Lihat ke Halaman Asli

Kekayaan Nusantara

Diperbarui: 26 Oktober 2017   22:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kekayaan Alam Indonesia

Pengertian Kekayaan alam indonesia adalah sumber daya alam yang berbentuk fisik. Kekayaan alam tersebut dapat berupa kekayaan organik maupun non arganik. Indonesia sendiri adalah negara dengan banyak sumber daya alam. Hal ini karena letak geografis indonesia, yang diapit oleh dua benua dan dua samudra (Baca: Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Berbagai Bidang) . Selai

n itu, tanah di negara indonesia terkenal akan kesuburannya. Hal ini karena negara indonesia memiliki banyak gunung api. Salah satu dampak yang ditimbukan oleh gunung api adalah tanah menjadi subur (Baca: Dampak Vulkanisme dalam Kehidupan). Kekayaan alam di indonesia dibagi menjadi 5 jenis berdasarkan pemulihannya, sifatnya, kegunaannya, nilai gunanya, serta lokasinya.

1.Berdasarkan Pemulihannya

Kekayaan alam berdasarkan sifatnya terbagi menjadi dua, yaitu sumber daya yang dapat diperbaharui dan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Setiap sumber daya alam memiliki sifat masing.

  1. Sumber daya alam yang dapat diperbaiki adalah sumber daya alam yang dapat dikembang biakkan, dapat berkembang biak, serta memiliki jumlah yang tidak terbatas (Baca: Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui). Sumber daya alam di indonesia yang dapat diperbaharui antara lain jenis tanaman hasil pertanian seperti padi, jagung, dan kedelai, jenis tanaman hasil perkebunan seperti kopi, karet, jati, dan tembakau.
  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaiki adalah sumber daya alam yang membutuhkan waktu ratusan tahun dalam pembentukannya. Selain itu sumber daya alam ini memiliki jumlah yang sangat terbatas, sehingga jika diperbaiki terus menetus, jumlahnya akan habis. Sumber daya alam yang tidak dapat perbaiki di indonesia antara lain batu bara, minyak bumi, dan gas alam.

2.Berdasarkan Sifatnya

Sumber daya alam memiliki banyak jenis. Jenis sumber daya dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam organik dan sumber daya alam anorganik. Sumber daya ini membedakan setiap jenis sumber daya berdasarkan karakter dari sumber daya tersebut. sumber daya berdasarkan sifatnya, dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya organik dan anorganik.

  1. Sumber daya alam organik adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup (Baca: Sumber Daya Alam Organik dan Anorganik). Negara indonesia memiliki banyak sumber daya alam organik. Sumber daya alam di indonesia antar lain hewan ternak dan tanaman hasil pertanian dan perkebunan.
  2. Sedangkan sumber daya alam anorganik juga dapat disebut sebagai sumber daya alam abiotik. Sumber daya alam ini berasal dari jasad makhluk hidup yang telah mati atau dari benda mati. Salah satu sumber daya alam anorganik adalah air yang biasa dipakai sebagai sumber tenaga listrik di indonesia.

3.Berdasarkan Kegunaannya

Sumber daya alam baik yang tidak dapat diperbaharui, maupun yang dapat diperbaharui memiliki kegunaan yang berbeda- beda. Kegunaan itu dibagi menjadi dua, yaitu sebagai bahan baku atau sebagai energi. Sumber daya alam di indonesia, telah lama dimanfaatkan sebagai tujuan bahan baku maupun sebagai energi.

Sumber daya alam yang dipakai sebagai bahan baku adalah:

  1. Padi, sebagai bahan baku lonting dan nasi
  2. Kopi sebagai bahan baku minuman kopi, dan priduk kecantikan seperti sabun
  3. Kayu jati sebagai bahan baku mebel
  4. Gas alam sebagai bahan baku pembuatan plastik dan pupuk buatan.

Sumber daya alam dipakai sebagai sumber energi:

  1. Air, sebagai pembengkit listrik tenaga listrik
  2. Pasang surut sebagai pembangki listrik mercusuar
  3. Minyak bumi sebagai sumber energi untuk kendaraan bermotor
  4. Gas alam sebagai energi alternatif sumber energi kendaraan bermo



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline