Lihat ke Halaman Asli

zian eldiana

mahasiswa

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Bangun Greenhouse untuk Ajak Warga Desa Racikulon Tanam Hidroponik

Diperbarui: 23 Juli 2021   12:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Tampilan Greenhouse desa racikulon|dokumentasi pribadi

Gresik,Mahasiswa KKN pulang kampung gresik 2021 mengubah lahan sempit milik pemerintah desa racikulon menjadi Greenhouse yang di dalamnya diisi sayur-sayuran hidroponik dan tanaman obat. Metode Hidroponik dipilih karena memiliki berbagai kelebihan,baik dalam sistem budidaya,masa tanam dan juga masa panen. Adapun tanaman yang di tanam melalui metode hidroponik adalah Pakcoy,Sawi,Bayam dan Tomat.

Mahasiswa KKN juga melakukan edukasi kepada anggota PKK desa racikulon mengenai perawatan hidroponik. Dalam sosialisasinya rizka menjelaskan bahwa sebelum proses penanaman bibit terlebih dahulu disemai di dalam wadah menggunakan media flanel dan dibasahi,setelah 7 hari barulah boleh di cek apakah tanaman sudah tumbuh daun. Apabila telah ditemukan dua daun dalam tanaman barulah boleh tanaman di pindahkan ke bekas gelas aqua untuk di aliri air dan nutrisi.

Gambar 2. Sosialisai oleh rizka mufidatul ismiyah|Dokumentasi pribadi

Untuk masa panennya sendiri tergantung dari masing-masing tanaman,berkisar 27 hari sampai 1 bulan,akan tetapi untuk mendapatkan rasa sayuran yang segar ada baiknya sayuran dipanen dihari ke 25-26.

Dengan adanya greenhouse ini mahasiswa kkn berharap agar masyarakat desa racikulon dapat menuai hasilnya dikemudian hari.

Penulis : Zian eldiana




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline