Lihat ke Halaman Asli

Erri Subakti

Analis Sosial Budaya

70% Garam Itu untuk Industri Kertas

Diperbarui: 31 Juli 2017   17:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Selama ini saya kira garam itu cuma untuk bikin asin makanan aja... ternyata 75% garam itu dibutuhkan oleh industri. Bahkan pertambangan pun perlu 50 ribu ton garam per tahun.

Bukan cuma untuk industri pengolahan makanan saja, yang paling besar membutuhkan garam ternyata adalah untuk industri pembuatan kertas.

garam-industri-597f018e7cb864162e44bd52.png

#kagetbarutau

Sementara petani garam dalam negeri mengalami gagal panen pada 2016 akibat dampak musim kemarau basah, disebabkan oleh badai La Nina.

Tahun lalu, petani garam dalam negeri hanya mampu memproduksi garam sekitar 144 ribu ton dan sekitar 30 ribu ton-nya disumbang oleh petani garam yang berada di wilayah Jawa Barat dan stok garam nasional hingga awal tahun (Januari 2017) 112.671 ton.

Padahal kebutuhan garam untuk konsumsi di Indonesia per tahunnya mencapai 750 ribu ton, sementara untuk kebutuhan industri mencapai sekitar 3 juta ton per tahun.

Melihat kenyataan ini, produksi garam tidak mungkin lagi mengandalkan pertanian garam secara tradisional, harus dibangun sebuah industri garam dengan intensifikasi.

*Sumber data: Asosiasi Industri Pengguna Garam Indonesia (AIPGI) & Kemendag.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline