Lihat ke Halaman Asli

KKN UNS Era Covid-19: Supporting Pemahaman Masyarakat

Diperbarui: 8 Juli 2020   12:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surakarta -- Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi yang harus dipenuhi. Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat biasanya di beberapa universitas diadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Salah satu universitas negeri yang menjadikan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai mata kuliah wajib adalah Universitas Sebelas Maret, yang merupakan salah satu universitas negeri di Surakarta. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dilaksanakan kurang lebih selama 45 hari.

Menghadapi pandemi Covid-19, tidak membuat Universitas Sebelas Maret, atau yang biasa disebut UNS, menghentikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tahun 2020 ini. Namun UNS mengeluarkan kebijakan baru dengan mengadakan KKN UNS Era COVID-19. KKN UNS Era COVID-19 ini dilaksanakan oleh mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah wajib atau mahasiswa yang mengambil kkn rekognisi, KKN dilaksanakan secara individua ataupun berkelompok dengan teman-teman dari daerah yang sama. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang di tetapkan oleh pemerintah.

Dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Sutanto, S.Si, DEA, Wulan Putri Sausan (21) mahasiswi program studi Psikologi, telah melaksanakan KKN UNS Era COVID-19 dengan dua tema besar yakni "Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap COVID-19" dan "Pemahaman Dasar terhadap Dampak Psikologis dari COVID-19". Pemilihan tema kedua didasarkan pada dampak COVID-19 yang tidak hanya terkait Kesehatan fisik namun juga keadaan psikologis. Adapun program kerja yang dilaksanakan selama KKN antara lain memberikan edukasi mengenai COVID-19 secara online, memberikan edukasi seputar Kesehatan mental khususnya dampak psikologis COVID-19 dan menyebarkan konten positif, serta membagikan new normal starter kit kepada masyarakat sekitar.

Wulan Putri Sausan (wulansausan@student.uns.ac.id)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline