Lihat ke Halaman Asli

Widi Kurniawan

TERVERIFIKASI

Pegawai

Listrik Padam Hingga Kejadian-kejadian yang Bisa Mencederai Citra Baik Hotel

Diperbarui: 13 Juli 2023   16:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Unsplash.com/Marten Bjork

Apa jadinya jika tamu hotel sudah bersiap-siap istirahat tidur setelah seharian beraktivitas, eh tiba-tiba listrik padam?

Kejadian tak terduga seperti itu pernah saya alami beberapa tahun lalu di sebuah hotel di Jakarta. Untungnya tak beberapa lama kemudian, dalam hitungan kurang semenit listrik kembali menyala walaupun menggunakan genset.

Namun, situasi tersebut tentu saja membuat perasaan tidak tenang, rencana tidur pun tertunda.

Saat itu saya tidak mengajukan komplain ke pihak hotel karena sadar bahwa hal itu bukan kesalahan hotel. Pemadaman listrik tidak hanya terjadi di hotel tersebut, tetapi di area sekitar hotel juga mengalaminya.

Dalam skala yang lebih besar, saya tak bisa membayangkan jika listrik padam di tengah perhelatan acara penting yang digelar di hotel, seperti resepsi pernikahan, seminar, konferensi, dan acara-acara berskala besar yang melibatkan tamu-tamu penting. Itulah pentingnya duduk bareng antara pihak penyelenggara acara dengan pihak hotel sebelum tanda tangan kontrak.

Penting bagi penyelenggara acara, entah korporasi atau pribadi, menanyakan dan memastikan andai terjadi hal-hal khusus tak terduga yang bisa mengganggu saat penyelenggaraan acara di hotel, seperti jika terjadi listrik mati. Apakah hotel memiliki genset sebagai sumber listrik cadangan? Bagaimana jika genset ternyata tak berfungsi dan listrik padam sampai beberapa waktu lamanya?

Hal-hal semacam itu perlu secara detail dimasukkan dalam kontrak, termasuk ganti rugi yang harus disiapkan pihak hotel jika memang terjadi hal-hal yang tak diinginkan. 

Tentu saja bakal lebih sulit untuk memulihkan reputasi hotel ketika konsumen yang menyelenggarakan acara di hotel menuai kekecewaan yang mendalam. Akan lebih baik jika antisipasi terhadap hal-hal yang tak diinginkan seperti itu dibicarakan sejak awal.

Kecewa? Sudah pasti kekecewaan bakal muncul di pihak tamu-tamu yang datang.

Sumber: Pexels.com/Czapp Arpad

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline