PILIHAN

Mantap Berkendara dengan Kaki-kaki Kuat Yamaha Fino Grande

13 April 2017 11:03:59 Diperbarui: 13 April 2017 11:30:30 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Mantap Berkendara dengan Kaki-kaki Kuat Yamaha Fino Grande
Yamaha Fino Grande | Sumber: Yamaha Indonesia

Berkendara itu memang membutuhkan kenyamanan. Meskipun jok terasa nyaman, ukuran motor ideal, atau ban halus, tetapi jika suspensi tidak handal dan kuat. Suspensi berfungsi menopang beban kendaraan dan meredam guncangan atau getaran saat roda bersinggungan dengan permukaan yang tidak rata.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai salah satu produsen motor terbesar di Indonesia selalu membekali motor-motornya dengan suspensi yang kuat dan handal, termasuk pada skuter matik (skutik) terbarunya, yaitu New Fino 125 Blue Core atau Fino Grande. Skutik ini dibekali oleh suspensi tipe Teleskopik pada bagian depan dan tipe Unit Swing pada bagian belakang.

Suspensi tipe Teleskopik memang paling banyak digunakan pada sepeda motor baik tipe skuter matik, bebek, maupun sport. Suspensi ini disebut teleskopik karena seluruh komponen seperti coil spring dan damper diletakkan dalam tabung berbentuk teleskop. Cara kerjanya pun sederhana, sirkulasi oil melewati pipa suling dalam tabung yang terhubung ke as roda depan. Suspensi Teleskopik mudah untuk dilakukan penggantian per suspensi atau oli. Sedangkan pada suspensi belakang, Fino Grande dibekali tipe unit swing yaitu suspensi yang bereaksi seperti lengan yang berayun. Biasanya suspensi ini dipakai untuk sepeda motor yang memakai sistem poros penggerak.

S Shape Design Yamaha Fino Grande | Sumber: Yamaha Indonesia
S Shape Design Yamaha Fino Grande | Sumber: Yamaha Indonesia

Dengan menggunakan dua suspensi tersebut, pengendara Fino Grande akan dengan nyaman melewati jalan dengan permukaan yang tidak rata atau jalanan berlubang karena suspensi ini sangat baik untuk menahan goncangan. Selain itu, suspensi yang baik juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan motor terutama pada saat kecepatan tinggi.

Untuk semakin memperkuat bagian kaki-kakinya, Yamaha juga membekali Fino Grande dengan ban depan berukuran 70/90-14M/C 34P dan ban belakang 80/90-14M/C 40P. Kedua ban tersebut juga dilengkapi dengan velg berukuran 14 inci. Tak hanya itu, Fino Grande memiliki dua rem yang handal untuk membantu pengendara mengemudi dengan baik. Yamaha menanam rem Disc Brake pada bagian depan dan Drum Disc pada bagian belakang. Seluruh fitur pada bagian kaki-kaki Yamaha Fino Grande membuatnya semakin unggul di kelasnya.

Fino Grande dipasarkan dengan harga terjangkau bagi peminat usia muda, yaitu Rp18.2 juta untuk OTR Jakarta dengan pilihan warna tren masa kini, Royal Blue. Sedangkan Fino Premium dan Sporty dibanderol dengan harga Rp16.9 juta untuk OTR Jakarta. Keduanya hadir dengan warna dan stripping baru yang membuat tampilannya semakin istimewa. Fino Premium hadir dengan pilihan warna baru White Latte dan Red Velvet. Sedangkan tampilan Fino Sporty disegarkan dengan tiga warna baru Sprint Red, Jump White, dan Pump Grey.

Advertorial

/advertorial

TERVERIFIKASI

Akun resmi Advertorial Kompasiana
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana