Mohon tunggu...
Martin Dennise Silaban
Martin Dennise Silaban Mohon Tunggu... Wiraswasta - Community Organizer

A learner. Who's interested by social issues, Theology, Philosophy, and Community Empowerment.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Kala "Kuda" Jadi "Nasi Goreng"

28 Juli 2017   11:06 Diperbarui: 28 Juli 2017   21:37 2093
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lini media elektronik dan tidak ketinggalan media cetak diramaikan dengan pertemuan dua mantan jenderal besar tanah air. Tidak lain dan tidak bukan yaitu Susilo Bambang Yudhoyono sering disingkat dengan SBY, lalu Prabowo Subianto (PS).Dilansir dari Kompas.com,pertemuan keduanya yang juga pemimpin Partai Politik besar yaitu Partai Demokrat(PD) dan partai Gerindra,terjadi pada hari kamis kemarin yakni tanggal 27 Juli 2017.Bertempat dikediaman SBY di Cikeas,keduanya melakukan pertemuan tertutup.

Dilansir dari Kompas.com,pertemuan tertutup ini merupakan tindak lanjut dari keinginan yang disampaikan prabowo pasca pengesahan RUU Pemilu oleh DPR.[1] Selain itu menurut Imelda Sari,yang merupakan Ketua Divisi Komunikasi Publik PD, pertemuan ini juga sebagai sebuah ajang silaturahmi diantara keduanya.

Tetapi apa kah sebenarnya memang hanya itu tujuan dibalik pertemuan kedua tokoh tersebut? Tidakkah ada makna lain yang sebenarnya mau diprlihatkan public melalui pertemuan mereka? Bukankah kita tahu,bahwa keduanya seringkali tidak akur dalam urusan perpolitikan yang salah satunya disebabkan karena peristiwa masa lalu ketika masih bersama di Akmil? Lalu mengapa sekarang keduanya dapat sehati untuk mengatakan pertemuan? Pertanyaan-pertanyaan ini yang coba saya jawab dalam tulisan ini.Sumber berita yang saya gunakan yaitu Kompas.Com,Detik.Com dan juga CNN Indonesia dan juga pepnews.id.

 

"Diplomasi Kuda"

Sebelum menganalisis lebih jauh mengenai pertemuan antara SBY dengan Prabowo,kita terlebih dahulu harus mundur ke tahun 2016,dimana pertemuan dua tokoh politik negeri ini pernah terjadi.Yakni pertemuan Jokowi dengan Pabowo.Kala itu keduanya bertemu dikediaman Prabowo.Pertemuan keduanya "menggemparkan" public,karena diketahui keduanya rival dalam pemilihan presiden tahun 2014,dimana prabowo harus mengakui kemenangan Jokowi. Dari pertemuan keduanya,istilah-istilah baru pun tercipta.Salah satunya "Kuda".

 Kuda tampaknya merupakan hewan yang menjadi trending topic di tahun 2016 lalu. Bermula dari pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Prabowo di hambalang.Pertemuan ini terjadi tampaknya dengan inisiatif Jokowi,sehingga mendatangi Prabowo dikediamannya.Pertemuan keduanya pun  diwarnai dengan ajakan Prabowo untuk berkuda keliling area rumah Prabowo.Semenjak itu,pertemuan keduanya pun disebut sebagai "diplomasi kuda".

Pertemuan antara Jokowi dan Prabowo membicarakan banyak hal.Menurut Detik.com keduanya berbicara mengenai semangat kenegarawan,ketahanan ekonomi hingga aksi demo bela islam yang terjadi kala itu. Dari pertemuan ini,Prabowo juga memberikan 3 komitmennya pada pemerintahan Jokowi yaitu tidak akan menjegal di pilpres 2019,tetap mengkritisi pemerintah tetapi tidak destruktif dan dengan kekerasan. Kedua berjanji akan membantu pemerintah, ketiga sepakat menjaga kemajemukan bangsa.[2]

Ditengah kemesraan yang diperlihatkan oleh Jokowi dan Prabowo, dari sisi seberang ternyata ada yang "cemburu".Tak lain dan tak bukan adalah SBY.Dengan istilah "lebaran kuda" yang dinyatakannya ke public sehubungan dengan aksi demo islam terkait dengan kasus penistaan agama,SBY tampak menyinggung pertemuan yang dilakukan oleh Jokowi dan Prabowo.Sehingga public pun mulai familiar dengan istilah lebaran kuda yang dipopulerkan oleh SBY.Kecemburuan ini,nantinya akan dijawab oleh SBY dengan diplomasi lain dan tentunya tidak mau sama dengan kuda yang telah tren tahun lalu.Kali ini yang dipopulerkan oleh SBY adalah "Nasi Goreng".

"Diplomasi Nasi Goreng"

Pertemuan yang terjadi antara SBY dan Prabowo terjadi di Cikeas. Tidak seperti Jokowi yang mendatangi kediaman Prabowo tahun lalu, kali ini Prabowo yang mendatangi SBY.Jika mengacu pada berita Kompas.com yang telah saya sampaikan diatas,maka besar kemungkinan pertemuan ini terlaksana atas prakarsa dari Prabowo. Sama seperti Jokowi yang merencanakan,hingga Ia datang ke kediaman Prabowo,pun begitu juga dengan Prabowo yang merencanakan hingga Ia yang datang ke kediaman SBY.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun