Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Siapa Bilang Masuk ke Borobudur Mahal?

Diperbarui: 13 Juni 2022   17:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Hari ini Senen, 13 Juni 2022 saya berkunjung ke Borobudur. Kawan-kawan memberi tahu saya kalau masuk Borobudur harga tiketnya mahal. Katanya jadi Rp. 750.000. Saya kemudian bertanya kepada tour guide dati Kusuma wisata tour. Harganya masih sama dan belum ada kenaikan harga.

Kalau sekarang ramai di media sosial itu baru wacana saja. Jadi tidak benar informasi kalau masuk Borobudur tiketnya naik harganya.

Dokpri

Saya masuk dari pintu timur dan keluar dari pintu selatan. Rasanya belum ada hal yang baru setelah masa pandemi. Bentuk candi Borobudur masih seperti dahulu kala.

Dokpri

Tiket masuk harganya masih sama. Sudah mulai terlihat ramai pengunjungnya. Banyak pedagang menjajakan dagangannya. Salut dengan para pedagang yang sangat gigih menjemput rezekinya masing-masing.

Lumayan juga jalan kaki menuju pelataran candi Borobudur. Sudah dua tahun tak berkunjung ke Borobudur. Biasanya setahun sekali kami berkunjung ke Borobudur dan membawa rombongan siswa SMP labschool Jakarta kelas 8.

Dokpri

Sayangnya, sampai candi Borobudur hujan turun. Kami belum diperbolehkan turun oleh tour guide. Begitu turun sudah ada orang baik hati yang memberikan payung. Saya pikir gratis dan ternyata harus bayar sewa payung he-he-he. 

Dokpri

Untunglah dengan sigap ibu Sijo teman saya langsung membayarnya. Saya pun naik ke atas candi Borobudur diiringi hujan rintik-rintik. Duh senangnya bisa rekreasi ke candi Borobudur lagi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline