Lihat ke Halaman Asli

Koneksi antar Materi Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

Diperbarui: 6 November 2023   19:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto : dokumentasi CPG

2.1.a.8 KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1 

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

 

Rani Rasyida

Calon Guru Penggerak Angkatan 9

SMKN 1 Katapang Kab. Bandung

Pembelajaran berdeferensiasi merupakan  metode pengajaran yang bertujuan untuk  mengakomodasi kebutuhan belajar murid yang berbeda-beda. Pembelajaran berdeferensiasi memberikan ruang yang sama bagi murid untuk menumbuhkembangkan minat dan bakatnya saat belajar didalam kelas. Pembelajran berdeferensiasi adalah bentuk keadilan dalam memenuhi kebutuhan belajar murid yang beragam. Oleh karena itu guru harus memahami karakteristik, minat dan bakat setiap murid-muridnya. Hal ini penting untuk menentukan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan setiap murid.

A. Bagaimana pembelajaran berdeferensiasi dapat di implementasikan di dalam kelas? 

Pertanyaan ini harus difahami mulai dari bahwa seorang  guru harus mampu memberikan keadilan dalam memenuhi kebutuhan belajar murid yang beragam. Adil disini bukan berarti pembagian sama rata, keadilan yang dimaksud disini adalah guru berusaha memastikan semua murid mendapatkan apa yang dia butuhkan dalam menumbuhkan kembangkan minat dan bakatnya, dan tetunya saja hal itu akan menjadikan porsi yang berbeda-beda untuk semua murid. Guru harus melakukan assessment awal terkait minat dan bakat siswa dengan mengidentifikasi karakteristik murid ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk proses pembelajaran berdiferensiasi selanjutnya.

Setidaknya ada 3 aspek yang harus di identifikasi oleh seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran, yaitu :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline