adalah generasi ketiga Turki-Jerman. Ia dikenal sebagai sosok pesepakbola muslim, beberapa kali tertangkap kamera dia bedoa sambil menengadahkan kedua tanganya sebelum laga dimulai. Baru-baru ini beredar poto saat Ozil sedang melaksanakan ibadah umroh. Rekan kami yang saat itu kebetulan sedang berada di tanah suci setelah mendapatkan promo umroh murah juga sempat melihat Ozil.  Sangat luar biasa melihat sosok Ozil yang memiliki label pesepakbola sukses dunia ikut melaksankan umroh di tanah suci

Demikian sedikit profil dari banyak pesepakbola muslim di Eropa. Mudah-mudahan ketiganya bisa memberikan inspirasi lebih bagi kita umat muslim yang ingin berprestasi. Salam.

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana