HIGHLIGHT

GreenUp! Sepuluh Langkah Mudah Melestarikan Bumi

05 Juni 2012 08:37:21 Dibaca :
GreenUp! Sepuluh Langkah Mudah Melestarikan Bumi
Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2012

Hari ini dunia memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Tepat 40 Tahun sudah sejak 1972, dunia setiap tahunnya memperingati hari lingkungan hidup. Hari dimana setiap umat manusia diminta untuk berkontribusi bagi penyelamatan lingkungan dari hal kecil saat ini diprakarsai oleh UNEP (United Nations Environment Program), sebuah badan dunia di bawah PBB yang fokus pada upaya pelestarian lingkungan.

Di tahun 2012 ini, PBB mencanangkan World Environment Day (WED) dengan tema “Green Economy : Does it include you?" Green Economy? Jangan bayangkan sebuah konsep sulit dan rumit berisi teori tentang duit dan istilah yang canggih. Green Economy yang diserukan pada WED 2012 justru sangat mudah dipahami dan dimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti berjalan kaki, bersepeda, naik angkot, mencuci baju saat sudah penuh cucian atau tidak menutup kran air merupakan langkah sederhana namun siginifikan dalam mengurangi kerusakan lingkungan.

UNEP telah merinci beberapa sektor dan aktifitas Green economy (GE) dimana kita sebagai warga dunia bisa ikut didalamnya. Apakah aktifitas tersebut (baca unep.org : 10 Sectors for a Greener Planet )

1. Bangunan (Buildings)

Membangun harus tahu konsekusensinya – mari membangun sebuah dunia yang lebih baik!

Aktifitas membangun rumah, infrastuktur dan fasilitas lain sangat butuh banyak biaya dan mempengaruhi iklim. Bangunlah rumah atau fasilitas lain sehemat mungkin dalam penggunaan mateial dan energi. Kurangi dampak konstruksi bangunan pada lansekap lingkungan sekitar. GreenUp!

2. Perikanan (Fisheries)

Makanan laut memang lezat dan menyehatkan – namun jangan habiskan stok ikan kami!

Penangkapan ikan yang berlebihan di berbagai belahan dunia telah mengurangi persediaan ikan di waktu mendatang. Kita bisa mencegahnya dengan mempromosikan praktek penangkapan ikan yang lestari. Lakukan riset ekolabel dan beli makanan laut  yang diproduksi secara lestari. Dengan memilih makanan laut yang dipanen dengan lestari kamu telah mempromosikan GE untuk perikanan. GreenUP!

3. Kehutanan (Forestry)

Hutan mendukung mata pencaharian, sosial dan budaya, iklim kita dan sebagian besar dari hidupan liar dan ekosistem.

Deforestasi (aktifitas yang merubah hutan menjadi tidak berhutan) menyumbang hampir  20% dari emisi gas rumah kaca dunia. Kelola hutan secara lestari dengan melibatkan masyarakat secara kontinyu tanpa merusak lingkungan dan iklim. Gunakan file elektronik untuk mengurangi penggunaan kertas dan carilah kayu yang diproduksi dari hutan yang bersertifikat lestari. Bila Anda sudah melakukan hal itu, Anda sudah ikut mendukung kesehatan hutan dan keberlangsungan mata pencaharian masyarakat. GreenUp!

4. Transportasi (Transport)

Kemacetan, polusi, kecelakaan lalu lintas. . . ada cara yang lebih baik!

Berkendara sendirian dengan mobil Anda adalah tidak efisien secara ekonomi dan tidak ramah lingkungan. Benar-benar sepi.  Naik kendaraan umum ikut berkontribusi mengurangi dampak lingkungan dan biaya sekaligus membantu memperkuat masyarakat (sosial). Berjalan dan bersepeda untuk jarak pendek adalah baik untuk kesehatan dan tentu saja untuk lingkungan. Bila Anda melakukan langkah tersebut, Anda telah mendukung Green Economy. GreenUp!

5. Air (Water)

Gunakan Air dengan bijak!

Miliaran orang di berbagai penjuru dunia kurang akses terhadap air minum yang bersih atau layanan sanitasi yang baik dan pertumbuhan populasi akan semakin membuat buruk problem demografi. Gunakan air dengan bijak seperti mematikan kran air saat tidak digunakan, tunggu hingga penuh cucian baju atau piring anda sebelum dicuci, gunakan limit shower saat mandi dan jangan siram lapangan rumput sesaat setelah hujan. Menghemat air adalah langkah penting dalam GE dan air adalah sumberdaya yang paling penting bagi kita. GreenUp!

6. Pertanian  (Agriculture)

Gunakan daya konsumen Anda untuk mendukung pertanian lokal, organik dan berkelanjutan.

Penduduk dunia terus berkembang. Saatnya untuk mendukung pertanian berkelanjutan dan memastikan kemampuan untuk memberi makan setiap orang. Menanam sayauran sendiri, memakan pada saat musimnya dan membeli di pasar lokal adalah salah satu langkah GE.

7. Persediaan Energi (Energy Supply)

Gaya hidup kita membutuhkan energi, namun apakah butuh begitu besar dari sumberya kita?

Saat ini, penggunaan sumber energi seperti minyak, batubara, gas dan lain-lain tidak hanya merusak kesehatan dan lingkungan, namun juga mengancam dunia dari kebutuhan energi yang terus bertambah.  Anda dapat mendukungan pengembangan energi bersih, terbaharukan dengan memilih berbisnis dan berinvestasi dengan mereka yang menggunakannya. Matikan listrik dan perlengkapan lain saat tidak digunakan, Jangan panaskan rumah Anda saat sedang tidak ada orang di rumah. Mengembangkan energy terbaharukan dan menghemat energi adalah langkah dalam GE. GreenUp.

8. Pariwisata (Tourism)

Tapaklah dengan ringan tujuan wisata Anda

Pariwisata memang bisa membuat ekonomi lokal berkembang pesat, namun juga mengakibatkan dampak negatif bagi lingkungan dan sosial. Langkah GE dalam berwisata adalah belilah barang lokal, bepergian bersama, batasi penggunaan air dan energi. Kenali tujuan (hotel dan rute) Anda sebelum bepergian dan cri cara bagaimana  sesedikit mungkin menimbulkan dampak pada habitat di lokasi ekowisata. Kamu telah mendukung GE dengan mendukung program ekowisata dan pengembangan komunitas tanpa membuat lingkungan rusak. GreenUp!

9. Sampah (Waste)

Jika segala sesuatu yang Anda beli menjadi sampah, dimana Anda akan menaruhnya?

Membuang sampah berarti menghilangkan kesempatan untuk menggunakan kembali (reuse) bahan-bahan dan berkontribusi pada emisi gas rumah kaca (metana) di tempat pembuangan. Sampah elektronik secara khusus hanya didaurulang pada tingkat 15% secara global. Mendaurulang bahan yang sesuai dan membuat kompos pada sampah organik mengurangi dampak pada tempat pembuangan dan juga dibutuhkan untuk sumberdaya alam kita untuk memproduksi lebih banyak material. Pelajari tentang peluang daur ulang di komunitas Anda dan dukung GE untuk sumberdaya yang lebih efisien. GreenUp!

10. Pabrik dan Industri (Manufacturing and Industry)

Bukan rahasia lagi bahwa industri dan pabrik telah sangat nyata merusak lingkungan, namun hal tersebut bisa berubah dan Anda bisa membantu!

Industri dan pabrik memang mendorong terbukanya lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi di berbagai negara, namun apakah pantas mempekerjakan seseorang untuk mencemari? Jadilah Anda konsumen yan bijak, mendukung bisnis yang memiliki rencana berkelanjutan, menggunakan ekolabel dan menginvestasikan energi terbaharukan. Bila anda mendukung bisnis yang berkelanjutan diatas bisnis biasanya anda sudah mendukung indsutri dan pabrik menuju transisi GE. GreenUp!

Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2012, 5 Juni 2012

Salam Lestari!

Achmad Siddik

/achmadsiddikthoha

TERVERIFIKASI (BIRU)

Perawat Komunitas Pohon Inspirasi yang cinta pada Yang Mencipta Pohon. Ingin menghembus sejuknya inspirasi, merentang teduhnya persahabatan, menghunjam kokohnya akar kedamaian dan menghias lebatnya buah kebaikan di bumi. Juga menulis buku KETIKA POHON BERSUJUD. Follow @achmadsiddik
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?