Lihat ke Halaman Asli

yuliana diah

mahasiswi

Karakteristik Peserta Didik di Sekolah Dasar

Diperbarui: 6 Desember 2020   07:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

                                                                       PENULIS : Yuliana Diah Nugraheni

PENDAHULUAN

Salah satu problematika Pendidikan di Indonesia yang terbesar adalah rendahnya mutu pendidikan dasar di SD/MI yang sangat menentukan kelanjutan Pendidikan berikutnya.Pemerintah sesungguhnya telah mengupayakan berbagai kebijakan untuk mengatasi hal tersebut namun,terbukti belum signifikan.Di dalam lingkungan sekolah setiap warga sekolah pasti memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.Karakteristik itulah yang dapat mempengaruhi pembelajaran di sekolah.

  Karakteristik setiap siswa juga menjadi tolak ukur untuk guru mengenai perencanaan pembelajaran yang akan dibuat sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh siswa.Oleh karena itu guru diharapkan untuk memahami karakteristik setiap siswa di dalam sekolah.Program pembelajaran di sekolah dasar akan berlangsung efektif jika sesuai dengan karakteristik siswa yang belajar.

PEMBAHASAN

A. Implikasi Karakteristik Peserta Didik terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar

  1.  karakteristik anak usia SD adalah senang bermain,senang bergerak,senang bekerja dalam kelompok serta senang merasakan/melakukan sesuatu secara langsung.Oleh karena itu guru hendaknya mengembangkan pembelajaran yang mengandung unsur permainan,memungkinkan siswa berpindah atau bergerak dan bekerja atau belajar dalam kelompok sehingga memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam pembelajaran.
  2.  Menurut Havighurst tugas perkembangan anak usia SD adalah sebagai berikut:

       a. Menguasai keterampilan fisik yang diperlukan dalam permainan dan aktivitas fisik

       b. Membangun hidup sehat mengenai diri sendiri dan Lingkungan

       c. Belajar bergaul dan bekerja dengan kelompok sebaya

       d. Belajar menjalankan peranan sosial sesuai dengan jenis kelamin 

       e. Mengembangkan keterampilan dasar dalam membaca,menulis,dan berhitung agar mampu berpartisipasi dalam masyarakat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline