Pentingnya Analisis Jabatan di Perusahaan Maupun Instansi Pemerintahan

15 Juli 2011 11:14:27 Dibaca :
Pentingnya Analisis Jabatan di Perusahaan Maupun Instansi Pemerintahan

..................................................

Pengertian Analisis Jabatan menurut Wikipdia adalah proses atau  metode atau dan teknik untuk memperoleh  data jabatan serta  mengolahnya menjadi informasi jabatan dan disajikan untuk kepentingan program kepegawaian serta memberikan umpan balik bagi  sebuah organisasi

............

Sedangkan Pengertian Analisis Jabatan menurut Dessler (1997), adalah merupakan prosedur untuk menetapkan tugas dan tuntutan keterampilan dari suatu jabatan dan orang seperti apa yang akan melaksanakan pekerjaan tersebut. Dalam pengertian ini, dessler menekankan pada dua aspek, yaitu meyangkut isi pekerjaan dan orang yang melaksanakan pekerjaan.

.........

Informasi yang dikumpulkan adalah  mencakup tanggung jawab, kewajiban dan kualifikasi minimal atau persyaratan minimal untuk melaksanakan suatu pekerjaan dalam sebuah jabatan untuk mencapai stadanda kinerja yang diharapkan.

.........

Sedangkan Informasi yang diperoleh dari analisa jabatan tersebut akan digunaan untuk menentukan karakteristik apa yang harus dimiliki seseorang yang akan menduduki jabatan tertentu. Sedangkan hasil dari analisa jabatan tersebut dapat berupa deskripsi jabatan (job description, atau pertelaan tugas) dan spesifikasi jabatan (job specification). Deskripsi jabatan adalah sebuah suatu rangkuman  tertulis yang menguraikan fungsi, tugas-tugas, tanggung jawab, wewenang, kondisi kerja dan aspek-aspek pekerjaan tertentu lainnya. Sedangkan spesifikasi jabatan merupakan uraian tertulis yang menunjukkan siapa yang akan melakukan pekerjaan itu dan persyaratan apa dan dukungan apa saja yang diperlukan terutama menyangkut keterampilan, pengetahuan dan kemampuan individu.

..............

Analisis jabatan sangat penting dan harus dirumuskan atau disusun oleh  bidang kepegawaian atau personalia atau HRD di sebuah instansi baik itu instansi negeri maupun swasta tak terkeculi pada sebuah lembaga Negara sekalipun. Kenapa analisis jabatan itu penting dan diperlukan…? Jawaban sederhana saya adalah untuk mengetahui apakah pegawai tersebut cocok atau pantas menempati jabatan yang diberikan, mulai dari pendidikannya, keahliannya, pengalamannya.

...........

Lalu kapan dan apa kegunaan dari analisis jabatan  itu sendiri..? Kegunaan dari analisis jabatan bagi seorang personalia atau HRD adalah:

- Merekrut pegawai

- Menetapkan kompensasi

- Sebagai dasar penilaian kinerja atau Performance appraisal

- Rencana pelatihan

- Memastikan dukungan apa saja yang harus dilengkapi termasuk peralatan kerjanya.

...........

Dari analisis jabatan tersebut seorang personalia bisa melakukan seleksi terhadap calon pegawai yang akan ditempatkan sesuai dengan pendidikan, ketrampilan dan pengalaman calon pegawai . Langkah selanjutnya adalah untuk menetapkan  akan ditempatkan di posisi/jabatan  apakah calon pegawai tersebut sesuai dengan kriteria yang dipersyaratkan dan berapa besar kompensasi yang pantas diberikan.

..........

Analisis jabatan sebagai dasar penilaian kinerja/Performance Appraisal bagi pegawai. Penilaian kinerja ini lazimnya dilakukan setiap tahun sekali namun demikian semua kembali kepada kebijakan sebuah perusahaan itu sendiri. Hasil penilaian kinerja/performance appraisal tersebut biasanya adakan dijadikan dasar oleh seorang personalia/HRD untuk kenaikan jabatan dan golongan juga kompensasi.

...........

Jika hasil penilaian kerja tersebut dirasakan oleh personalia tidak/belum memenuhi standar kinerja yang diharapkan, biasanya seorang personalia/HRD akan membuat GAB analisis dan akan mengambil kebijakan yaitu dengan mengikut sertakan pegawainya untuk mengikuti pelatihan/training sesuai dengan bidang kerjanya atau jabatannya atau melakukan rotasi jabatan yaitu dengan memindahkan pegawai ke divisi lain yang dianggap cocok dan sesuai dengan ketrampilannya. Lalu peralatan kerja apakah yang harus disediakan untuk mendukung kelancaran pekerjaannya.

..........

Seiring dengan bergulirnya waktu sebagian besar perusahaan swasta besar telah menerapkan analisis jabatan tersebut, namun tak jarang perusahaan perusahaan kecil dan menengah pun juga sudah banyak yang menerapkan analisis jabatan ini untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusianya dan juga kemajuan usahanya.

..........

Lalu seberapa penting analisisi jabatan ini diperlukan di instansi pemerintahan atau di sebuah lembaga Negara seperti anggota dewan negeri ini misalnya..?

.......

Agak sulit untuk menguraikan, tetapi harus disadari betul bahwa analisis jabatan ini sangat penting apalagi di sebuah lembaga Negara seperti DPR. Saya  belum melihat analisis jabatan ini dijadikan dasar pada saat pemilihan seorang calon anggota DPR yang duduk mewakili rakyat disana. Sehingga wajar bila masih terjadi ketidak sinkron-an antara pendidikan, ketrampilan serta pengalamannya dalam melaksanakan bidang tugasnya sebagai anggota DPR.

...........

Hasilnya apa…? Pekerjaan di sub kan.. bisa jadi seperti itu karena tidak memiliki ketrampilan sesuai dengan yang dipersyaratkan. Rapat juga ogah ogahan, malah kebanyakan yang tidur dan kursi juga banyak yang kosong. Seamangatnya saat ditunjuk untuk melakukan studi banding keluar kota atau keluar negeri. Santernya berita yang disorot calon anggota dewan telah melakukan tes fit and proper, yakin begitu..? jawabanya ada pada anda dan saya sebagai rakyat jelata.

...........

Uraian diatas adalah sharing informasi kepada sahabat disini akan pentingnya sebuah analisis jabatan pada sebuah instansi atau perusahaan. Semoga bermanfaat sekecil apapun itu.

.......

~Gambar : dari Google~

Arya Ningtyas

/9681

Perempuan biasa ikhtiar dalam kebaikan-Nya belajar lewat tulisan...
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?