PILIHAN

Alasan Mengapa Motor Matik Lebih Banyak Dipilih di Indonesia

18 April 2017 11:56:33 Diperbarui: 18 April 2017 12:02:27 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Alasan Mengapa Motor Matik Lebih Banyak Dipilih di Indonesia
Yamaha Fino Grande | Sumber: Yamaha Indonesia

Motor menjadi kendaraan yang banyak dipilih orang Indonesia untuk beraktivitas sehari-hari. Hampir di setiap rumah terdapat motor yang terparkir di dalamnya. Mulai dari usia muda hingga tua memilih mengendarai motor, apalagi motor matik yang lebih mudah dikendarai karena tidak memakai sistem pemindahan gigi seperti yang ada pada motor manual. Mengapa motor matik lebih banyak dipilih orang Indonesia?

  • Praktis dalam Berkendara

Motor matik memiliki komponen V-Belt yang fungsinya sama dengan rantai pada motor manual. V-Belt merupakan komponen yang wajib ada dalam setiap motor matik. Berkendara dengan motor matik, pengendara tidak perlu mengoper gigi. Pengendara cukup mengoperasikan tuas gas dan rem. Dengan begitu, pengendara dapat lebih fokus berkendara.

  • Lebih Irit BBM

Motor matik memang lebih irit bahan bakar dibandingkan motor manual. Hal tersebut dikarenakan kapasitas motor manual lebih besar yakni 150cc dan tentunya membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak. Meskipun memiliki kapasitas mesin lebih kecil, hal tersebut tidak mengurangi keunggulan motor matik. Skuter matik (skutik) keluaran Yamaha, Fino Grande memiliki mesin berteknologi canggih yaitu mesin Blue Core. Teknologi Blue Core merupakan inovasi Yamaha pada sisi mesin dan telah diterapkan dalam motor matik pendahulunya seperti All New Soul GT, Mio M3 125, dan NMAX. Teknologi Blue Core dapat menjaga suhu stabil dan mengurangi gesekan sehingga performa mesin selalu maksimal. Mesin Blue Core juga didukung oleh teknologi balap Yamaha. Jadi meskipun irit, skutik tetap mampu berlari kencang.

  • Lebih Nyaman

Selain menjadi kendaraan andalan laki-laki, motor matik pun juga menjadi favorit perempuan Indonesia. Kebanyakan motor matik memiliki ruang di bagian depan sehingga kaum hawa dapat duduk dengan nyaman dan sopan meskipun menggunakan rok.  Seperti yang sudah diketahui, kenyamanan adalah faktor penting dalam berkendara sehingga perempuan dapat berkendara lebih fokus dan aman. Selain itu, ruang di antara kaki dapat digunakan untuk menaruh tas.

  • Lebih Gaya

Kebanyakan desain motor manual cenderung kaku, sebagian besar sisi motor berwarna hitam, dan terlihat sangat maskulin. Nah, motor matik memiliki desain yang lebih gaya dan memiliki warna yang cerah. Yamaha New Fino Grande berkonsep retro stylish yang memang disukai kaum wanita. Body­-nya yang berbentuk S-Shape membuat skutik ini makin cantik dan elegan. Yang menjadi highlight pada skutik asal Negeri Sakura ini adalah warna Royal Blue yang memberikan nuansa eksklusif. Yamaha juga mengadopsi tren warna matte yang digemari kaum wanita. Fino Grande juga dipercantik dengan LED Headlight dengan sentuhan elegan. Untuk Anda yang menyukai warna merah atau putih, dapat juga memilih Yamaha New Fino 125 Blue Core Premium

Fino Grande dipasarkan dengan harga terjangkau bagi peminat usia muda, yaitu Rp18.2 juta untuk OTR Jakarta dengan pilihan warna tren masa kini, Royal Blue. Sedangkan Fino Premium dan Sporty dibanderol dengan harga Rp16.9 juta untuk OTR Jakarta. Keduanya hadir dengan warna dan stripping baru yang membuat tampilannya semakin istimewa. Fino Premium hadir dengan pilihan warna baru White Latte dan Red Velvet. Sedangkan tampilan Fino Sporty disegarkan dengan tiga warna baru Sprint Red, Jump White, dan Pump Grey.

Advertorial

/advertorial

TERVERIFIKASI

Akun resmi Advertorial Kompasiana
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana