Lihat ke Halaman Asli

Teknik Mudah untuk Meningkatkan Pengunjung Blog: SEO on Page

Diperbarui: 24 Juni 2015   09:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Blog ini akan membahas teknik SEO on page menyambung dari analisa keyword seperti yang sudah saya bahas di blog kompasiana saya yang lalu Apa yang harus kita lakukan lanjutnya untuk SEO on page? keyword yang sudah kita analisa itu harus ditulis dimana saja di blog kita agr spider google dapat mengidentifikasi secara jelas apa relevansi blog kita. ok mari kita bahas satu persatu ya , sekaligus latihan di weekend untuk mempertajam seo kita.

Teknik SEO on page untuk meningkatkan traffic blog

ok semisal kita pakai kata kunci "grosir baju anak murah" untuk menarik pengunjung ke blog kita. hendaknya kata kunci itu ditulis dimana saja, ini daftarnya

Daftar Letak  SEO on page

1. h1 atau title blog kita

Judul dari blog kita ( jangan disamakan dengan title page ya!) adalah h1 , dan hal ini dijadikan salah satu patokan google untuk menentukan apa sebenarnya isi dari blog kita, dan relevansinya. tulislah keyword anda di sini, tentunya dengan bahasa yang bisa dibaca manusia ya, jangan seperti robot.

2. h2 atau subtitle h2 blog kita

Subtitle h2 ini biasanya bisa kita setting dengan mengubah "paragraph" menjadi Heading 2, atau menambahkan koding

di konten,seperti yang saya tunjukkan sesuai dengan image di bawah ini. pengubahan ini akan sangat mudah bila kalian menggunakan wordpress atau blogspot atau web 2.0 lainnya yang berbasis blog, kemungkinan besar sekali setting ini selalu ditaruh di daerah atas ketika kita melakukan posting.

3. h3 atau di subtitle h3 bog kita

sama penjelasannya dengan h2, tapi untuk h3 ini bisa lebih dari 1 tapi batasi hingga maksimal 5 h3 saja dalam 1 blog. dan usahakan jangan semuanya menggunakan "grosir baju anak murah" , tapi gunakan juga relevansinya semisal " toko baju anak" , " toko baju online" yang didapat di keyword tool agar tidak terkesan spamming atau terlalu over optimized

4. Kalimat pertama blog kita

taruhlah di kalimat pertama blog dan semakin awal semakin bagus, boleh ditandai dengan bold, italic, atau underline. Saya pribadi suka menggunakan bold. hal ini untuk memberitahu spider bahwa kata kunci inilah yang akan dioptimasi. ada beberapa blog / ahli yang menyarankan agar ditaruh di akhir kalimat juga, tapi saya jarang melakukannya, saya lebih suka untuk meletakkannya di awal kalimat saja, seperti di blog ini.

5. Title page kita, lebih mudah dilakukan dengan menggunakan seo yoast

sesuai dengan subheading saya, bahwa hal ini akan lebih mudah kita setting bila menggunakan salah satu plugin SEO kesukaan saya, yaitu SEO yoast atau Wordpress SEO ( bisa di google ) di plugin itu sudah disetting semua SEO on page bahkan scoring untuk setiap optimasi yang kita lakukan. screenshotnya seperti di bawah ini Mohon diingat bahwa, SEO Title ini adalah title page kita yang penting dan akan ditampilkan di snippet google. kalo kita lihat di kotak atas ada tulisan "snippet preview" nah hal inilah tampilannya di mata google nanti ketika di search engine, jadi pastikan tulislah title yang sehubungan dengan kata kunci, dibubuhi kata kunci, dan agak kontroversial sedikit agar mengundang klik.

6. . meta description blog kita, juga oleh seo yoast

hal ini sama dengan penjelasan untuk title page, dan batasan penulisan ini adalah 160 karakter, jadi pastikan anda menulis juga keyword anda di bagian ini,ditambah dengan keterangan tentang blog anda yang menarik, semisal " di blog ini, anda akan mendapatkan teknik SEO on page yang super mudah bahkan untuk newbie sekalipun"

7. image title and alt tag image kita

Nah ini salah satu yang penting juga nih, tapi sering dilupakan. image. kalo kalian save image yang ada di blog saya ini, kalian akan melihat bahwa title image saya sudah saya optimasi juga dan alt tag nya pun sudah saya optimasi dengan kata kunci yang saya inginkan. pastikan title dari image anda sudah anda bubuhi dengan keyword anda , dan juga alt tag nya. beberapa ahli bilang bahwa adalah paling optimal menaruh 3 gambar dengan kata kunci di halaman blog kita, tapi saya pribadi suka bervariatif dalam menaruhnya, bisa 1 bisa 2 bisa 3 , t api pastikan bila anda menaruh 3, maka aturannya adalah seperti yang saya kasih tau untuk h3 tadi, yaitu,jangan semuanya 1 kata kunci, tapi bubuhi kata kunci yang relevan agar tidak overoptimized dan dianggap spamming kata kunci oleh google.

8. URL website

URL website ini bisa kita atur di wordpress dengan mengatur permalinks di bagian setting. saya pribadi suka URL yang dapat saya edit sendiri, seperti yang anda lihat di blog ini, setelah blog saya henryyuono.com/ maka direktori seterusnya adalah kata kunci saya, yang jadinya seperti ini URL nya henryyuono.com/teknik-seo-page . hal ini dapat kita atur di wordpress, masuk di bagian setting. setelah itu URL permalinknya dapat kita edit setiap kali kita ingin melakukan blog, gambarnya seperti di bawah ini. So, apakah masih bingung dengan cara menaruh keyword? silahkan komentar untuk bertanya, sebisa mungkin saya akan bantu solusinya :) Terima kasih telah membaca




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline