Lihat ke Halaman Asli

Zulfa eff

mahasiswa jurusan ilmu sosial

Gao Kao, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Tersulit di Cina

Diperbarui: 11 Mei 2020   10:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

saat ujian Gao Kao dilaksanakan (chinanews.com)

Negeri Tirai Bambu memiliki estetika tersendiri dari alam dan budayanya. Namun, tahukah kalian bahwa salah satu ujian masuk perguruan tinggi tersulit di dunia ada di China? Gao kao atau biasa disebut Ujian masuk perguruan tinggi nasional di China. Gao-kao dimulai sebagai ujian masuk perguruan tinggi nasional pada tahun 1952.

Berbagai faktor mulai dari persiapan pribadi hingga dukungan dan motivasi orang lain memengaruhi prestasi akademik siswa dalam Gao Kao. Adapun faktornya sebagai berikut:

Latar belakang dan keterlibatan keluarga

Karakteristik keluarga yang memengaruhi pendidikan siswa termasuk pendapatan keluarga, pendidikan orang tua, struktur keluarga, agama, etnis, kasta, dan keterlibatan orang tua (Chudgar & Shafiq, 2010).

Orang tua dengan latar belakang pendidikan yang rendah tidak dapat memberikan dukungan pendidikan yang efektif kepada anak mereka. Keterlibatan orang tua tidak hanya mencakup tentang pengawasan saja, tetapi juga mencakup keterlibatan langsung dan instrumental dalam urusan akademik siswa.

Motivasi dan dukungan dari orang tua berdampak pada rasa tanggung jawab atas apa yang dia sedang lakukan. Seperti mendorong sisawa untuk belajar lebih giat lagi. Sehingga memungkinkan siswa dalam mencapai keberhasilan di Gao kao.

Latar belakang sekolah

Sekolah berkontribusi pada kesenjangan sosial-ekonomi terkait lebih dari orang tua, dengan mengubah hierarki sosial menjadi hierarki akademik. Hirarki ini dapat diungkapkan dalam variabel sekolah yang berbeda terkait dengan organisasi, lingkungan sekolah, dan kualitas sumber daya.

 Variabel sekolah termasuk kualitas guru dan metodologi pengajaran di sekolah yang berkontribusi pada prestasi siswa dalam berbagai cara yang saling berhubungan seperti dengan memelihara pembelajaran partisipatif, motivasi internal serta bimbingan dan evaluasi studi

Les privat tambahan 

Les privat tambahan (Pendidikan Bayangan) pada dasarnya bertujuan untuk melengkapi kegiatan siswa dalam pendidikan umum. Les privat telah menjadi bagian yang sangat penting dari kurikulum berbasis ujian. Orang tua dan siswa lebih memperhatikan les privat untuk mendapatkan nilai ujian yang lebih tinggi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline